Saturday, March 18, 2017

ESPA4122 - Matematika Ekonomi

ESPA4122 - Matematika Ekonomi

ESPA4122 - MATEMATIKA EKONOMI



RANGKUMAN

MODUL 1

Himpunan dan Sistem Bilangan




Kegiatan Belajar 1

Himpunan

          Himpunan adalah suatu daftar dari sekumpulan benda - banda yang mempunyai sifat - sifat tertentu. Himpunan A dikatakan sama dengan himpunan B jika keduanya mempunyai anggota yang sama. Setiap anggota suatu himpunan dapat menjadi anggota himpunan lainnya dan himpunan itu disebut himpunan bagian sejati dari suatu himpunan tertentu. Himpunan yang memuat seluruh anggota yang ada disebut himpunan semesta.
          Hubungan antara suatu himpunan dengan himpunan lain, dapat ditunjukkan oleh dua diagram Venn atau dengan diagram garis. Gabungan (union) dari dua himpunan atau lebih merupakan suatu himpunan yang anggotanya adalah semua anggota yang ada di kedua atau lebih himpunan tersebut. Irisan (interseksi) antara dua himpunan adalah suatu himpunan yang anggotanya merupakan anggota di kedua himpunan tersebut. Selisih dua himpunan adalah suatu himpunan yang anggotanya merupakan anggota salah satu dari himpunan tersebut. Komplemen suatu himpunan adalah suatu himpunan yang anggotanya merupakan selisih antara himpunan semesta dan himpunan tersebut.
          Himpunan urut adalah suatu himpunan yang urutan - urutan anggotannya tertentu. Bila himpunan urut mempunyai dua anggota dan satu anggota dinyatakan sebagai nomor satu dan yang lain dinyatakan sebagai nomor dua maka himpunan tersebut dinamakan pasangan urut.


Baca MODUL Lainnya :

- ESPA4123 - Statistika Ekonomi