Saturday, August 26, 2017

Modul 7 : EKMA4116 - Manajemen

Modul 7 : EKMA4116 - Manajemen

EKMA4116 - MANAJEMEN



RANGKUMAN

MODUL 7

Strategi Bersaing, Organisasi Belajar dan Budaya Organisasi




Kegiatan Belajar 1

Strategi Bersaing, Inovasi, dan Organisasi Belajar 

  1. Untuk memenangkan bisnis saat ini harus didukung kegiatan inovasi. Inovasi - inovasi inilah yang merupakan faktor " pemicu " ( enabler ) yang memungkinkan suatu organisasi mampu bersaing di masa kini maupun mendatang. 
  2. Untuk terwujudnya berbagai inovasi, maka syarat mutlak yang harus dipenuhi adalah sumber daya manusia yang terus - menerus " belajar ". Proses belajar ini harus dibudayakan dalam perusahaan sehingga sumber daya manusia di dalamnya menjadi collective learners ( manusia - manusia pembelajar secara kolektif ). Organisasi yang demikian ini sering disebut dengan istilah organisasi belajar ( learning organization ).
  3. Menurut Peter Senge, pengertian organisasi belajar adalah organisasi yang secara terus - menerus mengembangkan kemampuannya untuk menciptakan masa depan yang lebih baik. Sedangkan Garvin (1993) mendefinisikan organisasi belajar sebagai pengorganisasian kreativitas, kompetensi dan transfer " pengetahuan " yang diharapkan mampu memperbaiki perilaku keorganisasian sebagai dampak dari " pengetahuan " baru tersebut.
  4. Ada beberapa ciri organisasi belajar. Marquardt dan Reynold mengemukakan 26 ciri organisasi belajar. Ke-26 ciri tersebut ada di uraian sebelumnya ( silahkan baca kembali ).
  5. Ada beberapa faktor yang sangat berperan dalam mendukung terwujudnya organisasi belajar, antara lain : penguasaan individu, pembelajaran dalam kelompok, visi bersama, budaya pembelajaran dalam organisasi dan struktur dan sistem yang mendukung.


Tes Formatif 1

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !

1. Menghadapi situasi persaingan yang ditandai dengan dinamika yang tinggi ( hypercompetition ), perusahaan harus .....
A. menyusun rencana operasional yang detil
B. mempunyai cara pandang baru dalam menentukan strategi barsaing
C. menyusun strategi perusahaan dengan menggunakan data yang akurat
D. menyadari keadaan lingkungan organisasi yang berubah

2. Keunggulan bersaing yang dipunyai perusahaan tidak dapat digunakan selamanya, sebab .....
A. cepat atau lambat pesaing akan meniru atau mengunggulinya
B. akan menjadi usang
C. strategi pesaing lebih unggul
D. produk pesaing lebih dikenal konsumen

3. Jika perusahaan berusaha mempertahankan masa berlaku keunggulan yang dimiliki, berarti memberi kesempatan kepada pesaing untuk .....
A. merencanakan produk baru
B. menyusun strategi yang lebih unggul
C. memperkuat diri
D. memasuki pasar yang sama

4. Menurut D'Aveni agar perusahaan selalu selangkah lebih dulu dari pesaing adalah dengan cara ......
A. memelihara keunggulan yang dimiliki, jangan sampai usang
B. meruntuhkan keunggulan yang dimiliki, kemudian menciptakan keunggulan baru
C. selalu memperbaiki keunggulan yang dimiliki
D. menganalisis keunggulan yang dimiliki para pesaing

5. Keunggulan bersaing suatu perusahaan dapat bersumber dari kesuksesan di dalam empat arena persaingan ( harga dan mutu, waktu dan pengetahuan, daerah kekuasaan, sumber daya yang lebih besar ). Hal ini dapat terjadi pada keadaan persaingan .....
A. statis
B. dinamis
C. ambigu
D. kelompok

6. Syarat mutlak yang harus dipenuhi untuk mewujudkan organisasi yang berbasis pengetahuan ( organizational knowledge creation ) adalah .....
A. sumber daya alam terpenuhi
B. komunikasi organisasi yang lancar
C. sumber daya manusia yang berkualitas
D. sumber informasi yang akurat

7. Proses pembelajaran individu secara formal dapat diperoleh dengan cara .....
A. diskusi
B. pelatihan dan pengembangan
C. pertemuan formal
D. instruksi dari atasan

8. Untuk mewujudkan organisasi belajar, maka juga diperlukan adanya pembelajaran secara .....
A. individu
B. terpisah
C. kelompok
D. bersama

9. Di bawah ini yang bukan merupakan kegiatan yang mampu meningkatkan kualitas secara kolektif untuk menuju pembelajaran dalam kelompok adalah .....
A. dialog
B. diskusi
C. pelatihan
D. kalian bersama 

10. Untuk mewujudkan organisasi belajar, diperlukan adanya struktur organisasi dan sistem yang mendukung disain struktur yang diperlukan adalah yang .....
A. birokratis
B. tidak birokratis
C. sentralisasi
D. desentralisasi


Kegiatan Belajar 2

Budaya Perusahaan

  1. Budaya perusahaan adalah suatu filosofi, norma, kepercayaan dan nilai - nilai yang menjadi pedoman seluruh jajaran anggota organisasi dalam menghadapi masalah eksternal dan internal sehingga semua jajaran anggota organisasi menerima dan memahami filosofi, norma, kepercayaan dan nilai - nilai tersebut sebagai dasar bertindak dan berprilaku.
  2. Menurut Schein, ada tiga tingkatan budaya, yaitu : artifak ( artifact ), nilai - nilai yang didukung ( esponsed values ), dan asumsi yang mendasari ( underlying assumptions ).
  3. Budaya perusahaan mengimplikasikan adanya karakteristik tertentu di perusahaan antara budaya perusahaan yang satu dengan budaya perusahaan lain. Adapun, karakteristik - karakteristik tersebut antara lain : inisiatif individual, toleransi terhadap risiko, arah, intergrasi, dukungan manajemen, pengawasan, identitas, sistem imbalan, toleransi terhadap konflik, pola komunikasi.
  4. Ada beberapa situasi yang biasanya mendorong suatu perusahaan merubah budayanya, antara lain : terjadinya krisis yang dramatik, penggabungan perusahaan, pergantian pimpinan, konbdisi internal yang tidak kondusif, memasuki industri yang berbeda, budaya perusahaan yang lemah.
  5. Untuk menggerakkan suatu perubahan, pimpinan perusahaan dapat mengkomunikasikan perubahan pada unsur - unsur budaya tersebut. Beberapa unsur - unsur tersebut antara lain : sejarah, pahlawan, nilai - nilai utama dan keyakinan, slogan, simbol - simbol yang kasat mata, ritual dan upacara.


Tes Formatif 2

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !

1. Budaya perusahaan adalah falsafah yang menuntun kebijaksanaan perusahaan terhadap pegawai dan pelanggannya. Ini adalah definisi yang dikemukakan oleh .....
A. Deal dan A Kennedy
B. Schein
C. Pascale dan Athos
D. Richard D'Aveni

2. Di bawah ini yang tidak termasuk sebagai tingkatan budaya menurut Schein adalah .....
A. artifak
B. nilai - nilai yang didukung ( espoused value )
C. kelompok kerja
D. asumsi dasar ( underlying assumptions )

3. Hal - hal yang dapat dilihat dan dirasakan jika seseorang berhubungan dengan sebuah kelompok adalah salah satu tingkat dari budaya perusahaan yang disebut ..... 
A. artifak
B. nilai - nilai yang didukung ( espoused value )
C. kelompok kerja
D. asumsi dasar ( underlying assumptions )

4. Salah satu tingkatan dari budaya perusahaan adalah keyakinan yang dianggap sudah mengakar oleh anggota organisasi. Tingkatan ini disebut .....

A. artifak
B. nilai - nilai yang didukung ( espoused value )
C. kelompok kerja
D. asumsi dasar ( underlying assumptions )

5. Budaya perusahaan mengimplikasikan adanya karakteristik tertentu diperusahaan tersebut. Di bawah ini yang bukan termasuk budaya perusahaan adalah .....
A. inisiatif individual 
B. toleransi terhadap risiko
C. perencanaan
D. integrasi

6. Aspek yang menggambarkan bagaimana unit - unit dalam perusahaan tersebut didorong untuk melakukan kegiatannya dalam satu koordinasi yang baik, adalah merupakan salah satu karakteristik budaya perusahaan, disebut .....
A. arah
B. integrasi
C. dukungan manajemen
D. identitas

7. Di bawah ini yang bukan merupakan manfaat budaya perusahaan adalah .....
A. mengarahkan sumber daya manusia
B. meningkatkan kekompakan 
C. meningkatkan motivasi para pegawai
D. meningkatkan kepercayaan

8. Di bawah ini yang bukan merupakan faktor alasan perusahaan merubah budayanya adalah .....
A. terjadi krisis yang dramatis
B. perpindahan lokasi
C. pergantian pimpinan
D. perusahaan masuk ke dalam industri yang berbeda

9. Budaya perusahaan dapat ditumbuhkan dengan cara .....
A. menata unsur - unsur budaya
B. memperbaiki komunikasi organisasi
C. meningkatkan produktivitas
D. mengembangkan forum diskusi



Kegiatan Belajar 3

Manajemen Multibudaya


  1. Dengan semakin intens-nya globalisasi, maka akan semakin intens pula hubungan kita dengan masyarakat multibudaya, multi ras. Sistem nilai budaya tersebut mungkin bisa serasi atau bahkan bertentangan dengan budaya - budaya lain. 
  2. Sulit bagi kita untuk memahami masyarakat lain jika sangat etnosentrik. Etnosentrik adalah sikap pandangan bahwa segala sesuatu didasarkan pada / dalam kelompoknya sendiri, dan hal - hal lain diukur dan dinilai berdasarkan acuan kelompoknya.
  3. Bentuk pandangan - pandangan etnosentrik antara lain stereotip, yaitu generalisasi terhadap sekelompok orang atau objek yang secara luas dianut suatu budaya.
  4. Menurut Bhawuk dan Triandis (1995), ada beberapa pemikiran yang melatarbelakangi munculnya konsep multibudaya ini, yaitu 1). beragamnya orang - orang yang berada dalam lingkungan organisasi di satu negara. 2). derasnya pengaruh globalisasi yang menjadikan dunia semakin tidak terbatas ( borderiess ). 3). adanya perubahan dalam proses produksi yang berorientasi pada efisiensi dan efektivitas manajemen. 4). adanya degradasi lingkungan. 5). beragamnya segmen pasar yang dilayani, dan 6). menurunnya tingkat kelahiran di negara - negara industri maju dan meningkatnya tingkat populasi penduduk di negara - negara berkembang.
  5. Untuk menghindari kecenderungan seorang manajer berpikir etnosentris, maka mereka harus menjadi manajer berwawasan multibudaya. Ada beberapa karakteristik manajer multibudaya, antara lain 1). berpikir melampaui persepsi lokal, 2). selalu siap dengan pemikiran - pemikiran baru, 3). siap menyesuaikan diri dengan lingkungan serta gaya hidup yang baru, 4). bersedia menciptakan sinergi budaya kapan saja dan di mana saja, 5). bekerja efektif dalam lingkungan multinasional / multibudaya, 6). memimpikan kesempatan - kesempatan dan usaha - usaha transnasional, 7). menciptakan skenario untuk masa depan yang optimistik dan dapat diwujudkan.


Tes Formatif 3

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !

1. Sikap pandangan bahwa segala sesuatu didasarkan pada pandangan kelompok sendiri, dan hal - hal lain diukur dan dinilai berdasarkan acuan kelompoknya disebut ..... 
A. etnosentris
B. stereotip
C. multi etnik
D. antar budaya

2. Ketika berbicara, orang Amerika lebih suka berdiri dengan jarak .....
A. dekat
B. jauh
C. sedang
D. ada penghalang

3. Orang Jepang ketika berhubungan dengan orang lain, lebih menyukai gaya .....
A. langsung
B. tidak langsung
C. dengan perantara
D. tanpa perantara

4. Di bawah ini yang bukan merupakan karakteristik visik manajer berwawasan budaya adalah .....
A. berpikir melampaui persepsi lokal
B. selalu siap dengan pemikiran - pemikiran baru
C. berpikiran luas pada budaya nasional
D. menciptakan skenario untuk masa depan yang optimistik divisualkan 


BERIKUTNYA :

- Modul 8 : EKMA4116 - Manajemen