Tuesday, March 28, 2017

ESPA4228 - Ekonomi Publik

ESPA4228 - Ekonomi Publik

ESPA4228 - EKONOMI PUBLIK



RANGKUMAN

MODUL 1

Pengertian dan Ruang Lingkup Ekonomi Publik



Kegiatan Belajar 1

Peranan Pemerintah dalam Perekonomian

1. Ilmu Ekonomi Publik adalah cabang Ilmu Ekonomi yang menelaah masalah - masalah ekonomi khalayak ramai (publik/masyarakat, pemerintah/negara) seperti kebijakan subsidi/pajak, regulasi/deregulasi, nasionalisasi/privatisasi, sistem jaminan sosial, ketahanan pangan, kebijakan teknologi, pertahanan dan keamanan, pendidikan, kesehatan, dan sebagainya.

2. Menurut Montesqieu, kekuasaan negara dapat dipisahkan menjadi kekuasaan legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Dalam prakteknya, kekuasaan eksekutif (pemerintah, yaitu presiden dan para pembantunya) lazimnya paling berpengaruh terhadap suatu perekonomian.

3. Peranan pemerintah dalam perekonomian antara lain :
a. menetapkan kerangka hukum (legal framework) yang melandasi suatu perekonomian.
b. mengatur/meregulasi perekonomian dengan alat subsidi dan pajak.
c. memproduksi komoditas tertentu dan menyediakan berbagai fasilitas seperti kredit, penjaminan simpanan, dan asuransi.
d. membeli komoditas tertentu termasuk yang dihasilkan oleh perusahaan swasta, misalnya persenjataan.
e. meredistribusikan (membagi ulang) pendapatan dari suatu kelompok ke kelompok lainnya, dan
f. menyelenggarakan sistem jaminan sosial, misalnya memelihara anak - anak terlantar, menyantuni fakir miskin, dan sebagainya.



Kegiatan Belajar 2

Beberapa Landasan Ekonomi Publik
  1. Masalah kunci perekonomian adalah masalah mikro (distribusi produksi, alokasi konsumsi) dan masalah makro (pengangguran, inflasi, kapasitas produksi, pertumbuhan).
  2. Sistem perekonomian berkaitan dengan siapa (pemerintah atau bukan) atau bagaimana keputusan ekonomi diambil (melalui perencanaan terpusat atau mekanisme harga).
  3. Pandangan - pandangan tentang peran pemerintah dalam perekonomian semakin konvergen (cenderung mendekat satu, terhadap yang lain), yakni secara umum swasta harus mengambil peran utama dalam pasar. Namun bila terjadi kegagalan pasar dan pemerintah berpotensi dapat memperbaiki kegagalan tersebut sepanjang diyakini bahwa memang mampu.
  4. Pendekatan ilmiah menjamin kesimpulan yang ditarik dari suatu analisis bersifat sahih.
  5. Analisis sektor publik terdiri dari empat tahap, yakni deskripsi kegiatan pemerintah dalam perekonomian, telaahan konsekuensi dari penerapan kebijakan tersebut, tinjauan atas kriteria keberhasilan keputusan publik, dan evaluasi atas proses politik yang mengarah pada pengambilan keputusan tentang kebijakan publik.

Baca MODUL Lainnya : 

- ESPA4229 - Ekonomi Pembengunan