ESPA4221 - TEORI EKONOMI MIKRO
RANGKUMAN
MODUL 2
Perilaku Konsumen
Kegiatan Belajar 1
Teori Freferensi Konsumen
Dalam kehidupannya manusia mempunyai begitu banyak kebutuhan
dan keinginan yang harus dipenuhinya. Akan tetapi, alat pemuas kebutuhan
dan keinginan manusia jumlahnya sangatlah terbatas. Keterbatasan
pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia ini disebut dengan kelangkaan
( scarcity ). Dengan anggaran yang terbatas, manusia dituntut untuk
memaksimalkan kepuasannya.
Indifference curve adalah sebuah kurva yang menunjukkan
kumpulan bundel barang yang dikonsumsi yang memberikan tingkat kepuasan
yang sama kepada konsumen. MRS adalah jumlah barang yang akan konsumen
berikan untuk mendapatkan yang lain. Nilai MRS dapat dihitung dengan
membagi selisih jumlah barang yang terdapat pada sumbu Y dengan selisih
jumlah barang yang terdapat pada sumbu X.
Kepuasan ( utility ) adalah suatu nilai yang mewakili kepuasan
konsumen yang diperoleh dari keranjang belanja yang diberikan. Pilihan
adalah interaksi dari preferensi dan keterbatasan yang menyebabkan
manusia harus memilih. Dalam analisis ekonomi banyak digunakan asumsi
cateris paribus yang menganggap bahwa semua faktor adalah konstan, hanya
faktor yang dipelajari yang diperbolehkan berubah.
Kegiatan Belajar 2
Permintaan Individu dan Permintaan Pasar
Pada hukum permintaan dinyatakan bahwa makin rendah harga dari
suatu barang maka akan semakin banyak permintaan atas barang tersebut,
demikian pula sebaliknya.
Terdapat dua macam barang dalam pemenuhan kebutuhan manusia, yaitu barang normal dan barang inferior.
Permintaan individu terhadap barang dan jasa dipengaruhi oleh
beberapa faktor, antara lain efek substitusi dan efek pendapatan.
Permintaan pasar didefinisikan sebagai jumlah total dari barang
atau jasa yang diminta oleh semua pembeli potensial. Jumlah permintaan
pasar diketahui dengan menjumlahkan permintaan individu - individu.
BERIKUTNYA :