Wednesday, October 4, 2017

Modul 5 : EKMA4369 - Manajemen Operasi Jasa

Modul 5 : EKMA4369 - Manajemen Operasi Jasa

EKMA4369 - MANAJEMEN OPERASI JASA



RANGKUMAN

MODUL 5

Penentuan Lokasi



Kegiatan Belajar 1

Penentuan Lokasi

  1. Keputusan pemilihan lokasi merupakan keputusan penting bagi manajer operasi untuk melaksanakan kegiatannya. Dalam perusahaan jasa, memilih lokasi merupakan cara memperkenalkan perusahaan pada masyarakat umum.
  2. Beberapa orang ahli telah mengemukakan faktor - faktor penting dalam pemilihan lokasi, baik bagi perusahaan pemanufakturan dan perusahaan jasa.
  3. Beberapa faktor yang menjadi pertimbangan tersebut antara lain biaya, kedekatan dengan pemasok, pelanggan, pesaing, kondisi lingkungan ( masyarakat, pemerintah, dan kualitas kehidupan ), kemungkinan perluasan, ketersediaan sarana dan prasarana atau infrastruktur yang diperlukan, dan masih banyak lagi.
  4. Lokasi merupakan permasalahan yang penting dalam menentukan hasil yang dicapai dan biaya yang harus dikeluarkan perusahaan atau organisasi.



Kegiatan Belajar 2

Metode Penentuan Lokasi

  1. Perusahaan dapat menggunakan berbagai metode untuk memilih lokasi yang paling tepat, baik untuk mendirikan perusahaan baru maupun untuk mengadakan perluasan atau ekspansi perusahaan atau pabrik yang ada. Metode yang dapat digunakan misalnya metode penilaian faktor, metode titik impas, metode pusat gravitasi, metode muatan - jarak, metode transportasi, dan metode delphi.
  2. Untuk bisnis jasa atau pelayanan, eceran, dan organisasi profesional, analisis yang dilakukan harus memperhatikan berbagai hal penting lainnya seperti lingkungan, persaingan, periklanan, promosi, kualitas fisik lokasi, dan kebijakan operasional organisasi tersebut.


BERIKUTNYA :

- Modul 6 : EKMA4369 - Manajemen Operasi Jasa