Friday, August 25, 2017

Modul 5 : EKMA4116 - Manajemen

Modul 5 : EKMA4116 - Manajemen

EKMA4116 - MANAJEMEN


RANGKUMAN

MODUL 5
Pendelegasian dan Pemberdayaan




Kegiatan Belajar 1
Pendelegasian

          Pendelegasian adalah suatu analisis menyeluruh atas salah satu tugas yang paling penting bagi seorang atasan, yaitu mendelegasi tugas. Sebagai seorang atasan, sebagian besar waktunya seharusnya dihabiskan untuk melakukan perencanaan, pengorganisasian, penempatan karyawan, pengendalian, inovasi, dan mewakili perusahaannya. Atasan tidak boleh menghabiskan waktunya untuk pekerjaan rutin saja seperti menjawab setiap telepon dan surat yang masuk, mengikuti rapat yang berprioritas rendah, atau sering mencari arsip surat yang harus segera dijawab. Peraturan, umum untuk melaksanakan delegasi adalah :
a. jika suatu pekerjaan tidak perlu, maka buanglah.
b. jika perlu namun masih bisa dikerjakan orang lain, maka delegasikanlah.
c. jika tidak bisa didelegasikan dan sangat perlu untuk pencapaian sasaran organisasi, maka kerjakanlah sendiri seefektif mungkin.  


Tes Formatif 1
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1. Dorongan untuk menjadi seorang atasan yang produktif dan berani memberikan delegasi kepada bawahannya harus diimbangi dengan .....
A. kepercayaan diri yang kuat dan siap bertanggung jawab apapun yang terjadi
B. kepemimpinan yang birokratis
C. kecakapan berkomunikasi dengan atasan dan bawahan
D. penguasaan kompetensi setiap karyawannya

2. Apabila seorang karyawan yang menerima delegasi melakukan kesalahan atau terjadi penyimpangan maka yang memperoleh nilai kinerja buruk adalah .....
A. atasan dan karyawan
B. pucuk pimpinan
C. atasan pemberi delegasi
D. karyawan

3. Untuk menghindari karyawan menjadi frustasi karena ketidaksiapan menerima delegasi maka atasan harus memberikan .....
A. sanksi yang tegas bila melakukan kesalahan
B. kepercayaan sedikit demi sedikit
C. insentif yang lebih baik
D. pelatihan yang memadai dan menguji keberanian mengambil risiko

4. Agar pendelegasian bisa berjalan lebih efektif, maka atasan perlu memperhatikan sejumlah prinsip mendelegasikan tugas, antara lain .....
A. berilah kepercayaan kepada karyawan sedikit demi sedikit
B. delegasikan tugas dengan bantuan yang memadai
C. delegasikan pekerjaan yang disukai atasan
D. tekankan pada prosedur dan bukan sasaran

5. Untuk menghindari penolakan karyawan menerima pendelegasian karena ketidaktersediaan waktu, maka tugas atasan adalah .....
A. mencari karyawan lain yang mau menerima pendelegasian
B. mengidentifikasi karyawan lain namun dengan tingkat kompetensi yang lebih rendah
C. melaporkannya kepada atasannya yang lebih tinggi
D. memeriksa bobot pekerjaan yang sedang dilakukan karyawannya

6. Penyebab terhambatnya proses belajar dan pengembangan potensi karyawan dalam rangka pendelegasian adalah .....
A. buruknya lingkungan pekerjaan
B. kecilnya komitmen atasan
C. kurangnya motivasi karyawan
D. rendahnya tingkat pendidikan karyawan



Kegiatan Belajar 2
Pemberdayaan Karyawan

          Pemberdayaan karyawan berangkat dari keinginan untuk menggali seluruh potensi yang terdapat dalam diri seluruh karyawan untuk diarahkan dalam rangka memajukan organisasi. Oleh karena ini pemberdayaan hanya bisa dilakukan melalui pengembangan kompetensi karyawan, pembangunan lingkungan kerja berkualitas, dan penyediaan sumber daya yang dibutuhkan guna mewujudkan kompetensi mereka.
          Pemberdayaan karyawan merupakan pendekatan pengelolaan terhadap sumber daya manusia yang sesuai dengan karakteristik pekerjaan dan orang yang melakukan pekerjaan tersebut. Tujuan utama pemberdayaan karyawan adalah untuk penyediaan produk dan jasa yang mampu menghasilkan value bagi customer dengan memanfaatkan teknologi secara optimal. Dengan kata lain, pemberdayaan karyawan pada intinya adalah suatu usaha untuk menjadikan karyawan produktif dan berkomitmen.
          Pemberdayaan karyawan akan berhasil dengan baik apabila organisasi berhasil menanamkan kesadaran dalam diri setiap manajernya bahwa :
a. karyawan adalah sesama manusia.
b. manusia pada dasarnya baik.
c. birokrasi membunuh inisiatif.
d. manajer adalah orang yang menyediakan pelatihan, teknologi, dan dukungan bagi karyawan.
e. nilai-nilai kejujuran dan kerendahan hatian harus dijunjung tinggi.
          Disisi lainnya, dalam diri karyawan juga harus diyakinkan bahwa :
a. pemberdayaan karyawan hanya dapat diwujudkan berdasarkan kepercayaan yang tumbuh dari dalam diri manajer terhadap karyawan.
b. kepercayaan manajer tumbuh oleh karena kompetensi yang dimiliki karyawan, dan
c. di samping ini kepercayaan manajer tumbuh karena karyawan memiliki nilai-nilai kejujuran, keberanian, integritas, kesabaran, dan mental yang kuat.



Tes Formatif 2
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1. Hakikat utama pemberdayaan karyawan dalam suatu organisasi adalah untuk .....
A. memaksimalkan waktu bekerja karyawan
B. meningkatkan volume produksi
C. meraih laba sebesar-besarnya
D. menumbuhkan self-imposed dalam diri setiap karyawan

2. Berbeda dengan manajer tingkat atas yang memiliki wewenang karena posisinya (position-based power), maka di dalam usaha pemberdayaan karyawan, karyawan memperoleh wewenang berdasarkan .....
A. trust-based relationship
B. position-based power
C. performance-bared power
D. employee empowerment

3. Salah satu nilai tambah yang dimiliki karyawan yang berdaya adalah .....
A. memiliki tingkat keterbatasan dalam pengambilan keputusan
B. boleh mengembangkan kompetensi tambahan sesuai keinginan
C. mendapatkan perlakuan sebagai mitra kerja pimpinan
D. mendapatkan otoritas memasuki sistem dan administrasi perusahaan

4. Salah satu langkah pemberdayaan dalam rangka pengembangan pemasaran yang berdampak positif terhadap external services melalui pelayanan konsumen, adalah .....
A. menciptakan kepuasan karyawan
B. meningkatkan kompetensi memberi pelayanan melalui pelatihan tentang customer service
C. memberi tugas kepada seluruh karyawan untuk mampu menjual produk
D. memilih karyawan yang bisa menjadi perwakilan perusahaan dalam menjual produk

5. Dampak positif pemberdayaan karyawan adalah adanya kemungkinan karyawan melakukan akses ke pusat informasi sehingga mereka bisa mengambil .....
A. data yang dibutuhkan dengan bebas
B. sebagian wewenang atasan
C. informasi dari unit kerja lain
D. keputusan segera atas pekerjaannya

6. Memberikan kesempatan kepada karyawan berbicara dan menampung pikiran, perasaan, saran, dan ide adalah cara ampuh manajer menjadi seorang .....
A. bijaksana
B. pendengar yang baik
C. calon pimpinan yang baik
D. mitra kerja yang disukai bawahan


BERIKUTNYA :

- Modul 6 : EKMA4116 - Manajemen