Monday, October 9, 2017

Modul 9 : ESPA4220 - Teori Ekonomi Makro

Modul 9 : ESPA4220 - Teori Ekonomi Makro

ESPA4220 - TEORI EKONOMI MAKRO



RANGKUMAN

MODUL 9

Teori Siklus Bisnis



Kegiatan Belajar 1

Teori Siklus Bisnis dalam Perekonomian Jangka Pendek
  1. Teori siklus bisnis riil adalah suatu penjelasan terhadap fluktuasi ekonomi jangka pendek yang dibangun berdasarkan asumsi model klasik, termasuk dikotomi klasik serta fleksibilitas upah dan harga. Berdasarkan teori ini, fluktuasi ekonomi adalah tanggapan yang wajar dan efisien terhadap ekonomi untuk mengubah lingkungan ekonomi, khususnya teknologi.
  2. Para pendukung dan pengkritik teori siklus bisnis riil tidak sepakat tentang apakah fluktuasi kesempatan kerja menunjukkan substitusi tenaga kerja antarwaktu, apakah guncangan teknologi akan mengakibatkan banyak fluktuasi ekonomi, apakah kebijakan moneter mempengaruhi variabel riil, serta apakah kekakuan harga dan upah dalam jangka pendek untuk memahami fluktuasi ekonomi.



Kegiatan Belajar 2

Perkembangan Teori Siklus Bisnis

          Teori siklus bisnis dikemukakan untuk mencari sumber penyebab terjadinya siklus bisnis. Teori - teori mengenai siklus bisnis tersebut adalah teori siklus bisnis riil. Keynesian, dan Monetarist. Selain itu, teori siklus bisnis yang lain adalah Multiplier Akselerator Theory. Teori Politik, Teori Keseimbangan Siklus Bisnis, dan Teori Shock Penawaran.



Kegiatan Belajar 3

Ilmu Ekonomi Keynesian Baru
  1. Riset Keynesian baru tentang fluktuasi ekonomi jangka pendek dibangun atas model permintaan agregat dan penawaran agregat tradisional, serta mencoba memberikan penjelasan terbaik tentang mengapa upah dan harga bersifat kaku dalam jangka pendek. Satu teori Keynesian baru mengatakan bahwa biaya penyesuaian harga yang kecil pun mempunyai dampak ekonomi makro yang besar karena eksternalitas permintaah agregat.
  2. Teori yang lain mengatakan bahwa resesi yang terjadi merupakan sebuah kegagalan koordinasi. Sedangkan teori lain mengatakan bahwa pengejutan dalam penyesuaian harga membuat semua tingkat harga bereaksi lamban terhadap perubahan kondisi perekonomian.


KEMBALI KE ATAS :

- Modul 1 : ESPA4220 - Teori Ekonomi Makro