Thursday, April 6, 2017

EKMA4366 - Pengembangan SDM

EKMA4366 - Pengembangan SDM

EKMA4366 - PENGEMBANGAN SDM
Dr. Adie. Yusuf, M.A.



RANGKUMAN


MODUL 1

Konsep Pengembangan SDM




Kegiatan Belajar 1

Pengertian Pengembangan SDM
 
          Kegiatan Belajar 1 dari Modul 1 ini menjelaskan mengenai pengertian pengembangan SDM. Pengembangan SDM adalah proses untuk mengembangkan potensi dan kemampuan individual dan kelompok serta organisasional melalui pelatihan dan pengembangan, pengembangan organisasi, pengembangan karier serta pengelolaan perubahan dengan tujuan untuk meningkatkan produktivitas, kualitas, dan inovasi serta perubahan.
         Pelatihan dan pengembangan merupakan proses yang sistematik untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan karyawan dalam bekerja yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi serta keahlian dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas kinerja. Dalam pelatihan dan pengembangan karyawan lebih difokuskan kepada pelatihan dibandingkan dengan pengembangan, dan juga dalam pelatihan lebih difokuskan kepada pegawai baru dan keterampilan terkini.


Kegiatan Belajar 2

Tujuan, Proses, dan Konteks Pengembangan SDM

          Tujuan pengembangan SDM adalah mendorong dan mempercepat pendayagunaan SDM melalui kebijakan yang jelas dan kohesif dalam bidang pendidikan, pelatihan dan kesehatan serta ketenagakerjaan pada semua jenjang baik skala organisasi maupun skala nasional. Sedangkan tujuan manajemen SDM adalah untuk memaksimalkan tingkat investasi dari modal utama organisasi ( human capital ) dan meminimalkan risiko finansial. Hal ini merupakan tanggungjawab manajer SDM dalam konteks organisasi untuk melakukan secara efektif, legal, adil dan konsisten. Upaya pengembangan SDM perlu memperhatikan tren utama, tanggapan individu, metode rekrutmen, kerangka kerja, struktur, dan pelatihan.


 

Kegiatan Belajar 3

Studi Kasus Pengembangan SDM

          Berdasarkan studi kasus dapat disimpulkan bahwa keberhasilan organisasi dalam jangka panjang bukan ditentukan oleh modal, teknologi dan infrastruktur, melainkan ditentukan oleh faktor - faktor intangible seperti merek, kepuasan pelanggan, perbaikan proses berkelanjutan, karyawan inovatif.
          Proses review pelatihan dan pengembangan adalah partisipasi semua pihak seperti individu karyawan, manajer dan ahli pelatihan dalam proses review. Hal ini menunjukkan bahwa pertimbangan profesional dari staf pelatihan yang selaras dengan kebutuhan operasional perusahaan yang telah ditetapkan.


 

Tes Formatif 3

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat ! 

1. Keunggulan kompetitif Canon sehingga tetap bertahan .....
A. Membentuk task force
B. Mengidentifikasi kompetensi inti
C. Melahirkan karyawan yang inovatif
D. Memiliki modal dan teknologi

2. Faktor penentu keberhasilan perusahaan Canon terutama di bidang pengembangan SDM .....
A. Menciptakan system pengembangan kompetensi internal
B. Bergerak menjadi organisasi pebelajar
C. Memanfaatkan secara optimal pengetahuan, keterampilan dan pengalaman individu
D. Semua jawaban di atas benar

3. Manajemen perusahaan Bosch mengukur kontribusi pelatihan terhadap kinerja individu dan organisasi dengan cara .....
A. Proses review kinerja dan gaji
B. Mereview prestasi kerja dan kinerja serta mengajukan perbaikan gaji yang memadai
C. Proses review pelatihan dan pengembangan
D. Semua jawaban benar

4. Keberhasilan organisasi dalam jangka panjang ditentukan oleh .....
A. Modal
B. Teknologi
C. Infrastruktur
D. Faktor intangible

5. Proses review pada pelatihan dan pengembangan melibatkan .....
A. Individu karyawan
B. Manajer
C. Profesional PSDM
D. Semua pihak yang disebutkan di atas