Friday, August 25, 2017

Modul 6 : EKMA4116 - Manajemen

Modul 6 : EKMA4116 - Manajemen

EKMA4116 - MANAJEMEN


RANGKUMAN

MODUL 6
Pengawasan




Kegiatan Belajar 1
Dasar - dasar Pengawasan

          Pengawasan adalah suatu fungsi dalam manajemen yang dilakukan dengan cara menetapkan standar kinerja tertentu dengan tujuan merencanakan, mendesain sistem umpan balik informasi untuk membandingkan kinerja yang sesungguhnya dengan standar yang telah ditentukan, untuk menentukan apakah terjadi penyimpangan dan mengukur apakah penyimpangan itu berarti (signifikan), dan melakukan perbaikan yang diperlukan untuk memastikan bahwa semua sumber daya perusahaan digunakan dengan cara yang paling efektif dan efisien untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan.
Pada dasarnya ada tiga dasar pengawasan, yaitu :
  1. Pengawasan pendahuluan (feedforward control atau steering control).
  2. Pengawasan concurrent (Yes/No).
  3. Pengawasan umpan balik dan pengawasan multiple atau multiple control system.
          Proses pengawasan biasanya terdiri atas empat tahap atau aktivitas. Keempat aktivitas tersebut secara umum bertujuan untuk membawa perusahaan mendekati tujuannya dengan cara yang paling efektif dan efisien. Aktivitas-aktivitas tersebut dapat adalah menetapkan standar dan metode pengukuran, melakukan pengukuran kinerja, membandingkan apakah kinerja yang dicapai sesuai dengan standar dan proses terakhir adalah melakukan perbaikan-perbaikan yang diperlukan.




Tes Formatif 1 
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1. Pengawasan pelaksanaan proses difokuskan pada faktor .....
A. material dan produksi
B. aktivitas produksi
C. kualitas barang hasil produksi
D. produksi barang

2. Melakukan pengawasan terhadap semua tahap manajemen dikenal sebagai jenis pengawasan .....
A. pendahuluan
B. pelaksanaan
C. umpan balik
D. multiple

3. Tahap penentuan standar dalam sistem pengawasan dilakukan dengan cara .....
A. menetapkan pengukuran kualitas produk
B. menetapkan langkah-langkah perbaikan produk
C. melakukan observasi proses produksi
D. menetapkan spesifikasi produk yang dihasilkan

4. Penentuan deviasi output dilakukan pada tahap pengawasan .....
A. membandingkan performa aktual dengan standar
B. menetapkan spesifikasi
C. menetapkan standar kualitas produk
D. menetapkan langkah-langkah perbaikan produk

5. Faktor yang tergolong sebagai standar anggaran yaitu .....
A. marginal profit
B. product quality
C. product quantity
D. job quality

6. Kecepatan atau ketepatan dalam memberikan layanan atau jasa merupakan fokus pengawasan ..... 
A. kualitas
B. kuantitas
C. ketepatan waktu
D. anggaran



Kegiatan Belajar 2
Jenis dan Metode Pengawasan
  1. Secara garis besar terdapat dua metode pengawasan, yaitu Metode Non-kuantitatif dan Metode kuantitatif.
  2. Metode pengawasan Non-kuantitatif merupakan metode yang digunakan para manajer dalam melaksanakan fungsi pengawasan. Biasanya pengawasan ini bersifat "menyeluruh" terhadap semua aspek penting dalam organisasi, dan sebagian besar berkaitan dengan kegiatan mengawasi aktivitas dan kinerja karyawan.
  3. Ada berbagai teknik yang digunakan dalam melakukan pengawasan Non-kuantitatif ini, antara lain : melakukan observasi, mengadakan inspeksi secara langsung dan rutin, mengkaji laporan, baik secara lisan atau tertulis, melakukan brainstorming dengan bawahan secara berkala, melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan kerja.
  4. Metode Pengawasan Kuantitatif biasanya memerlukan data-data khusus dan menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengolah data tersebut sehingga dapat digunakan sebagai alat bantu dalam pengawasan. Ada beberapa metode kuantitatif, antara lain : anggaran, audit keuangan, analisis break even, analisis rasio, dan lain-lain.
  5. Metode pengawasan yang lain adalah dengan menggunakan Balance Scorecard (BSC). Metode ini mempunyai keistimewaan dalam hal cakupan pengukurannya yang komprehensif, sebab selain mempertimbangkan kinerja keuangan, BSC juga memasukkan kinerja-kinerja non-keuangan, seperti : pelanggan, proses bisnis internal, dan proses pembelajaran dan pertumbuhan.


Tes Formatif 2
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1. Pengawasan yang sifatnya menyeluruh terhadap aspek penting organisasi adalah metode pengawasan .....
A. khusus
B. non-kuantitatif
C. kuantitatif
D. non-kualitatif  

2. Salah satu teknik yang dapat digunakan dalam pengawasan non-kuantitatif adalah dengan .....
A. mengaudit kegiatan
B. membuat rencana anggaran yang efisien
C. melakukan diskusi secara berkala antara atasan dengan bawahan
D. menghitung analisis rasio

3. Alat bantu pengawasan non-kuantitatif di mana manajer lebih memfokuskan diri pada pengawasan yang paling kritis dan menyerahkan kegiatan rutin kepada karyawan adalah teknik .....
A. management by objective
B. management delivery
C. management information system
D. management by exception

4. Sistem manajemen kualitas seperti yang dilakukan ISO 2000 adalah alat bantu pengawasan non-kuantitatif dengan menggunakan teknik .....
A. analisis break even
B. audit mutu
C. management by objective
D. anggaran 

5. Alat bantu analisis yang mempunyai keistimewaan dalam hal cakupan pengukurannya yang komprehensif adalah ......
A. break event point
B. balance scorecard
C. rasio keuangan
D. rasio profitabilitas


BERIKUTNYA :

- Modul 7 : EKMA4116 - Manajemen