Monday, September 18, 2017

Modul 4: ESPA4224 - Statistika Ekonomi dan Bisnis

Modul 4: ESPA4224 - Statistika Ekonomi dan Bisnis

ESPA4224 - STATISTIKA EKONOMI DAN BISNIS



RANGKUMAN

MODUL 4

Inferensia Regresi OLS



Kegiatan Belajar 1

Pengujian Parameter Regresi dan Interval Kepercayaan
  1. Metode sidik ragam ( the analysis of variance ) memungkinkan kita memecah keragaman total menjadi beberapa komponen keragaman - keragaman penyebab.
  2. Informasi yang diperoleh dari daftar sidik ragam tersebut dapat digunakan untuk menguji kontribusi variasi variabel - variabel penjelas secara bersama - sama terhadap variabel respons. Pengujian dilakukan dengan menggunakan uji F. Pengujian ini sering kali dikenal dengan uji keberartian model.
  3. Koefisien regresi yang diduga dengan metode kuadrat terkecil adalah penduga yang akan memberikan jumlah kuadrat simpangan yang terkecil. Namun, bila pendugaan diulang dengan nilai X yang sama belum tentu didapatkan nilai Y yang sama. Oleh karena itu, penduga koefisien regresi yang diperoleh pun bisa jadi berbeda. Dengan kata lain, nilai penduga koefisien regresi mempunyai ragam.
  4. Nilai ragam untuk suatu variabel penjelas tertentu adalah nilai yang terletak pada diagonal utama matriks ragam penduga koefisien regresi, sedangkan nilai - nilai yang tidak berada pada diagonal utama adalah peragam ( covariance ). Nilai yang diperoleh tersebut berguna dalam penentuan interval kepercayaan dan pengujian nilai dari parameter regresi.
  5. Dalam konteks analisis regresi, pada dasarnya uji hipotesis bertujuan untuk menunjukkan pengaruh linier yang berarti ( signifikan ) dari masing - masing variabel penjelas (X) terhadap variabel yang dijelaskan (Y). Ada tidaknya pengaruh linier yang signifikan dari masing - masing variabel bebas (X) terhadap variabel tak bebas (Y) ditentukan oleh signifikansi dari parameter regresinya.
  6. Bila dari hasil uji hipotesis disimpulkan bahwa Bk tidak sama dengan nol, dapat dilakukan penelusuran lebih lanjut terhadap besarnya pengaruh perubahan satu unit X terhadap Y yang terkait dengan interval kepercayaan bagi Bk.



Kegiatan Belajar 2

Koefisien Determinasi Berganda

          Dalam analisis regresi berganda, koefisien determinasi mengukur proporsi atau persentase sumbangan variabel penjelas yang masuk dalam model terhadap variasi naik turunnya variabel Y secara bersama - sama. Dengan kata lain, koefisien determinasi menunjukkan ragam ( variasi ) naik turunnya Y yang diterangkan oleh pengaruh linier X ( berapa bagian dari total keragaman dalam variabel tak bebas Y yang dapat dijelaskan oleh beragamnya nilai - nilai yang diberikan setiap variabel penjelas X dalam model regresi ).


BERIKUTNYA :

- Modul 5 : ESPA4224 - Statistika Ekonomi dan Bisnis