RANGKUMAN
Modul 1
Karakteristik Bisnis Internasional
Karakteristik Bisnis Internasional
Kegiatan Belajar 1
Konsep Dasar Bisnis Internasional
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat
membawa dampak pada kemajuan bidang komunikasi, transportasi, dan
informasi. Seiring dengan kondisi tersebut, jumlah penduduk dunia terus
bertambah, sedangkan sumber - sumber alam atau faktor - faktor produksi
cenderung terbatas. Setiap negara memiliki keterbatasan dan kelebihan
sehingga mendorong aktivitas bisnis yang ada pada suatu negara untuk
melakukan ekspansi ke luar negeri. Bisnis domestik yang selama ini
dilakukan oleh perusahaan - perusahaan nasional mulai ditinggalkan untuk
beranjak ke bisnis yang berskala internasional atau dengan kata lain
perusahaan mulai terlibat dalam bisnis internasional.
Bisnis internasional
sebagai sebuah disiplin memang relatif baru, tetapi bisnis
internasional sebagai praktik bisnis telah berlangsung sangat lama.
Bahkan sebelum Masehi, pedagang - pedagang Venesia dan Yunani mengirim
wakil - wakil ke luar negeri untuk menjual barang - barang mereka.
Tahun 1600, British East India Company sebuah perusahaan dagang
yang baru dibentuk mendirikan cabang - cabang luar negeri di Asia. Pada
saat yang sama, sejumlah perusahaan Belanda yang dibentuk tahun 1590
membuka rute - rute perjalanan ke timur untuk membentuk Dute East India
Company dan juga membuka kantor - kantor caban di Asia. Para pedagang
kolonial Amerika mulai beroperasi dengan model yang sama pada tahun
1700-an.
Kekuatan yang mendasari bisnis
internasional ( BI ) berorientasi pada managemen oriented. Orientasi
adalah asumsi atau keyakinan yang sering kali tidak disadari mengenai
sifat dunia ini. Dalam hal ini, ada tiga orientasi yang menjadi pedoman
dalam BI, yaitu etnosentris, polisentris, dan geosentris yang kemudian
diperluas menjadi regionsentris.
Baca MODUL Lainnya :
- ADPU4431 - Perilaku Organisasi
Baca MODUL Lainnya :
- ADPU4431 - Perilaku Organisasi