Monday, April 24, 2017

EKMA4478 - Analisis Kasus Bisnis

EKMA4478 - Analisis Kasus Bisnis

EKMA4478 - ANALISIS KASUS BISNIS
Ali Muktiyanto,S.E., M.Si.



RANGKUMAN


MODUL 1

Konsep Dasar Keuangan, Laporan, dan Analisis Keuangan 





Kegiatan Belajar 1

Konsep Dasar Keuangan

          Terdapat tiga hal pokok keputusan keuangan yang harus dikuasai oleh seorang manajer keuangan. Pertama, berkenaan dengan penggunaan dana, yaitu keputusan investasi. Kedua, berkenaan dengan pemerolehan dana, yaitu keputusan pendanaan. Ketiga, berkenaan dengan pembagian laba, yaitu kebijakan dividen. Dalam upaya menguasai ketiga keputusan itu, kopetensi yang harus dikuasai yaitu konsep dasar keuangan, laporan dan analisis keuangan, keputusan dan risiko investasi, efisiensi pasar modal, serta keputusan pendanaan.
          Terdapat tiga hal yang mendorong seseorang memiliki uang. Yaitu, motif untuk trnsaksi, untuk berjaga - jaga, dan motif spekulasi. Selain itu alasan utama seseorang memiliki uang yaitu karena nilai waktu dari uang. Kesukaan orang akan uang saat ini disebabkan karena adanya opportunity cost (biaya yang muncul karena kehilangan pemanfaatan peluang - peluang).
          Bunga merupakan pencerminan faktor - faktor makro dan mikro ekonomi dalam penghitungan nilai uang agar uang itu memiliki nilai yang senantiasa sama dari tahun ke tahun. Nilai masa yang akan datang (future/terminal value) maupun nilai sekarang (present value).
          Nilai terminal waktu uang yang akan datang (future value) didapat dengan cara mengalikan nilai yang diketahui sekarang dengan (1+r)" atau sering disebut discount factor. Nilai sekarang (present value) dari suatu nilai di masa datang didapat dengan cara membagi Cn dengan nilai discount factor, dengan kata lain mengalikan Cn dengan 1/(1+r)".





Kegiatan Belajar 2

Laporan dan Analisis Keuangan

          Tujuan analisis laporan keuangan adalah untuk menilai baik buruknya kondisi keuangan perusahaan. Laporan keuangan perusahaan setidak - tidaknya terdiri atas neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, dan laporan arus kas.
          Neraca adalah laporan keuangan yang menunjukkan aset, kewajiban, dan kekayaan perusahaan pada saat tertentu. Laporan laba rugi adalah laporan keuangan perusahaan yang menunjukkan aktivitas atau kinerja operasional perusahaan selama kurun waktu atau periode tertentu. Sementara, laporan perubahan modal adalah posisi modal perusahaan pada saat tertentu yang disebabkan oleh penambahan modal dan pengurangan modal dari aktivitas operasional perusahaan dan penambahan atau pengurangan dana dari stakeholders.
          Analisis kondisi keuangan perusahaan secara sistematis, benar, dan akurat dapat menggunakan pendekatan analisis rasio terhadap laporan keuangan.



 
Tes Formatif 2

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
        Berdasarkan kasus tersebut, Anda diminta untuk melakukan penghitungan rasio keuangan perusahaan.
1). Debt to equity ratio perusahaan adalah .....
A. 0,67
B. 1,15
C. 18,9%
D. 15,6%

2). Besarnya current ratio perusahaan adalah .....
A. 0,67
B. 1,15
C. 18,9%
D. 15,6%

3). Rentabilitas Ekonomi adalah .....
A. 0,67
B. 1,15
C. 18,9%
D. 15,6%

4). Besarnya ROI perusahaan adalah .....
A. 0,67
B. 1,15
C. 18,9%
D. 15,6% 

5). Profit Margin perusahaan adalah .....
A. 0,67
B. 1,15
C. 18,9%
D. 56,7%



Baca MODUL Lainnya :

- EKMA 4565 - Manajemen Perubahan