Tuesday, June 13, 2017

ADBI4432 - Bisnis Internasional

ADBI4432 - Bisnis Internasional

ADBI4432 - BISNIS INTERNASIONAL
Ratih Purbasari, M.S.M



RANGKUMAN

Modul 1

Karakteristik Bisnis Internasional 


Kegiatan Belajar 1

Konsep Dasar Bisnis Internasional

          Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat membawa dampak pada kemajuan bidang komunikasi, transportasi, dan informasi. Seiring dengan kondisi tersebut, jumlah penduduk dunia terus bertambah, sedangkan sumber - sumber alam atau faktor - faktor produksi cenderung terbatas. Setiap negara memiliki keterbatasan dan kelebihan sehingga mendorong aktivitas bisnis yang ada pada suatu negara untuk melakukan ekspansi ke luar negeri. Bisnis domestik yang selama ini dilakukan oleh perusahaan - perusahaan nasional mulai ditinggalkan untuk beranjak ke bisnis yang berskala internasional atau dengan kata lain perusahaan mulai terlibat dalam bisnis internasional.         
        Bisnis internasional sebagai sebuah disiplin memang relatif baru, tetapi bisnis internasional sebagai praktik bisnis telah berlangsung sangat lama. Bahkan sebelum Masehi, pedagang - pedagang Venesia dan Yunani mengirim wakil - wakil ke luar negeri untuk menjual barang - barang mereka.
          Tahun 1600, British East India Company sebuah perusahaan dagang yang baru dibentuk mendirikan cabang - cabang luar negeri di Asia. Pada saat yang sama, sejumlah perusahaan Belanda yang dibentuk tahun 1590 membuka rute - rute perjalanan ke timur untuk membentuk Dute East India Company dan juga membuka kantor - kantor caban di Asia. Para pedagang kolonial Amerika mulai beroperasi dengan model yang sama pada tahun 1700-an.
          Kekuatan yang mendasari bisnis internasional ( BI ) berorientasi pada managemen oriented. Orientasi adalah asumsi atau keyakinan yang sering kali tidak disadari mengenai sifat dunia ini. Dalam hal ini, ada tiga orientasi yang menjadi pedoman dalam BI, yaitu etnosentris, polisentris, dan geosentris yang kemudian diperluas menjadi regionsentris.


Baca MODUL Lainnya :

- ADPU4431 - Perilaku Organisasi