Tuesday, October 3, 2017

Modul 3 : EKMA4369 - Manajemen Operasi Jasa

Modul 3 : EKMA4369 - Manajemen Operasi Jasa

EKMA4369 - MANAJEMEN OPERASI JASA



RANGKUMAN

MODUL 3

Strategi Operasi Jasa



Kegiatan Belajar 1

Strategi Fungsional
  1. Strategi operasi diturunkan dari strategi perusahaan, lingkungan dan industri, dan sumber daya organisasi. Strategi perusahaan biasanya mengarah pada efisiensi, kualitas, fleksibilitas, dan ketergantungan menjadi misi operasi. Strategi operasi tersebut kemudian diturunkan menjadi berbagai kegiatan operasional baik untuk pelayanan maupun pemanufakturan.
  2. Seperti halnya strategi operasi secara keseluruhan, strategi pelayanan juga meliputi kepemimpinan biaya, fokus, dan diferensiasi. 
  3. Strategi operasi diaturkan menjadi sepuluh keputusan oerasional, yaitu desain produk dan jasa, kualitas, desain proses dan kapasitas, pemilihan lokasi, desain tata letak, sumber daya manusia, manajemen rantai pasokan, persediaan, penjadwalan, dan pemeliharaan dan perawatan.
  4. Strategi operasi digunakan untuk mengetahui apa yang akan dicapai di masa akhirnya, dan membantu mendefinisikan karakter organisasi tersebut. Strategi operasi sulit disusun karena berbagai hal, seperti hambatan masuk yang rendah, kesempatan minimal dalam skala ekonomi, adanya fluktuasi pelayanan, loyalitas pelanggan, mudahnyadisubstitusi, dan sebagainya. 


Kegiatan Belajar 2

Strategi Operasi Jasa
  1. Strategi operasi jasa didukung oleh fleksibilitas pelayanan dan fleksibilitas sistem operasi pelayanan yang mencakup fleksibilitas operasi, lingkungan kerja, kekuatan kerja, dan struktural. Berbagai dimensi dan ukuran fleksibilitas pelayanan dipaparkan pada Tabel 3.2.
  2. Strategi operasi disusun dengan memperhatikan pelanggan, sehingga perlu digunakan alat QFD, sedangkan pengambilan keputusan dilakukan dengan teknik AHP karena mempertimbangkan berbagai hal yang perlu.
  3. Globalisasi juga melanda sektor jasa atau pelayanan yang diikuti dengan penyusunan strategi operasi pelayanan global ( lihat Tabel 3.3 )


BERIKUTNYA :