Wednesday, October 4, 2017

Modul 7 : EKMA4369 - Manajemen Operasi Jasa

Modul 7 : EKMA4369 - Manajemen Operasi Jasa

EKMA4369 - MANAJEMEN OPERASI JASA



RANGKUMAN

MODUL 7

Teori Antrean



Kegiatan Belajar 1

Pengertian Antrean

  1. Teori antrean banyak ditemui dalam kehidupan sehari - hari. Berbagai elemen teori antrean merupakan asumsi dasar teori antrean, yaitu input, fasilitas, dan antrean atau garis tunggu tersebut. Kepuasan pelanggan sedikit banyak dipengaruhi oleh " menunggu " tersebut. Hal ini dipengaruhi oleh faktor - faktor seperti pengalaman masa lalu pelanggan, banyaknya pelanggan dalam sistem pelayanan, dan pentingnya waktu bagi pelanggan.
  2. Kepuasan pelanggan dalam operasi pelayanan merupakan fungsi dikonfirmasi ( yaitu perbedaan antara persepsi dan harapan pelanggan ) dan sebagai fungsi persepsi.



Kegiatan Belajar 2

Model - model Antrean

  1. Berbagai metode antrean telah dipaparkan. Penerapan metode tersebut disesuaikan dengan pelayanan yang dilakukan perusahaan.
  2. Apabila semua asumsi yang ada tidak memenuhi apa yang terjadi dalam realita, maka metode atau pendekatan yang tepat digunakan dalam menyelesaikan masalah antrean adanya dengan simulasi.


BERIKUTNYA :

- Modul 8 : EKMA4369 - Manajemen Operasi Jasa