Tuesday, April 4, 2017

EKMA4158 - Perilaku Organisasi

EKMA4158 - Perilaku Organisasi

EKMA4158 - PERILAKU ORGANISASI
Dr. Achmad Sobirin




RANGKUMAN
 

MODUL 1
Organisasi dan Perilaku Organisasi



Kegiatan Belajar 1

Manusia, Organisasi, dan Manajemen

          Kegiatan Belajar 1 menjelaskan pengertian dan karakteristik organisasi. Hal lain yang menjadi fokus perhatian Kegiatan Belajar 1 adalah dimensi - dimensi organisasi dan arti penting organisasi bagi manusia. Di samping itu, kegiatan belajar 1 juga menjelaskan peranan dan keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang manajer dalam menjalankan kegiatan organisasi agar organisasi tersebut mencapai tujuan - tujuannya. Secara umum, apa yang telah diuraikan di depan dapat dirangkum dalam ringkasan sebagai berikut :

1. Organisasi adalah unit sosial atau entitas sosial yang didirikan oleh manusia untuk jangka waktu yang relatif lama, beranggotakan sekelompok manusia - minimal dua orang, mempunyai kegiatan yang terkoordinir, teratur dan terstruktur, didirikan untuk mencapai tujuan tertentu dan mempunyai identitas diri yang membedakan satu entitas dengan entitas lainnya.

2. Berangkat dari pengertian tersebut, organisasi mempunyai 5 komponen utama, yaitu :
a. organisasi adalah sebuah entitas sosial.
b. organisasi beranggotakan dua orang atau lebih.
c. organisasi mempunyai kegiatan yang terstruktur dan tersistem.
d. organisasi mempunyai tujuan.
e. organisasi mempunyai batas - batas yang bisa teridentifikasi.

3. Secara umum, karakteristik organisasi bisa dibedakan menjadi dua dimensi, yaitu dimensi struktural dan kontekstual.

4. Terlepas dari dimensi - dimensi organisasi, organisasi itu sendiri bisa dipahami melalui sebuah metafora, yakni metafora gunung es yang membedakan organisasi dari aspek formal dan informal.

5. Organisasi didirikan bukan tanpa tujuan. Tujuan terpenting dari didirikannya organisasi adalah agar secara resources ( sumber daya langka ) bisa diubah menjadi produk / jasa yang bernilai tambah sehingga kebutuhan manusia bisa terpenuhi secara optimal.

6. Proses penciptaan nilai tambah ditempuh melalui tiga tahap yakni :
a. masukan ( input ).
b. proses transformasi, dan
c. keluaran ( output ).

7. Pada umumnya tujuan sebuah organisasi dinyatakan di dalam " pernyataan misi organisasi ". Tujuan seperti ini biasanya disebut sebagai tujuan offocial dan ditetapkan oleh stokhholders. Tujuan operasional adalah tujuan yang ditetapkan oleh manager puncak sebagai bentuk operasionalisasi dari tujuan official

8. Agar organisasi bisa berjalan seperti yang dikehendaki, diperlukan seorang atau beberapa orang manajer yang memiliki peran interpersonal, informasional, dan peran decisional ( pengambilan keputusan ).


9. Sesuai dengan kedudukannya dalam hierarki organisasi, keterampilan yang dimiliki oleh seorang manajer bervariasi. Manajer yang menduduki posisi tertinggi dituntut untuk memiliki keterampilan konseptual, sedangkan manajer di bawahnya dituntut memiliki keterampilan teknis lebih baik. Sementara itu, di mana pun kedudukan seorang manajer, keterampilan hubungan antar manusia tampaknya tidak bisa dihindarkan.
 




Kegiatan Belajar 2

Ruang Lingkup Studi Perilaku Organisasi

         Secara umum, Kegiatan Belajar 2 menjelaskan ruang lingkup studi perilaku organisasi. Hal - hal penting yang menjadi fokus perhatian Kegiatan Belajar 2 adalah sebagai berikut.
  1. Pengertian perilaku organisasi dan alasan mengapa perilaku organisasi perlu dipelajari. Perilaku organisasi adalah bidang studi terapan yang mengkaji hubungan antarmanusia di dalam organisasi baik manusia sebagai individu maupun sebagai anggota kelompok, dan hubungan antara manusia dengan organisasi yang semua itu diharapkan menjadikan organisasi semakin efektif dan kepuasan kerja karyawan meningkat. Untuk itu, diharapkan perilaku organisasi bisa mendeskripsikan, menjelaskan dan memprediksi, dan mengendalikan perilaku manusia di dalam organisasi. 
  2. Level analisis dalam studi perilaku organisasi. Dalam studi perilaku setiap kejadian dapat dianalisis melalui tiga unit analisis berbeda. Demikian juga setiap perilaku yang kita amati dan masalah yang kita hadapi sangat bergantung pada ketiga unit analisis tersebut. Unit analisis yang dimaksud adalah unit analisis individual, kelompok dan organisasi. Di samping ketiga unit analisis ini lingkungan eksternal juga menjadi faktor yang tidak bisa diabaikan.
  3. Perilaku organisasi adalah bidang studi multidisiplin dalam pengertian bidang studi ini tidak bisa dianalisis hanya dengan menggunakan satu bidang ilmu tertentu melainkan menggunakan berbagai disiplin ilmu berbeda. Di antara bidang ilmu yang banyak berkontribusi terhadap bidang studi perilaku organisasi adalah : psikologi, sosiologi, antropologi, politik, ekonomi, dan sejarah. 
  4. Bidang studi perilaku organisasi adalah bidang studi yang dinamis yang selalu mengalami perkembangan sejalan perubahan lingkungan yang melingkupinya. Oleh karena itu, sifat - sifat seorang manajer harus berubah di masa datang karena menghadapi lingkungan berbeda. Ke depan para manajer menghadapai tantangan baru, misalnya menjadikan SDM sebagai aset yang kompetitif, meningkatnya tuntutan tanggung jawab sosial perusahaan, tuntutan untuk mengakomodasi perbedaan, globalisasi, dan semakin dinamisnya teknologi informasi.  




Tes Formatif 2

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1). Berikut ini adalah tujuan mempelajari perilaku organisasi, kecuali .....
A. mengendalikan perilaku manusia dalam kehidupan organisasi
B. menjelaskan dan memprediksi perilaku manusia dalam organisasi
C. menempatkan manusia sebagai objek dalam kehidupan organisasi
D. memahami perilaku manusia agar tercipta efektivitas organisasi

2). Dalam mempelajari perilaku organisasi, manusia biasanya diperlakukan sebagai .....
A. objek
B. individu
C. bagian dari anggota kelompok
D. sosok yang menempati peran sentral dalam kehidupan organisasi

3). Perilaku organisasi merupakan bidang studi multidisiplin. Berikut ini adalah disiplin ilmu yang memberi kontribusi terhadap pengembangan perilaku organisasi, yaitu ilmu .....
A. ekonomi
B. politik
C. antropologi
D. jawaban A, B, dan C benar

4). Konflik yang terjadi antara karyawan bagian penjualan dengan karyawan bagian pengiriman barang sesungguhnya bisa diselesaikan dengan menggunakan level analisis .....
A. individual
B. kelompok
C. organisasional
D. ketiga level analisis di atas bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah tersebut

5). Sifat - sifat seorang eksekutif di masa mendatang adalah .....
A. orang yang serba tahu
B. bisa menerima hal - hal yang bersifat paradoks
C. memperhatikan orang per orang
D. hanya sekedar mengikuti tata nilai yang ada
  

Baca MODUL Lainnya :

- EKMA4159 - Komunikasi Bisnis