EKMA4369 - MANAJEMEN OPERASI JASA
RANGKUMAN
MODUL 7
Teori Antrean
Kegiatan Belajar 1
Pengertian Antrean
- Teori antrean banyak ditemui dalam kehidupan sehari - hari. Berbagai elemen teori antrean merupakan asumsi dasar teori antrean, yaitu input, fasilitas, dan antrean atau garis tunggu tersebut. Kepuasan pelanggan sedikit banyak dipengaruhi oleh " menunggu " tersebut. Hal ini dipengaruhi oleh faktor - faktor seperti pengalaman masa lalu pelanggan, banyaknya pelanggan dalam sistem pelayanan, dan pentingnya waktu bagi pelanggan.
- Kepuasan pelanggan dalam operasi pelayanan merupakan fungsi dikonfirmasi ( yaitu perbedaan antara persepsi dan harapan pelanggan ) dan sebagai fungsi persepsi.
Kegiatan Belajar 2
Model - model Antrean
- Berbagai metode antrean telah dipaparkan. Penerapan metode tersebut disesuaikan dengan pelayanan yang dilakukan perusahaan.
- Apabila semua asumsi yang ada tidak memenuhi apa yang terjadi dalam realita, maka metode atau pendekatan yang tepat digunakan dalam menyelesaikan masalah antrean adanya dengan simulasi.
BERIKUTNYA :
- Modul 8 : EKMA4369 - Manajemen Operasi Jasa