Sunday, August 27, 2017

Modul 9 : EKMA4116 - Manajemen

Modul 9 : EKMA4116 - Manajemen

EKMA4116 - MANAJEMEN



RANGKUMAN

MODUL 9

Manajemen Perubahan




Kegiatan Belajar 1

Perubahan dan Manajemen Perubahan

          Manajemen perubahan adalah suatu pendekatan sistematis yang berhubungan dengan perubahan dilihat dari perspektif organisasi dan tingkat individual. Artinya, kita tengah menghadapi berbagai tantangan perubahan yang sangat besar, baik, terhadap kehidupan pribadi dan keluarga dalam interaksinya dengan masyarakat di sekitar maupun terhadap organisasi dan karyawan dalam konteks persaingan bisnis. Dalam beberapa istilah yang berbeda, manajemen perubahan sedikitnya memiliki tiga aspek utama yang berbeda, yaitu mengadaptasi perubahan, mengendalikan perubahan, dan mempengaruhi perubahan. 
          Perubahan - perubahan itu dipicu oleh sejumlah " kekuatan penggerak " dalam berbagai arah dan dimensi. Misalnya saja, perkembangan teknologi telekomunikasi yang meningkat pesat telah mendekatkan dunia, seolah tak lagi berjarak. Komunikasi, kini, dapat dilakukan dengan berbagai perangkat, baik tetap ( fixed devices ) maupun bergerak ( mobile device ), dari mana dan kapan saja.
          Organisasipun saat ini tak lagi hanya bertanggung jawab terhadap pemegang saham ( stockholder ), melainkan juga terhadap komunitas yang lebih besar ( stakeholder ). Akibatnya, muncul tuntutan bagi organisasi untuk menjadi lebih sensitif, fleksibel dan adaptable terhadap kebutuhan dan harapan stakeholder. Banyak organisasi, dewasa ini mulai menyadari hal itu dan kemudian mengambil langkah untuk tidak lagi menerapkan organisasi tradisional yang bersifat top-down, kaku dan strukturnya sangat hierarkis, tetapi lebih berbentuk " organik " dan mencair. 
          Para manajer masa ini harus terkait dengan perubahan - perubahan berkelanjutan dan berjalan sangat cepat. Mereka yang menghadapi pengambilan keputusan - keputusan besar dan penting tak dapt lagi mengacu pada perencanaan pengembangan yang telah dilakukan untuk memberi arah. Mengelola perubahan tidak berarti mengendalikannya, tetapi lebih memahami, mengadopsi di mana dibutuhkan dan mengarahkannya jika mungkin.Konsekuensinya, karena para manajer tidak mengetahui semua hal dan memahami semua situasi, maka ia harus lebih terbuka, menghargai dan mau mendengar karyawannya. Dari sinilah kemudian timbul tipe organisasi baru, yang lebih berorientasi ke karyawan : worker-centered, self-organizing, self-designing teams dan lain sebagainya.




Tes Formatif 1

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !

1. Organisasi di era global saat ini tak lagi hanya bertanggung jawab terhadap pemegang saham melainkan juga terhadap komunitas yang lebih besar yang disebut dengan .....
A. stockholder
B. shareholder
C. stakeholder
D. sheetholder 

2.Perubahan pada hakikatnya adalah bagian dari hidup kita dan terjadi di mana saja, dan berlangsung terus menerus terjadi, melalui proses .....
A. efolutif maupun revolusioner
B. terkendali maupun acak
C. terencana maupun mendadak
D. sengaja maupun tidak disengaja

3. Kemampuan organisasi untuk bertahan hidup sangat ditentukan oleh kemampuan organisasi untuk berubah, menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan bisnis yang dihadapi atau menyesuaikan diri dengan .....
A. kemampuan karyawannya
B. perubahan potensial yang akan terjadi di masa mendatang
C. kondisi lingkungan organisasi yang sering berubah
D. respons lingkungan terhadap kemampuan organisasi menghadapi perubahan

4. Salah satu hal utama yang harus diperhatikan oleh organisasi dalam rangka menyesuaikan diri dengan lingkungan yang ada dalam manajemen perubahan adalah .....
A. strategi korporasi
B. budaya
C. kapabilitas
D. orientasi

5. Masalah yang paling sering dan menonjol ketika organisasi akan melakukan perubahan adalah .....
A. penolakan atas perubahan itu sendiri
B. konstelasi perubahan
C. fenomena perubahan
D. kekuatiran akan kelangsungan hidup berikutnya

6. Pada hakikatnya organisasi bersifat konservasi yang mengarah kepada .....
A. kompromi bila akan terjadi perubahan
B. perlunya terjadi perubahan
C. penolakan terjadinya perubahan
D. mekanisme lingkungan untuk terjadinya suatu perubahan

7. Munculnya sikap opriori atau curiga terhadap perubahan biasanya terjadi pada saat .....
A. awal proses perubahan mulai digulirkan
B. proses perubahan menunjukkan tanda - tanda kegagalan
C. para manajer memaksakan kehendaknya
D. target waktu terjadinya perubahan berubah

8. Salah satu cara yang bisa dipakai untuk mengatasi resistensi perubahan adalah memberi kesempatan anggota organisasi .....
A. berunding dengan serikat karyawan
B. mengambil keputusan
C. mengusulkan kenaikan gaji
D. menunda proses perubahan

9. Perasaan terlalu optimis untuk dapat melakukan perubahan dan sedikitnya sosialisasi dan informasi adalah suatu tanda mereka .....
A. mudah percaya dengan informasi yang masuk
B. meremehkan anggota organisasi
C. menyederhanakan persoalan
D. terlalu puas diri

10. Langkah pertama menuju pola yang baik agar program perubahan bisa berlangsung lancar dan memperkecil penolakan adalah dengan cara .....
A. mensosialisasikan paradigma dan komitmen yang sama kepada seluruh karyawan
B. melakukan proses perubahan yang bersifat " top-down ".
C. menanamkan pemahaman di tingkat manajemen puncak tentang perlunya perubahan tata kerja dan pola kerja
D. memberikan kepastian, kejelasan dan kesamaan visi perusahaan yang ditetapkan berdasar hasil analisis

BERIKUTNYA :

- Modul 10 : EKMA4116 - Manajemen