Wednesday, March 29, 2017

ESPA4428 - Teknik dan Analisis Ekonomi

ESPA4428 - Teknik dan Analisis Ekonomi

ESPA4428 - TEKNIK DAN ANALISIS EKONOMI



RANGKUMAN

MODUL 1

Pengantar Metode Penelitian Ekonomi




Kegiatan Belajar 1

Definisi Penelitian dan Klasifikasi Penelitian Menurut Tujuan dan Metode

1. Tujuan utama melakukan penelitian adalah untuk memajukan kesejahteraan umat manusia. Secara khusus, terdapat tiga tujuanpenelitian, yakni :
  1. Untuk mengembangkan disiplin sebuah ilmu tertentu, misalnya ilmu sosial seperti ekonomi, politik, dan hukum, serta ilmu pengetahuan alam seperti biologi, fisika, dan kimia.
  2. Untuk dasar pembuatan kebijakan, misalnya kebijakan pemberantasan kemiskinan, kebijakan pemerataan pendapatan, dan kebijakan desentralisasi fiskal.
  3. Untuk memecahkan masalah yang khusus di sebuah komunitas, misalnya kasus penggunaan obat terlarang di sebuah sekolah dasar. Harus dicatat bahwa klasifikasi penelitian menurut kriteria ini tidaklah berupa klasifikasi yang benar - benar terpisah.
2. Terkait dengan klasifikasi di atas, penelitian juga bisa diklasifikasikan menurut sifat penelitiannya. Pertama, penelitian dilakukan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan. Para peneliti yang bekerja dengan tujuan ini tidak terlalu memikirkan apakah penelitiannya akan bisa diaplikasikan dalam jangka pendek. Kedua, penelitian dilakukan dengan lebih mempertimbangkan aspek aplikasinya.

3. Metode bisa diartikan sebagai alat analisis yang digunakan untuk memecahkan masalah. Dalam hal ini kita bisa membedakan metode menjadi dua, yakni metode kuantitatif dan metode kualitatif. Metode kuantitatif menyajikan informasi ke dalam data yang diujudkan dalam angka, dan kemudian dianalisis dengan berbagai alat bantu statistik yang saat ini sudah banyak dikembangkan. Alat bantu statistik yang banyak digunakan adalah penghitungan dan penaksiran mean populasi.

4. Metode kualitatif bisa menggunakan segala jenis data, yakni data berbentuk angka (numerik),kategorik, narasi, monograf, maupun studi kasus. Metode ini tidak terlalu menghiraukan generalisasi. Metode kualitatif menyelidiki secara mendalam akan suatu fenomena, sehingga sifatnya lebih terfokus ke fenomena tersebut, tidak memerlukan ukuran sampel yang besar, dan mencoba mencari jawab tentang mengapa dan bagaimana, bukan hanya apa, kapan, dan di mana.  


Baca MODUL Lainnya :

- ESPA4415 - Ekonomi Pertanian