Monday, September 18, 2017

Modul 3 : ESPA4224 - Statistika Ekonomi dan Bisnis

Modul 3 : ESPA4224 - Statistika Ekonomi dan Bisnis

ESPA4224 - STATISTIKA EKONOMI DAN BISNIS



RANGKUMAN

MODUL 3

Regresi Berganda


Kegiatan Belajar 1

Model Regresi Linier Berganda
  1. Analisis regresi berganda adalah analisis bentuk hubungan dari satu variabel terikat dengan dua atau lebih variabel bebas. Pada dasarnya, analisis regresi berganda merupakan perluasan dari analisis regresi sederhana, yaitu menambah variabel penjelas menjadi dua atau lebih.
  2. Pada konteks regresi linier berganda, pada dasarnya ingin diketahui pengaruh individual variabel penjelas (misalkan X") terhadap variabel yang dijelaskan (Y) pada kondisi variabel - variabel penjelas lain (misal X"-X,.....,X) yang ada dalam model, tetapi besarnya dijaga tetap koefisien regresi yang diperoleh disebut sebagai koefisien regresi parsial. 



Kegiatan Belajar 2

Warna Sari Analisis Regresi
  1. Pada kasus regresi yang melibatkan banyak variabel bebas diperlukan jumlah observasi (ukuran sampel) yang memadai. Observasi yang diteliti kurang dari banyaknya variabel bebas akan menimbulkan permasalahan dalam menetukan derajat bebas dari error. Ukuran sampel (observasi) yang kecil akan menyebabkan kuadrat tengah error yang besar yang menjadikan peluang variabel bebas untuk berkontribusi secara signifikan pada variabel terikatnya menjadi semakin kecil.
  2. Pengubahan dimensi dari variabel bebas dapat memengaruhi nilai absolut dari koefisien regresinya meskipun tidak mengubah kesimpulannya.

BERIKUTNYA :