Tuesday, June 13, 2017

ADPU4431 - Perilaku Organisasi

ADPU4431 - Perilaku Organisasi

ADPU4431 - PERILAKU ORGANISASI


 

RANGKUMAN 

Modul 1
Karakteristik dan Perilaku Manusia 



Kegiatan Belajar 1

Karakteristik dan Hakikat Manusia
          
          Unsur manusia adalah unsur yang paling vital di dalam organisasi. Ia dapat menggagalkan dan mendukung keberhasilan usaha pencapaian tujuan organisasi. Hal ini disebabkan oleh sifat yang unik dalam diri manusia.
          Manusia memiliki perbedaan masing - masing, yang disebabkan oleh adanya perbedaan kemampuan, latar belakang, aspirasi, dan lain - lain. Motivasi kerjanya juga sangat bergantung pada perbedaan - perbedaan yang khas tersebut. Oleh sebab itu, kita perlu memandang manusia secara menyeluruh, utuh, dan dalam integritas pribadi.





Kegiatan Belajar 2

Sikap dan Perilaku
          
        Sedikitnya ada tiga pendekatan yang dapat digunakan untuk memahami perilaku manusia, yaitu pendekatan kognitif, pendekatan kepuasan, dan pendekatan psikoanalisis.
          Pendekatan kognitif memanfaatkan munculnya perilaku sebagai jawaban ( respons ) dari adanya rangsangan ( stimulus ) yang diterima orang - orang. Pendekatan kepuasan menunjukkan bahwa seseorang akan merasa puas apabila kebutuhannya dapat terpenuhi, dan pekerjaan yang diterimanya menarik dan menantang kemampuannya.
          Dari pendekatan psikoanalisis, diketahui ada tiga unsur yang dapat menyebabkan perilaku seseorang, yaitu id, ego, dan super ego yang masing - masing dapat saling bertentangan. Id merupakan unsur yang menyebabkan munculnya perilaku tanpa mempedulikan unsur yang lain. Akan tetapi, dua unsur yang lain juga dapat saling mendukung atau saling menolak terhadap keinginan id. Interaksi ketiga unsur tersebut mengakibatkan munculnya perilaku tertentu.


Baca MODUL Lainnya :

- EKMA4111 - Pengantar Bisnis