Tuesday, April 18, 2017

EKMA4216 - Manajemen Pemasaran

EKMA4216 - Manajemen Pemasaran

EKMA4216 - MANAJEMEN PEMASARAN
Prof. Dr. Basu Swastha Dharmmesta, M.B.A.



RANGKUMAN

MODUL 1

Peran Pemasaran dalam Perusahaan dan Masyarakat




Kegiatan Belajar 1

Pengertian Pemasaran dari Segi Sosial

          Modul satu pada dasarnya menyajikan uraian tentang peran pemasaran baik dalam organisasi atau perusahaan maupun dalam masyarakat. Peranmanajer pemasaran dalam perusahaan berkaitan dengan jenjang manajerialnya, yakni jenjang korporat, jenjang unit bisnis strategis, dan jenjang oerasional atau fungsional. Perusahaan yang berharap dapat berhasil perlu memfokuskan pada pemasaran. Filosofi seperti ini, disebut Konsep Pemasaran, sangat membantu perusahaan mencapai tujuannya dengan mengutamakan kepuasan konsumen melalui koordinasi dan integrasi antara bidang pemasaran dengan bidang kegiatan lainnya. Manajer pemasaran harus bekerja dengan banyak bidang lain dalam perusahaan yang satu sama lain saling bergantung dan mendukung dalam pencapaian tujuan perusahaan.
          Kegiatan - kegiatan pemasaran juga perlu dikoordinasikan dengan faktor - faktor lingkungan yang sebagian besar berada di luar kontrol perusahaan. Ini berarti bahwa perusahaan perlu lebih banyak mengarahkan karyawan melakukan kegiatan - kegiatan pemasaran yang etis atau tidak bertentangan dengan norma lingkungan, dan produk - produknya memang aman sebelum diluncurkan. Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, keputusan tentang produk diintegrasikan dengan keputusan - keputusan menyangkut harga, distribusi, dan promosi. Keempat instrumen pemasaran tersebut, yaitu produk, harga, distribusi, dan promosi, dikenal dengan istilah bauran pemasaran.



Tes Formatif 1

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !

1). Pemasaran dianggap sebagai suatu proses sosial karena .....
A. menciptakan pertukaran
B. memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen
C. dapat dilakukan oleh orang per orang
D. jawaban A, B, C, semuanya betul

2). Manajemen pemasaran adalah kegiatan pemasaran yang .....
A. menjual barang dan jasa konsumen
B. mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian operasi pemasaran
C. mengiklankan barang
D. memperdagangkan barang untuk mencari laba

3). Jenjang manakah dalam organisasi yang memerlukan pemasaran ?
A. Jenjang korporat
B. Jenjang unit bisnis strategis
C. Jenjang fungsional
D. Jawaban A, B, C, semuanya betul

4). Konsep pemasaran adalah filosofi bisnis yang .....
A. berorientasi mencapai laba sebesar - besarnya semata
B. hanya mendasarai aktivitas penjualan produk kepada pelanggan
C. berorientasi pada pelanggan dan koordinasi kegiatan pemasaran untuk mencapai tujuan kinerja organisasi
D. menyatukan kegiatan produk dan pemasaran dalam satu sistem

5). Tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan yang menerapkan Konsep Pemasaran sebagai filosofi bisnisnya adalah .....
A. kepuasan pelanggan
B. volume penjualan maksimum
C. laba maksimum
D. jawaban A, B, C, semuanya salah

6). Sebagian tanggung jawab manajer pemasaran dalam perusahaan adalah .....
A. menyelidiki tingkat persediaan barang
B. mensegmentasikan calon - calon pembelinya
C. memusuhi pesaing yang menurunkan harga terlalu besar
D. jawaban A, B, C, semuanya salah

7). Dalam praktik, tugas seorang pemasar tidaklah sederhana. Mengidentifikasi dan menanggapi perubahan - perubahan lingkungan harus terus dilakukan. Faktor - faktor lingkungan manakah yang dimaksudkannya ?
A. Politik
B. Ekonomi
C. Demografi
D. Jawaban A, B, C, semuanya betul    

8). Perbedaan antara Konsep Pemasaran dan Konsep Pemasaran Kemasyarakatan terletak pada .....
A. jenis produk yang ditawarkan oleh perusahaan

B. aktivitas yang dilakukan

C. tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan dalam jangka panjang
D. rencana perusahaan yang harus diaplikasikan di bidang pemasaran

9). Adanya perubahan faktor lingkungan fisik, seperti terjadinya kelangkaan sumber bahan baku yang dipakai untuk menghasilkan produk akhir mendorong perusahaan untuk .....
A. mengurangi penggunaan bahan baku produksi
B. menjalankan pemasaran yang menjamin kelangsungan tersedianya bahan baku
C. menghentikan kegiatan pemasaran
D. menghindari setiap penggunaan bahan baku yang langka

10). Dalam operasi pemasarannya, manajer perlu menjamin keselamatan konsumennya. Hal ini disebut .....
A. konsumerisme
B. pemasaran yang etis
C. pemasaran keterhubungan
D. pemasaran terintegrasi

11). Mempromosikan produk dengan memberikan informasi yang jelas dan detail adalah bagian dari upaya pemasaran untuk menjamin konsumen akan .....
A. hak untuk memilih
B. hak untuk didengar
C. hak untuk diberi tahu
D. hak atas keselamatan

12). Seorang konsumen yang mempunyai kebutuhan akan sesuatu dapat dipenuhi oleh pemasar dengan cara .....
A. menawarkan produk yang sesuai dengan kebutuhan itu
B. mempromosikan produk yang dibutuhkan
C. mempengaruhi agar kebutuhannya dapat segera terpenuhi
D. menawarkan bauran pemasaran yang sesuai dengan kebutuhan tersebut



MODUL 2
Perumusan Strategi Pemasaran



Kegiatan Belajar 1

Tugas - tugas Manajemen Pemasaran dalam Kondisi Bisnis yang Sudah Berubah

          Modul dua buku materi pokok ini menyajikan uraian tentang berbagai macam tugas manajemen pemasaran dalam lingkungan yang sudah berubah yang intinya mengatur permintaan produk yang ditawarkan. Proses penyampaian nilai dibahas menurut tahap - tahapnya yang bermula dari pengalisisan pasar sampai dengan pengendalian pemasaran. Secara spesifik, strategi dan perumusan strategi pemasaran diuraikan untuk memperjelas langkah - langkah penting yang harus dilakukan oleh seorang manajer pemasaran.



Tes Formatif 1

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1). Tugas manajer pemasaran untuk mengurangi permintaan disebut .....
A. remarketing
B. synchromarketing
C. demarketing
D. countermarketing

2). Countermarketing dilakukan karena sifat permintaannya .....
A. tidak teratur
B. berlebihan
C. menurun
D. tidak sehat

3). Jika kapasitas perusahaan adalah 10.000 unit per tahun, sedangkan permintaan sebesar 15.000 unit sehingga perusahaan mengalami kesulitan. Sesuai dengan tugas manajemen pemasaran, langkah yang harus ditempuh adalah .....
A. meningkatkan harga per unitnya
B. menurunkan kualitas produknya
C. meningkatkan harga sampai pada tingkatan tertentu agar permintaan sama dengan 10.000 unit
D. meniadakan permintaan

4). Elemen yang harus ditempatkan pada urutan pertama dalam penentuan bauran pemasaran adalah .....
A. promosi
B. produk
C. harga
D. distribusi

5). Dalam menganalisis peluang pasar, perusahaan berupaya mengidentifikasi .....
A. peluang lingkungan saja
B. peluang perusahaan saja
C. peluang lingkungan dan peluang perusahaan
D. jawaban A, B, C, semuanya salah

6). Perusahaan dianggap memiliki peluang perusahaan apabila mampu .....
A. memenuhi kebutuhan yang tidak dapat dipenuhi oleh pesaing
B. menghasilkan produk dengan kualitas yang lebih tinggi dibandingkan produk pesaing
C. melobi pemerintah untuk mendapatkan pesanan
D. memenuhi kapasitas maksimal produksi

7). Memilih kelompok konsumen sasaran merupakan salah satu langkah dalam .....
A. strategi pemasaran
B. pengendalian pemasaran
C. penawaran produk baru
D. bauran pemasaran

8). Yang harus dilakukan oleh manajer pemasaran setelah mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen adalah .....
A. menawarkan produk homogen ke seluruh pasar
B. mengembangkan produk yang sama persis ditawarkan pesaing
C. mengembangkan suatu konsep tentang produk untuk memenuhi kebutuhan yang belum terpenuhi
D. menawarkan produk dengan harga termurah di pasar

9). Melayani satu kelompok konsumen tertentu, misalnya kelompok wanita eksekutif, merupakan strategi pemasaran yang disebut strategi .....
A. pemosisian pasar
B. segmen tunggal
C. segmen ganda
D. bauran pemasaran

10). Perbedaan antara strategi segmen tunggal dan strategi segmen ganda adalah terletak pada banyaknya .....
A. kelompok pembeli yang dilayani
B. macam produk yang ditawarkan
C. pembeli dalam segmen tertentu
D. volume penjualan yang ditargetkan

11). Strategi premium dirancang dengan menawarkan produk .....
A. yang berkualitas tinggi dijual melalui banyak penyalur
B. berkualitas sedang yang dipromosikan secara gencar
C. berkualitas tinggi dengan harga tinggi
D. berkualitas tinggi dengan harga sedang

12). Perusahaan yang menempuh strategi pukul - lari akan menanggung risiko .....
A. keuntungan sulit diperoleh dalam jangka pendek
B. konsumen tidak akan kembali
C. pesaing semakin banyak
D. laba menurun dalam jangka pendek


Baca MODUL Lainnya : 

- EKMA4262 - Manajemen Risiko