Saturday, March 18, 2017

EKMA4116 - Manajemen

EKMA4116 - Manajemen

EKMA4116 - MANAJEMEN
Ir. Dadang Supriyatna, M.M.
Andi Sylvana, S.E., M.Si. 



RANGKUMAN


MODUL 1
Konsep Dasar dan Sejarah Manajemen



Kegiatan Belajar 1

Konsep Dasar Manajemen

          Secara sederhana manajemen berorientasi kepada dua hal yang sederhana, yaitu mengawasi orang bekerja dan mengurus unag sehingga manajemen dapat didefinisikan sebagai mengawasi/mengatur orang bekerja dan mengurus/mengatur administrasi keuangan dengan baik. Makna manajemen dapat dipahami melalui dua hal, yaitu teori dan praktik manajemen. Hal yang bersifat teoretis berpijak pada pandangan tentang aspek tertentu dari organisasi, antara lain tentang efektivitas, pencapaian tujuan, pengambilan keputusan, efisiensi, ekuilibrium (keseimbangan), interaksi antara organisasi dan lingkungan sekitarnya, dan sebagainya. Di lain pihak praktik manajemen memandang organisasi sebagai sebuah sistem terbuka.
          Manajemen merupakan ilmu dan juga seni. Suatu organisasi akan berhasil apabila dikelola melalui proses yang sistematis dan mampu mengendalikan individu yang terlibay di dalamnya sehingga mereka dapat bekerja secara maksimal untuk mencapai tujuan. 
           Kemampuan manajerial adalah kemampuan untuk mengatur, mengkoordinasikan dan menggerakkan para bawahan ke arah pencapaian tujuan yang telah ditentukan organisasi. Kemampuan ini lahir dari suatu proses yang panjang yang terjadi secara perlahan - lahan melalui proses pengamatan dan belajar. 
          Penilaian keberhasilan kinerja seorang manajer sangat tergantung dari kinerja bawahannya karena seorang manajer tidak dapat bekerja sendiri. Oleh karena itu seorang manajer harus mampu memimpin bawahannya berprestasi dalam pekerjaannya.
          Dalam era globalisasi, perusahaan harus memiliki staf dan karyawan yang mampu melayani pasar global sekaligus pasar pasar lokal yang ingin dilayani dengan cara yang sama. Fungsi manajer pun perlu diredefinisi. Manajer yang semula berperan "memerintah dan mengawasi" saat ini harus berperan menjadi "pelatih" agar setiap karyawan mampu diberdayakan  untuk dapat memenuhi kebutuhan pasar. Selain ini manajer juga harus menyesuaikan strategi perekrutan, penyeleksian, pemberian kompensasi, pengembangan karier, teknik memotivasi, serta teknik mengawasi karyawan agar semuanya secara terintegrasi mampu memenuhi kebutuhan perusahaan. 
          Manajer yang diharapkan dalam era global adalah manajer yang mempunyai karakteristik fleksibel, yaitu memiliki kemampuan beradaptasi yang tinggi terhadap lingkungan dan mampu memanfaatkan sumber daya yang efisien. Di samping itu juga mereka harus memiliki wawasan global serta menguasai proses decision making, interpersonal relation, dan goal setting. Itu berarti seorang manajer saat ini harus memiliki peran sebagai interpersonal roles (kepemimpinan, komunikasi), informational roles (pengawas, pengendali, penyerap, dan penyebar informasi), dan decisional roles (entrepreneur, menangani perubahan, alokasi sumber daya, negosiator). Manajer era globalisasi harus mampu memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan menjadikannya sebagai solusi daya saing bagi bisnisnya karena sudah terbukti bahwa bisnis yang dikelola dengan memanfaatkan teknologi informasi akan memiliki daya saing yang handal. 



Tes Formatif 1

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1). Definisi yang menyatakan bahwa manajemen adalah suatu seni untuk melaksanakan pekerjaan melalui orang lain, merupakan buah pemikiran dari .....
A. Stoner
B. Follet
C. Siagian
D. Fayol

2). Stoner berpendapat bahwa manajemen bukanlah suatu seni malainkan suatu .....
A. proses untuk melaksanakan pekerjaan
B. tujuan organisasi
C. untuk mencapai tujuan organisasi
D. kemampuan perusahaan untuk befding 
3). Salah satu alasan perlunya manusia menggunakan teori dan teknik manajemen adalah untuk .....
A. meningkatkan kerja sama dengan perusahaan lain
B. memperlancar aktivitas produksi
C. memahami sifat manajemen
D. menguasai pangsa pasar

4). Manajer yang bertanggung jawab atas keseluruhan organisasi dan dapat menciptakan kondisi untuk melakukan perubahan, termasuk dalam tingkatan manajer .....
A. Manajer lini
B. Manajer menengah 
C. Manajer puncak
D. Manajer umum

5). Seseorang dapat dikatakan sebagai manajer agresif progresif apabila ia memiliki pandangan jauh ke depan dan mengutamakan .....
A. informasi sebagai sumber pengambilan keputusan
B. garis kewenangan dan peraturan
C. profesionalisme
D. teknologi untuk mendapatkan pertumbuhan dan perubahan

6). Di samping penguasaan fungsi - fungsi manajemen, para manajer global juga harus mampu .....
A. mengantisiasi perubahan di pasar global
B. mengendalikan harga produk kometitor
C. melakukan diversitas
D. memaksa pemilik perusahaan mengakuisi perusahaan kompetitor 



Kegiatan Belajar 2

Sejarah Manajemen

          Sejarah manajemen telah tercatat dalam berbagai kegiatan politik, kenegaraan, sosial, dan budaya kehidupan masa lalu. Memang, kita tidak menemukan catatan lengkap tentang aktivitas mereka apalagi tentang keilmuan manajemen namun kita dapat melakukan interpretasi dan menarik kesimpulan dari aktivitas para nenek moyang manusia tersebut. Misalnya, salah satu hasil interpretasi para ahli manajemen adalah tulisan peninggalan zaman Mesir kuno pada tahun 1300 sebelum Masehi. Interpretasi tersebut menyebutkan bahwa negara - negara birokratis di zaman kuno mengakui betapa pentingnya organisasi dan administrasi untuk kelangsungan hidup negara.
          Dalam sejarah manusia lainnya, institusi keagamaan danmiliter juga telah menggunakan prinsip - prinsipp penting manajemen. Gereja Roma katolik adalah organisasi formal keagamaan yang paling efektif dalam sejarah peradaban barat. Organisasi ini dapat bertahan lama karena tujuan organisasi, dan keefektifan menggunakan teknik organisasi dan manajemennya. Begitu juga dengan organisasi kemiliteran yang memiliki pengalaman tersendiri dalam menerapkan sejumlah prinsip dan praktek bidang manajemen. Bentuk organisasi yang dipilihnya telah membuat institusi militer tetap kuat hingga kini. Mereka mampu mencetak para pemimpin bermoral dengan teknik - teknik kepemimpinan mereka.
          Bila kita banding - bandingkan sesungguhnya terdapat persamaan - persamaan antara raktik manajemen zaman dahulu dengan praktik manajemen zaman modern. Di samping persamaan - persamaan tersebut kita juga dapat menemukan perbedaan dalam pelaksanaannya, yaitu bahwa para pemimpin proyek masa lalu menggunakan paksaan, menerapkan perintah layaknya antara budak dengan majikan, menggunakan kebajikan dan peraturan yang membuat takut penduduk, dan memanfaatkan maklumat penguasa sebagai perintah yang tidak boleh ditolak.
          Revolusi industri telah mengakibatkan munculnya para kapitalis. Mereka mengeksploitasi para pekerja untuk memperkaya diri sendiri. Terjadinya pertumbuhan ekonomi yang cukup baik mendorong para pemikir menemukan cara yang lebih baik dalam meningkatkan produktivitas. Mereka ingin melakukan perubahan, yang semula berdasarkan pemaksaan terhadap pekerja menjadi manajemen yang berdasarkan kepada pendekatan ilmiah. Keinginan akan adanya perubahan mulai nampak ketika James Watt Jr. (1769 - 1848), Robert Owen (1771 - 1858), dan Charles Babbage (1792 - 1871), memulai masa pencarian dan pemetaan tentang berbagai cara baru untuk mengelola suatu perusahaan.  
         Jika Babbage dikenal sebagai bapakkomputer maka Taylor dikenal sebagai "Bapak Manajemen Ilmiah". Pendekatan baru yang diperkenalkannya sangat mempengaruhi praktik manajemen. Setelah itu banyak para ahli yang mengemukakan teori - teorinya dalam bidang manajemen dan organisasi perusahaan.         
          Perkembangan berikutnya, aspek - aspek manajemen dipelajari, dianalisis, dan dipraktikkan secara khusus. Saat ini sudah ratusan lembaga, baik dalam bentuk lembaga laba maupun nirlaba, yang mengembangkan berbagai aspek khusus dalam manajemen, seperti pengendalian kualitas, teknik industri, perawatan pabrik, pemasaran, periklanan, pengemasan, pekerjaan kantor, komputerisasi, sibernatika, hubungan industrial, dan masih banyak yang lainnya lagi. Organisasi - organisasi ini telah menyumbangkan sekumpulan pengetahuan yang semakin tumbuh dan sangat membantu pekerjaan para manajer.



Tes Formatif 2

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1). Praktik manajemen memang sudah sejak dari dahulu, namun yang membedakan antara manajemen zaman dahulu dan sekarang adalah .....
A. prinsip pemahamannya
B. penggunaan alat - alat manajemennya
C. cara dipraktikkannya
D. keterampilan memanfaatkan sumber daya organisasi

2). Hasil pengembangan bidang kepersonaliaan di zaman James Watt Jr., dan Mathew Robinson Boulton antara lain adalah .....
A. program penggajian
B. sistem perekrutan pekerja
C. peraturan perburuhan
D. program magang di perusahaan

3). Seorang ilmuan matematika yang banyak menyumbangkan pemikiran yang cukup besar tentang ilmu manajemen adalah .....
A. James Watt Jr.
B. Charles Babbage
C. Mathew Robinson Boulton
D. Robert Owen

4). Henry menyatakan bahwa di dalam manajemen dibutuhkan suatu sistem manajerial dan struktur organisasi yang jelas sehingga manusia yang bekerja di dalamnya dapat diminta .....
A. saran dan pendapatnya
B. laporan tertulis hasil pekerjaannya
C. rencana dan tujuannya bekerja
D. tanggung jawab pekerjaannya

5). Karena pendekatan baru yang diperkenalkannya sangat mempengaruhi praktik manajemen secara mendalam dan dianggap sangat radikal, maka Taylor disebut sebagai bapak manajemen .....
A. modern
B. ilmiah
C. kepersonaliaan
D. operasional modern

6). Gannt mengemukakan sebuah teorinya yang bertitik tolak pada peningkatan .....
A. sistem bonus dan penggunaan instruksi dalam pengaturan kerja
B. pengupahan diferensial yang akan menimbulkan motivasi kerja
C. produktivitas, efisien, dan efektivitas kerja dengan rangsangan upah atau insentif
D. pengendalian produksi, termasuk metode grafik 


BERIKUTNYA :