Monday, August 28, 2017

Modul 10 : EKMA4116 - Manajemen

Modul 10 : EKMA4116 - Manajemen

EKMA4116 - MANAJEMEN



RANGKUMAN

MODUL 10

Pemahaman Dasar - dasar Etika Manajemen




Kegiatan Belajar 1

Etika Manajemen

          Etika bisnis adalah suatu kode etik dalam berperilaku yang dianut para pengusaha, manajer atau lainnya yang berisi nilai - nilai moral dan norma yang dijadikan pedoman dalam membuat setiap keputusan dan memecahkan berbagai masalah yang dihadapinya. Etika bisnis adalah suatu komitmen untuk melaksanakan hal yang benar dan menghindari hal yang tidak benar.
          Pengembangan etika bisnis sebuah perusahaan harus memperhitungkan dan memperhatikan semua stakeholder yang terlibat, yaitu mitra usaha, pemasok bahan baku, serikat pekerja, pemerintah, bank atau industri finansial lainnya, investor, pelanggan, konsumen, masyarakat umum serta seluruh stakeholder kunci ( key stakeholder ) yang meliputi para direktur, manajer, dan lainnya. Kepatuhan para stakeholder terhadap etika bisnis yang dibangun perusahaan tergantung kepada tingkat komitmen perusahaan dalam menjalankan etika bisnis tersebut.
          Terdapat sejumlah prinsip etika yang mampu mengarahkan perilaku, yaitu kejujuran, integritas, memelihara janji, kesetiaan, keadilan, suka membantu orang lain, hormat kepada orang lain, tanggung jawab sebagai warga negara, meraih keunggulan, dan akuntabilitas.
          Selain itu juga terdapat beberapa cara mempertahankan standar etika perusahaan, di antaranya adalah dengan menciptakan kepercayaan perusahaan, mengembangkan dan melaksanakan kode etik bisnis secara adil dan konsisten, memberikan perlindungan hak individu, menyelenggarakan pelatihan tentang etika, melaksanakan audit pelaksanaan etika secara berkala, memberikan contoh yang baik kepada bawahan, dan menciptakan budaya komunikasi dua arah untuk memperlancar arus komunikasi.


Tes Formatif 1

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !

1. Kata etika atau etika berasal dari kata ethos dalam bahasa Yunani yang berarti .....
A. sifat
B. norma
C. karakter
D. sikap 

2. Etika atau etika bagi seseorang merupakan sebuah bentuk .....
A. kelaziman
B. nilai kejujuran
C. kebenaran
D. pilihan moral

3. Sebuah profesi hanya dapat memperoleh kepercayaan dari masyarakat, apabila dalam diri para profesionalnya terdapat kesadaran kuat untuk menjunjung tinggi .....
A. etika profesionalnya
B. tarif jasa keahliannya
C. masyarakat yang memerlukannya
D. norma hukum yang berlaku 

4. Kode rtik profesi digunakan sebagai rujukan normatif dari pelaksanaan pemberian jasa profesi kepada .....
A. masyarakat berprofesi lain
B. perusahaan
C. mereka yang memerlukannya
D. orang yang ingin mendalami sebuah profesi

5. Pelanggaran terhadap kode etik profesi bisa dalam bentuk .....
A. pelayanan yang kurang baik kepada masyarakat
B. menjadi anggota profesi di organisasi lain
C. pelanggaran norma agama
D. memperdagangkan jasa demi keuntungan

6. Etika bisnis adalah suatu dasar pijakan utama dan harus diperhatikan oleh setiap pelaku bisnis untuk menciptakan dan melindungi .....
A. citra perusahaan
B. konsumen
C. shareholder
D. departemen perdagangan

7. Hukum sebagai salah satu tingkatan norma etika yang berlaku bagi masyarakat, secara umum mengatur .....
A. standar perilaku maksimal
B. kebijakan adat
C. perbuatan yang boleh dan tidak boleh dilakukan
D. pelaku bisnis

8. Usaha perusahaan agar setiap karyawannya memiliki sikap dan perilaku yang menjadi basis terbentuk dan berkembangnya suatu etika bisnis yang tangguh adalah dengan cara menyusun .....
A. kredo perusahaan
B. anggaran berimbang
C. aturan yang berlaku untuk semua
D. hukum kesetaraan

9. Tahap kedua dalam mengembangkan kerangka kerja etika adalah .....
A. mengakui berbagai dimensi etika yang ada dan dijadikan sebagai suatu pilihan
B. mengakui terlebih dahulu etika yang telah ada
C. menghindari konflik antar stakeholder ketika keputusan telah dibuat
D. mengidentifikasi stakeholder yang terlibat dalam pengambilan keputusan

10. Bagi manajer yang ingin sukses mengimplementasikan etika bisnis perusahaannya, perlu memahami sejumlah prinsip etika yang mampu .....
A. menjadi agen perubahan
B. mengarahkan perilaku
C. bertanggung jawab terhadap program implementasi
D. menyukseskan sosialisasi etika bisnis perusahaan  



Kegiatan Belajar 2

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

          Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk membuat semua pelaku bisnis memiliki etika bisnis yang baik adalah mengajak pelaku bisnis termasuk para manajer untuk melihat pentingnya dan relevannya etika bagi kegiatan bisnis mereka. Kita semua harus bersepakat bahwa tidak benar para manajer hanya bertanggung jawab dan berkewajiban moral kepada para pemegang saham. Sebagai manusia dan sebagai manajer mereka mempunyai tanggung jawab dan kewajiban moral kepada banyak orang yang berkaitan dengan kegiatan dan operasi bisnis perusahaan yang dipimpinnya. Mereka mempunyai tanggung jawab dan kewajiban moral untuk memperhatikan hak dan kepentingan karyawan, konsumen, pemasok, penyalur, masyarakat setempat, dan seterusnya. Jadi, tanggung jawab dan kewajiban moral mereka tidak hanya tertuju kepada shareholder tetapi juga kepada stakeholder pada umumnya. Para manajer bekerja dalam sebuah dunia yang secara moral penuh dengan tanggung jawab yang beragam.


Tes Formatif 2

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !

1. Salah satu tanggung jawan sosial perusahaan yang dinyatakan Zimmerer adalah tanggung jawab terhadap .....
A. pemilik modal
B. pengelola perusahaan
C. masyarakat
D. norma yang berlaku

2. Etika bisnis merupakan pola bisnis yang tidak hanya peduli pada profitabilitasnya saja, tapi juga memperhatikan kepentingan .....
A. stakeholder-nya
B. negara
C. investor
D. kreditor

3. Kemampuan para manajer mendengarkan keluhan merupakan salah satu bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap .....
A. pemilik modal
B. masyarakat sekitar perusahaan
C. atasan
D. karyawan

4. Tanggung jawab terhadap pelanggan adalah menghasilkan barang dan jasa yang bermutu tinggi, dan .....
A. memberikan potongan harga
B. memberikan harga yang adil dan layak
C. menjual di bawah harga pasar
D. memberikan hak pelanggan memiliki barang murah

5. Tingkat persaingan bisnis antar perusahaan seharusnya tidak menjurus ke arah persaingan yang kurang sehat dengan menghalalkan segala cara melainkan dapat ditempuh dengan cara .....
A. halal sesuai keyakinan agamanya
B. mengombinasikan hati nurani dan kalkulasi
C. mempertimbangkan etika dan perilaku
D. mengajak pesaing untuk bekerja sama 

6. Salah satu contoh peristiwa akibat bisnis yang semata - mata mencari uang dan kurang memanusiakan manusia adalah .....
A. Resesi ekonomi Indonesia tahun 1997 - 1998
B. Munculnya Praktik - Praktik Korupsi
C. Pemberian segala barang berharga pada pejabat
D. Resesi ekonomi AS pada awal 1990-an

7. Bisnis curang sesungguhnya bisa dicegah seminimal mungkin antara lain dengan cara ....
A. menerapkan hukuman mati bagi pelanggarnya
B. membatasi ruang gerak para koruptor
C. membuat kebijakan politik organisasi ataupun negara yang tegas
D. memberikan keringanan peraturan

8. Salah satu cara melawan suap yang dilakukan berbagai perusahaan multinasional adalah dengan .....
A. menguasai peraturan dan prosedur perizinan
B. mendekatkan keberadaan perusahaan kepada para pemuka agama
C. mengembangkan program kepemimpinan yang berpihak kepada rakyat
D. melibatkan masyarakat di berbagai kegiatan ekonomi perusahaan 

9. Demi menjaga terciptanya iklim bisnis yang sehat, yang mampu beradaptasi dengan setiap perubahan, manajemen harus memasyarakatkan etika sejak perusahaan mulai .....
A. menghasilkan produksi
B. membayar pajak
C. didirikan
D. melibatkan banyak karyawan

10. Pedoman perilaku dan kebijakan perusahaan yang ditaati oleh semua pihak, memuat pernyataan perusahaan untuk tunduk terhadap hukum nasional dalam melaksanakan bisnisnya dan sesuai dengan prinsip - prinsip dasar yang diabadikan dalam .....
A. nilai - nilai perusahaan
B. kepentingan stakeholder-nya
C. himpunan etika personal
D. kumpulan tingkah lakunya dan akhlak


BERIKUTNYA :

- Modul 11 : EKMA4116 - Manajemen