Saturday, March 18, 2017

ESPA4220 - Teori Ekonomi Makro

ESPA4220 - Teori Ekonomi Makro

ESPA4220 - TEORI EKONOMI MAKRO
Rina Oktaviani, Ph.D.
Tanti Novianti, S.P., M.Si.


RANGKUMAN

MODUL 1
Ekonomi Makro



Kegiatan Belajar 1

Konsep Ekonomi Makro
  1. Ekonomi makro adalah studi tentang perekonomian secara menyeluruh, meliputi pertumbuhan dalam pendapatan, perubahan dalam harga, dan tingkat pengangguran.
  2. Untuk memahami perekonomian, para ekonom menggunakan model, yaitu teori yang menyederhanakan realitas untuk menunjukkan bagaimana variabel eksogen  mempengaruhi variabel endogen.
  3. Ciri penting sebuah model perekonomian adalah apakah model tersebut mengasumsikan harga fleksibel atau kaku. Model-model dengan harga fleksibel menjelaskan perekonomian dalam jangka panjang, sedangkan model-model dengan harga kaku memberikan penjelasan tentang perekonomian dalam jangka pendek.
  4. Ekonomi mikro adalah studi tentang bagaimana perusahaan dan rumah tangga individu saling berinteraksi dan membuat keputusan. Karena peristiwa-peristiwa ekonomi makro muncul dari interaksi ekonomi mikro, maka dapat dikatakan teori ekonomi makro berdiri di atas pondasi ekonomi mikro. 



Tes Formatif 1

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1). Di antara pernyataan di bawah ini berkaitan dengan ekonomi makro adalah .....
A. menurunnya pendapatan dan meningkatnya tingkat pengangguran akan meningkatkan kemiskinan di suatu negara 
B. setiap perusahaan akan berusaha memaksimalkan keuntungan
C. setiap individu akan berusaha memaksimalkan kepuasan
D. pemerinyah akan melakukan operasi terbuka jika terjadi excess supply

2). Manakah di antara pernyataan berikut yang benar ?
A. suatu model menggambarkan esensi dari objek nyata yang dirancang mirip dengan aslinya
B. suatu model menunjukkan hubungan antara variabel eksogen dengan variabel endogen
C. para ekonomi menggunakan model yang berupa persamaan matematis maupun grafik untuk memahami dunia
D. model adalah penjelasan teoritis dari suatu fenomena yang terjadi

3). Yang dimaksud dengan resesi adalah .....
A. periode menurunnya harga
B. periode meningkatnya harga
C. periode meningkatnya output (PDB) 
D. periode menurunya output (PDB)

4). Asumsi harga yang digunakan dalam perekonomian jangka pendek adalah harga .....
A. kaku (sticky)
B. fleksibel
C. meningkat
D. menurun

5). Manakah di antara pernyataan berikut yang benar ?
A. Variabel endogen adalah variabel-variabel yang akan dijelaskan sebuah model
B. Variabel eksogen adalah variabel-variabel yang akan dijelaskan sebuah model
C. Variabel endogen adalah variabel-variabel yang nilainya ditentukan di luar model
D. Model menunjukkan bagaimana perubahan dalam variabel endogen mempengaruhi variabel eksogen




Kegiatan Belajar 2

Pasar dalam Ekonomi Makro : Pasar Tenaga Kerja, Pasar Komoditas, Pasar Uang, dan Pasar Bursa
  1. Permintaan tenaga kerja berasal dari perusahaan yang menunjukkan jumlah maksimum tenaga kerja di mana seorang pengusaha bersedia untuk mempekerjakannya pada setiap kemungkinan tingkat upah dalam jangka waktu tertentu. Penawaran tenaga kerja merupakan jumlah maksimum tenaga kerja yang tersedia yang siap untuk bekerja di perusahaan pada setiap kemungkinan tingkat upah dalam jangka waktu tertentu.
  2. Tenaga kerja merupakan salah satu input/faktor yang digunakan dalam kegiatan produksi bersama input lainnya (modal) untuk menghasilkan komoditas (barang/jasa). Hubungan input dengan output ini digambarkan dalam bentuk fungsi produksi.
  3. Penawaran komoditas di pasar berasal dari perusahaan yang menghasilkan komoditas tersebut. Dalam jangka pendek jumlah komoditas yang ditawarkan di pasar tergantung pada input yang digunakan (tenaga kerja dan modal). Namun dengan asumsi jangka pendek, maka komoditas yang dihasilkan akan sangat tergantung pada jumlah tenaga kerja yang digunakan karena modal diasumsikan konstan. Sementara permintaan komoditas di pasar dipengaruhi oleh permintaan yang berasal dari rumah tangga (konsumsi), permintaan yang berasal dari perusahaan (investasi), permintaan yang berasal dari pemerintah (G) dan ekspor bersih (X-M).
  4. Pasar keuangan meliputi pasar uang dan pasar modal. Pasar uang merupakan pasar surat berharga dalam jangka pendek di mana yang diperjualbelikan adalah Sertifikat Bank Indonesia (SBI), Surat Berharga Pasar Uang (SBPU), Treasury Bills, dan lainnya. Sementara pasar modal merupakan pasar yang memperjualbelikan instrumen keuangan jangka panjang seperti saham, obligasi, right, dan lainnya.



Kegiatan Belajar 3

Pelaku Ekonomi : Rumah Tangga, Perusahaan, dan Pemerintah dan Alur Sirkular dalam Kegiatan Perekonomian serta Pengukuran Kegiatan Perekonomian
  1. Pelaku utama dalam kegiatan perekonomian suatu negara terdiri dari rumah tangga, perusahaan dan pemerintah. Rumah tangga merupakan unit terkecil dari kegiatan konsumsi dengan ciri sebagai pemilik utama faktor produksi tenaga kerja yang bertujuan memaksimumkan kepuasan. Perusahaan merupakan unit terkecil dari kegiatan produksi dengan ciri sebagai pengguna utama faktor produksi tenaga kerja yang bertujuan memaksimumkan keuntungan (profit).
  2. Dalam kegiatan perekonomian, kelompok rumah tangga melakukan kegiatan-kegiatan berupa: menerima penghasilan berupa upah dari para produsen sebagai kompensasi penjualan tenaga kerjanya, deviden  dari menyewakan kepemilikan faktor produksi lainnya (lahan/modal), menerima penghasilan dari lembaga keuangan berupa bunga atas simpanan-simpanan mereka, membelanjakan penghasilannya di pasar produk/barang, menyisihkan sisa dari penghasilan tersebut untuk di tabung di lembaga keuangan, dan membayar pajak kepada pemerintah.
  3. Dalam kegiatan perekonomian kelompok perusahaan (produsen) melakukan kegiatan-kegiatan berupa produksi dan menjual barang-barang/jasa-jasa, menyewa/menggunakan faktor-faktor produksi yang dimiliki kelompok rumah tangga dalam kegiatan produksinya, menentukan pembelian barang-barang modal dan stok (selaku investor di pasar barang), meminta kredit dari lembaga keuangan untuk membiayai investasi, dan membayar pajak.
  4. Kelompok lembaga keuangan mencakup semua bank-bank dan lembaga keuangan lainnya dengan kegiatan menerima simpanan dari rumah tangga dan menyediakan kredit bagi rumah tangga maupun perusahaan.
  5. Kelompok pemerintah melakukan kegiatan-kegiatan berupa menarik/menerima pajak dari rumah tangga dan perusahaan dan membelanjakan penerimaan negara untuk membeli barang-barang/jasa untuk kebutuhan negara.
  6. NNP adalah GNP dikurangi dengan penyusutan. Personal Income (PI) adalah nilai pendapatan yang diperoleh/dibayarkan pada individu sebelum dikurangi pajak perseorangan (personal tax=PT). Sedangkan Disposable Income (DI) adalah nilai pendapatan rumah tangga yang siap dibelanjakan atau di tabung. Disposable Income (DI) dapat dihitung sebagai PI dikurangi PT.
      
BERIKUTNYA :