Monday, October 16, 2017

Modul 4 : ESPA4221 - Teori Ekonomi Mikro

Modul 4 : ESPA4221 - Teori Ekonomi Mikro

ESPA4221 - TEORI EKONOMI MIKRO



RANGKUMAN
MODUL 4

Maksimisasi Profit, Perusahaan pada Pasar Persaingan Sempurna



Kegiatan Belajar 1

Maksimisasi oleh Perusahaan Kompetitif

           Struktur pasar secara garis besar terdiri dari empat kelompok, yaitu :
  1. Pasar persaingan sempurna.
  2. Pasar monopolitis.
  3. Pasar oligopoli, dan
  4. Pasar Momopoli 
          Maksimisasi laba merupakan tujuan dari hampir semua perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Laba perusahaan yang optimum dapat dicapai pada saat penerimaan maksimum dan biaya yang dikeluarkan minimum, pada saat itu penerimaan marjinal sama dengan biaya marjinal ( MR = MC ).
           Surplus perusahaan adalah selisih antara penghasilan perusahaan dengan biaya variabel totalnya. Pada jangka pendek, ketika biaya tetap positif maka surplus produsen akan lebih besar daripada labanya. Surplus produsen terjadi ketika suatu perusahaan memperoleh rente ekonomi yang berasal dari input - input yang langka. Elastisitas penawaran sangat bergantung pada sejauh mana biaya input akan mengalami peningkatan karena perluasan pasar.



Kegiatan Belajar 2

Pasar Kompetitif dan Statistika Komparatif

          Dengan mengukur perubahan pada surplus konsumen maka dapat diketahui keuntungan atau kerugian konsumen yang dipengaruhi oleh interferensi pemerintah. Demikian pula dengan surplus produsen, dimana perubahannya dapat digunakan untuk mengetahui keuntungan atau kerugian produsen yang sekali lagi dipengaruhi oleh interferensi pemerintah.
          Interferensi pemerintah dapat meningkatkan total kesejahteraan dari konsumen dan produsen pada dua situasi, yang pertama adalah ketika aksi konsumen atau produsen menghasilkan biaya atau keuntungan yang tidak ditunjukkan sebagai bagian dari harga pasar. Situasi yang kedua adalah ketika terjadi kegagalan pasar karena harga pasar gagal menyediakan sinyal yang tepat bagi produsen maupun konsumen sehingga pasar tidak bisa berjalan sebagaimana yang diinginkan.


BERIKUTNYA :

- Modul 5 : ESPA4221 - Teori Ekonomi Mikro