Friday, November 9, 2018

Modul 4 : ESPA4227 - Ekonomi Moneter


ESPA4227 - EKONOMI MONETER



RANGKUMAN

MODUL 4

Teori Penawaran Uang



Kegiatan Belajar 1

Teori Penawaran Uang

          Penawaran uang merupakan jumlah uang yang tersedia dalam suatu perekonomian atau jumlah uang yang beredar ( JUB ] di masyarakat, konsep penawaran uang terkait dengan kebijakan moneter yaitu kebijakan yang bertujuan untuk mengatur jumlah uang yang beredar. Dengan demikian penawaran uang dikendalikan sepenuhnya oleh bank sentral. Perubahan jumlah uang yang beredar secara garis besar dipengaruhi oleh uang inti dan pelipat uang ( multiplier ]. Besarnya uang inti sangat tergantung pada kebijakan - kebijakan yang ditentukan oleh bank sentral, Pelipat uang, selain dipengaruhi oleh perilaku bank sentral juga ditentukan oleh perilaku agen - agen ekonomi lainnya seperti bank umum dan masyarakat domestik.
          Teori - teori lama tentang jumlah uang beredar sangat sederhana dan menganggap seakan akan perbankan tidak ada. Teori yang sederhana adalah gambaran dari sistem standar emas, yang salah satunya memiliki fungsi sebagai alat pembayaran. Salah satu cara untuk menurunkan jumlah uang beredar adalah mengirim emas keluar negeri untuk menutup defisit neraca pembayaran. Emas digunakan untuk membayar barang - barang yang di impor yang jumlahnya lebih besar daripada nilai barang - barang yang di ekspor atau karena industri - industri yang menggunakan emas dalam proses produksinya.
          Dalam perekonomian modern, sumber dari terciptanya uang beredar adalah otoritas moneter ( pemerintah dan bank sentral ] serta lembaga keuangan. Otoritas moneter merupakan pemasok uang inti dan uang primer, sedangkan lembaga keuangan ( perbankan ] merupakan pemasok uang sekunder masyarakat.



Tes Formatif 1

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1]. Jumlah uang yang tersedia dalam suatu perekonomian atau jumlah uang yang beredar di masyarakat disebut .....
A. Permintaan uang
B. Penawaran uang
C. Money multiplier
D. Transaksi uang

2]. Di Indonesia, jumlah uang beredar dikendalikan sepenuhnya oleh .....
A. Menteri keuangan
B. Pemerintah
C. Bank Indonesia
D. Bank - bang umum

3]. Beberapa teori lama Klasik yang menganggap peran perbankan tidak ada, antara lain dikemukakan oleh .....
A. Milton Friedman
B. Keynes
C. Irving Fisher
D. Laidler

4]. Dalam perekonomian modern, sumber dari terciptanya uang beredar adalah .....
A. Otoritas moneter
B. DPR
C. Presiden
D. Bank swasta

5]. Perubahan jumlah uang yang beredar secara garis besar dipengaruhi oleh .....
A. Peraturan pemerintah
B. Pemerintah masyarakat
C. Inflasi
D. Uang inti dan pelipat uang



Kegiatan Belajar 2

Ekonomi Sisi Penawaran

          Ekonomi sisi penawaran atau yang dikenal dengan supply side economics adalah analisis efek kebijakan pemerintah terhadap output dalam perekonomian. Ide dasarnya adalah hubungan antara kebijakan dengan jumlah output ( supply ]. Ide ini sangat berbeda dengan ekonomi Keynes yang lebih menitikberatkan sisi permintaan ( demand side ekonomics ]. Output menurut mereka ( supply side ] adalah kapasitas menghasilkan output bukan output riil ( actual output ] sebab kita ingin membedakan antara efek terhadap permintaan dan penawaran dari kebijakan pemerintah, baik moneter maupun fiskal.
          Cadangan wajib yang disebut cash ratio adalah bagian dari dana deposito atau tabungan masyarakat yang disisihkan dan disimpan oleh bank umum di bank sentral. Cash ratio dapat juga diartikan persentase dana yang dijadikan cadangan wajib di bank umum. Tujuan dari cadangan wajib adalah untuk menjaga kestabilan bank dan kepercayaan nasabah - nasabahnya. Bila perekonomian dalam keadaan resesi, cash ratio diturunkan agar jumlah uang beredar bertambah dan dapat meningkatkan kegiatan ekonomi.
          Bank sentral dapat menurunkan atau meningkatkan tingkat diskonto untuk mendorong atau mencegah bank umum untuk meminjam, yang akhirnya mempengaruhi cadangan dan jumlah uang beredar. Tingkat diskonto yang lebih rendah akan menurunkan biaya peminjaman, sehingga mendorong bank untuk meminjamkan cadangan dari bank sentral. Cadangan bank yang lebih tinggi biasanya mengakibatkan peminjaman bank yang lebih banyak juga, sehingga jumlah uang beredar meningkat. Di sisi lain, tingkat diskonto yang lebih tinggi meningkatkan biaya peminjaman cadangan dari bank sentral, sehingga mengakibatkan penurunan peminjaman bank umum dan bank sentral dan kemudian penurunan jumlah uang beredar.



Tes Formatif 2

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1]. Analisis efek kebijakan pemerintah terhadap output dalam perekonomian disebut .....
A. Ekonomi sisi penawaran
B. Ekonomi sisi permintaan
C. Kebijakan fiskal
D. Kebijakan moneter

2]. Kebijakan pemerintah yang bisa menaikkan output adalah .....
A. Peningkatan pajak
B. Ekspansi moneter
C. Kebijakan fiskal
D. Sanering

3]. Efek penawaran dari penurunan pajak penghasilan berupa kenaikan dalam produktivitas dan jam kerja sehingga menyebabkan .....
A. Penawaran agregat naik
B. Penawaran agregat turun
C. Penurunan kurva permintaan
D. Peningkatan kurva permintaan

4]. Pergeseran kurva penawaran agregat ke kanan bawah akan menyebabkan .....
A, Inflasi naik
B. Inflasi turun
C. Output naik
D. Output turun

5]. Bagian dari dana deposito atau tabungan masyarakat yang disisihkan dan disimpan oleh bank umum di bank sentral disebut .....
A. Legal lending limit
B. Non performing loan
C. Cash ratio
D. Uang kartal  


Baca Modul Berikutnya :

- Modul 5 : ESPA4227 - Ekonomi Moneter