Friday, August 25, 2017

Modul 4 : EKMA4116 - Manajemen


EKMA4116 - MANAJEMEN


RANGKUMAN

MODUL 4
Pengorganisasian




Kegiatan Belajar 1
Struktur Organisasi 

          Pengorganisasian merupakan fungsi perencanaan manajerial, yang dilaksanakan baik dalam lingkungan internal maupun eksternal organisasi. Pengorganisasian sebagai salah satu fungsi manajemen dapat diartikan sebagai suatu sistem kerja sama sekelompok orang yang dilakukan dengan pembidangan dan pembagian seluruh pekerjaan atau tugas, dengan membentuk sejumlah satuan kerja yang menghimpun pekerjaan sejenis dalam satu unit kerja.
          Untuk mengimplementasikan dan mengembangkan kerja sama antarkaryawan, organisasi membutuhkan aktualisasi dasar-dasar pengorganisasian yaitu : Asas kejelasan tujuan, pembagian kerja, kesatuan perintah, asas fleksibilitas organisasi, dan asas fungsional.
          Terbentuknya sebuah organisasi disebabkan oleh berbagai hal yang berbeda-beda. Macam organisasi dapat terbentuk berdasarkan proses pembentukannya, keterkaitan dengan pemerintah, berdasarkan ukuran organisasi, tujuan, bagan organisasi.
          Struktur organisasi adalah suatu sistem jaringan kerja terhadap tugas-tugas, sistem pelaporan, dan komunikasi yang menghubungkan secara bersama pekerjaan individual dan kelompok. Unsur-unsur struktur organisasi terdiri dari spesialisasi kerja, standarisasi kegiatan, koordinasi kegiatan, sentralisasi dan desentralisasi serta ukuran satuan kerja.
          Struktur organisasi ada dua macam, struktur organisasi formal dan struktur organisasi informal yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Struktur organisasi pun mempunyai tipe-tipe seperti organisasi lini, organisasi lini dan staf, organisasi fungsional, organisasi lini staf dan fungsional, organisasi proyek dan matriks.


Tes Formatif 1
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1. Adanya pembagian tugas dan tanggung jawab untuk setiap orang dalam sebuah organisasi menunjukkan bahwa .....
A. pembagian tugas dan pekerjaan adalah untuk tidak menentukan bentuk organisasi.
B. orang-orang yang akan melaksanakan pekerjaan sesuai dengan keinginan pimpinan.
C. kegiatan yang sama tidak akan dilakukan oleh semua karyawan.
D. fungsi manajemen harus dilaksanakan sesuai arahan pimpinan.

2. Selain memberikan deskripsi tentang pembagian dan pembidangan pekerjaan/tugas, maka struktur organisasi juga mendeskripsikan tentang .....
A. hubungan kerja sebagai suatu jaringan
B. prosedur kerja bawahan
C. proses memperbaiki kerja sama antara karyawan dengan pimpinan 
D. membentuk saluran komunikasi

3. Produk aktivitas setiap organisasi yang sedang membutuhkan pembidangan dan pembagian tugas adalah .....
A. kelompok kerja yang sama latar belakang kemampuannya
B. sejumlah tugas atau pekerjaan sejenis sebagai keragaman dalam satu-satuan atau unit kerja
C. bentuk suatu struktur organisasi yang terdiri dari unit atau satuan kerja
D. bobot wewenang dan tanggung jawab setiap manajer

4. Salah satu fungsi jejaring kerja eksternal (external network) adalah .....
A. mewakili organisasi ketika menjalankan tugasnya
B. menugaskan setiap unit tugas menjelaskan misi organisasi
C. membina hubungan dengan organisasi lain
D. membantu organisasi menjabarkan misi unit kerja kepada masyarakat

5. Dalam kehidupan globalisasi saat ini maka organisasi yang dinamis dan selalu siap. Organisasi yang ingin bertahan dan maju di saat dalam globalisasi harus mampu melakukan .....
A. dinamika kerja, tanggap terhadap perubahan, dan siap berkompetisi
B. kerja sama dengan negara lain
C. diversifikasi produk sesuai kebutuhan
D. persaingan bebas dengan setiap produk lain

6. Organisasi yang menuntut interaksi otoritas yang tegas dan hubungan struktural di dalam sebuah organisasi disebut dengan organisasi .....
A. formal
B. fungsional
C. kemasyarakatan
D. heterogen


Kegiatan Belajar 2
Pengkoordinasian

          Koordinasi merupakan suatu proses yang menghubungkan atau mengintegrasikan berbagai bagian dalam suatu organisasi agar tujuannya bisa tercapai dengan efektif. Tingkat ketergantungan antar bagian tersebut dan kebutuhan komunikasi dalam melaksanakan pekerjaan akan menentukan sejauh mana membutuhkan koordinasi.
          Rentang kendali atau rentang manajemen merupakan posisi jumlah bawahan yang berada dalam pengawasan seorang manajer. Konsep ini merujuk pada seberapa banyak bawahan yang mungkin masih bisa di bawah kendali atasan secara efektif dan efisien.


Tes Formatif 2
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1. Salah satu manfaat dari pengkoordinasian adalah .....
A. memberikan pedoman atas peranan mereka dalam tugas masing-masing unit kerja
B. memfungsikan egoisme jabatan atau unit/satuan kerja
C. mewujudkan kerja sama yang efektif dan efisien di antara mereka
D. meningkatkan aktivitas untuk memenuhi kebutuhan unit kerja masing-masing 

2. Selain bisa diimplementasikan secara formal maka koordinasi sebagai asas pengorganisasian bisa dilaksanakan secara informal, antara lain dalam bentuk .....
A. pengembangan hubungan kerja berdasarkan hubungan sosial kemasyarakatan di lingkungan setiap organisasi karyawan.
B. pertemuan yang dihadiri oleh semua unsur pimpinan unit kerja atau yang mewakilinya
C. pembentukan jaringan kerja eksternal dapat dikembangkan dengan organisasi informal karyawan
D. pertemuan yang terjadwal tidak secara ketat dan pasti agar pertemuan tidak terlalu serius

3. Pengkoordinasian sebagai sarana pengaturan struktur organisasi bertujuan untuk .....
A. membagi habis seluruh volume kerja dalam satuan-satuan kerja yang telah dibentuk
B. memisah antara satu unit dengan unit lain
C. memaksimalkan penggunaan tenaga kerja di setiap unit kerja
D. melepaskan saling ketergantungan di antara masing-masing unit atau departemen

4. Koordinasi bisa berjalan kurang baik apabila tidak berdasarkan .....
A. kesadaran atasan sebagai koordinator dalam pengatur individu
B. pemberian kedudukan yang istimewa terhadap atasan atau
C. kemampuan mengkoordinasikan setiap unit kerja
D. keadilan ketika melakukan koordinasi

5. Ketidakmampuan koordinator dalam setiap jenjang unit kerja atau unit independen mengendalikan konflik yang terjadi akan merugikan .....
A. koordinator itu sendiri
B. organisasi secara keseluruhan
C. hubungan baik antar unit kerja
D. klien atau konsumen organisasi perusahaan

6. Pengertian sederhana arti rentang kendali adalah .....
A. jumlah efektif manajer yang harus dimiliki oleh sebuah unit kerja
B. besar maksimal suatu rentangan dalam organisasi
C. jumlah karyawan yang bisa diarahkan secara efektif oleh seorang manajer
D. kemampuan seorang pimpinan dalam mengendalikan bawahannya


BERIKUTNYA :

- Modul 5 : EKMA4116 - Manajemen
 

No comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak dan Sopan. Terima Kasih ...