Tuesday, October 10, 2017

Modul 3 : ESPA4221 - Teori Ekonomi Mikro

Modul 3 : ESPA4221 - Teori Ekonomi Mikro

ESPA4221 - TEORI EKONOMI MIKRO



RANGKUMAN

MODUL 3

Perilaku Produsen


Kegiatan Belajar 1

Teori Produksi

          Teori produksi menggambarkan hubungan antara tingkat produksi suatu barang dengan kombinasi dari berbagai faktor produksi.
          Hukum pengembalian yang berkurang menyatakan bahwa penggunaan input yang meningkat akan mencapai sebuah titik tertentu di mana hasil penambahanoutput kemudian akan menurun.



Kegiatan Belajar 2

Fungsi - fungsi Biaya

          Dalam jangka pendek, satu atau lebih input yang dimiliki perusahaan adalah tetap jumlahnya.
          Biaya marjinal perusahaan adalah tambahan biaya variabel dari tiap unit output tambahan.
          Biaya variabel rata - rata adalah biaya variabel total dibagi dengan jumlah unit output yang dihasilkan oleh perusahaan.
          Dalam jangka panjang, semua input pada proses produksi akan bersifat variabel. Pemilihan input yang meminimalkan biaya dapat dilakukan dengan mencari titik singgung antara isoquan output yang diinginkan dengan garis iso biaya ( isocost ).
          Suatu perusahaan akan menikmati apa yang disebut dengan skala ekonomis apabila perusahaan itu bisa melipatgandakan output-nya dengan biaya kurang dari dua kali lipat.
           Cakupan ekonomis dapat terjadi apabila perusahaan dapat memproduksi setiap kombinasi dari dua output dengan biaya lebih murah daripada bila output itu dibeli dari dua perusahaan yang masing - masing perusahaan memproduksi satu dari output tersebut. 


BERIKUTNYA :