Friday, November 9, 2018

Modul 3 : ESPA4227 - Ekonomi Moneter


ESPA4227 - EKONOMI MONETER



RANGKUMAN

MODUL 3

Teori Permintaan Uang



Kegiatan Belajar 1

Teori Permintaan Uang Klasik dan Keynes

          Pandangan Klasik tentang faktor yang menentukan permintaan uang dapat dijelaskan dengan menggunakan teori kuantitas ( quantity theory ] dan teori sisa kas ( cash-balance theory ]. Pada mulanya teori ini tidak dimaksudkan untuk menjelaskan mengapa seseorang masyarakat menyimpan uang kas, tetapi lebih pada peranan uang. Ada dua pandangan Klasik, pertama teori kuantitas uang Fisher dan kedua cash balance theory yang dikembangkan Marshal dan Pigou. Secara sederhana Irving Fisher merumuskan teori kuantitas uang sebagai berikut.
MV = PT
Dimana M adalah jumlah uang dalam perekonomian, V merupakan velositas ( kecepatan ] transaksi dari uang yang merupakan rata - rata waktu satu unit uang berpindah tangan untuk satu periode waktu tertentu. T merupakan volume transaksi dan P adalah tingkat harga.
          Pandangan Klasik yang kedua adalah teori cash-balance theory yang dikembangkan oleh A. Marshall dan A.C Pigou dari Cambridge University. Teori ini pada dasarnya sama dengan teori kuantitas uang, namun cara pendekatannya sangat berbeda. Dalam teori ini tidak menekankan pada hubungan antara penawaran uang dan tingkat harga. Akan tetapi yang ditekankan adalah mengenai tujuan masyarakat dalam permintaan uang dan bagaimana faktor ini menentukan jumlah uang yang diperlukan masyarakat. Marshall berpendapat bahwa tujuan memegang uang adalah untuk membiayai transaksi yang dilakukan. Seterusnya Pigou menambah alasan lain dari masyarakat memegang uang yaitu untuk berjaga - jaga.
           Teori permintaan uang dari Keynes merupakan bagian dari teori makro yang dituangkan dalam bukunya The General Theory of Employment, Interest and Money. Pada teori ini Keynes mengemukakan suatu yang berbeda dengan teori permintaan uang tradisi klasik. Perbedaan tersebut terletak pada penekanan oleh Keynes pada fungsi uang yang lain yaitu sebagai penyimpan kekayaan ( store of value ] dan bukan hanya sebagai alat transaksi saja ( means of exchange } saja.
          Pada garis besarnya, pendekatan Keynes dapat dipandang sebagai perkembangan lebih lanjut dari aspek - aspek ketidakpastian ( uncertainty ] dan asa ( expectation ] dari pendekatan Cambridge. Namun demikian, Keynes hanya memusatkan perhatiannya pada satu variabel yaitu suku bunga. Variabel ini merupakan variabel yang sangat penting bila kita membicarakan teori permintaan uang Keynes khususnya motif spekulasi dari pemegang uang.



Tes Formatif 1

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1]. Faktor - faktor yang menetukan permintaan uang dapat dijelaskan dengan menggunakan teori .....
A. Kuantitas uang
B. Kesejahteraan
C. Penawaran uang
D. Keuangan

2]. Teori permintaan uang dari Keynes merupakan bagian dari teori makro yang dituangkan dalam bukunya .....
A. The Wealth of Nations
B. Cash-balance theory
C. Natural rate of Unemployment
D. The General Theory of Employment, Interest and Money

3]. Dalam teori kuantitas uang Fisher MV = PT. V merupakan .....
A. Jumlah uang dalam perekonomian
B. Kecepatan transaksi dari uang
C. Volume transaksi
D. Tingkat harga

4]. Pendekatan Keynes dapat dipandang sebagai perkembangan lebih lanjut dari aspek .....
A. Keuangan
B. Ketidakpastian
C. Nilai tukar
D. Kebutuhan

5]. Jika suku bunga diharapkan naik, maka pemilik kekayaan akan lebih suka untuk .....
A. Membeli obligasi
B. Membeli saham
C. Memegang uang tunai
D. Menyimpan emas



Kegiatan Belajar 2

Perkembangan Teori Permintaan Uang

          Friedman menyatakan bahwa teori kuantitas adalah teori tentang permintaan uang bukan teori tentang penentuan produk, pendapatan maupun harga uang merupakan salah satu bentuk kekayaan yang produktif sehingga dapat dikatakan sebagai teori tentang modal ( capital theory ].
          Friedman mendefinisikan kekayaan sebagai segala sesuatu yang menjadi sumber pendapatan. Sumber tersebut adalah manusia itu sendiri, termasuk skill atau kecakapannya, surat berharga, tanah, perhiasan dan lain - lainnya. Dari sudut pandang ini maka tingkat bunga menunjukkan hubungan antara jumlah atau cadangan kekayaan dengan aliran pendapatannya. Adanya aliran pendapatan ini akan mendasari kepuasan pemilik kekayaan. Kepuasan maksimum dapat dicapai apabila tingkat substitusi antara satu bentuk kekayaan yang lain sama dengan tingkat substitusi yang diinginkan ( Nopirin, 2o1o ].
          Sumbangan yang penting dari Friedman dalam analisis ekonomi adalah konsepnya mengenai kekayaan ( wealth ]. Menurutnya, kekayaan terdiri dari kekayaan manusiawi ( human wealth ]. Kekayaan manusiawi merupakan tenaga kerja seseorang yang dimasa yang akan datang potensial dapat menghasilkan aliran pendapatan, sedangkan kekayaan bukan manusiawi adalah semua aktiva yang dimiliki seseorang atau lebih dikenal dengan kekayaan. Kedua macam kekayaan ini dapat menentukan garis atau kendala anggaran ( budget constrain ] bagi si pemilik kekayaan, dan dengan sendirinya akan menetukan pula besarnya jumlah uang yang dapat dipegangnya.



Tes Formatif 2

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1]. Konsep penting dari teori permintaan Friedman dalam analisis ekonomi adalah .....
A. Kesejahteraan
B. Kekayaan
C. Tabungan
D. Anggaran

2]. Menurutnya teori permintaan uang Friedman, kekayaan terdiri dari .....
A. Manusiawi dan bukan manusiawi
B. Natural dan buatan
C. Suku bunga dan tabungan
D. Pendapatan dan utang

3]. Dalam ekonomi Islam tidak mengenal permintaan uang untuk tujuan .....
A. Transaksi
B. Jaga - jaga
C. Spekulasi
D. Utang

4]. Permintaan uang dalam ekonomi Islam berhubungan erat dengan .....
A. Suku bunga
B. Tabungan
C. Utang
D. Pendapatan

5]. Permintaan uang dalam ekonomi Islam ditujukan untuk .....
A. Spekulasi
B. Penimbun kekayaan
C. Transaksi
D. Aktualisasi diri       



Baca Modul Berikutnya :