Saturday, March 18, 2017

ESPA4513 - Ekonomi Industri

ESPA4513 - Ekonomi Industri

ESPA4513 - EKONOMI INDUSTRI



RANGKUMAN

MODUL 1

Konsep Dasar Ekonomika Industri




Kegiatan Belajar 1

Definisi Ekonomika Industri

          Ekonomi industri adalah sebuah cabang ilmu ekonomi yang membahas masalah - masalah ekonomi yang terkait dengan perusahaan dan industri, serta keterkaitan antara perusahaan, industri, dan masyarakat. Ada dua elemen utama ekonomika industri, yaitu elemen deskriptif dan elemen analitis. Elemen deskriptif memberikan informasi terkait fakta dalam dunia industri, seperti survei terkait sumber daya alam, iklim industri, kondisi infrastruktur, pasokan faktor produksi, dan kebijakan industri. Elemen analisis terkait dengan sisi normatif dari industri berupa kajian mengenai penentuan strategi/kebijakan dan proses pengambilan keputusan dalam bisnis, seperti analisis pasar, penentuan harga, pemilihan teknik produksi, penentuan lokasi produksi. Berbeda dengan sejumah ilmu ekonomi lain yang memegang asumsi tertentu dalam analisisnya, ekonomi industri mencoba untuk melihat kondisi riil pasar, termasuk aspek - aspek di dalamnya, selanjutnya mencari solusi dan strategi untuk mencapai keberhasilan di dalam pasar.
          Ekonomika industri penting untuk dipelajari karena ekonomika industri memberi landasan bagi kita untuk memahami struktur, perilaku, dan kinerja pasar. Pemahaman tersebut akan membantu setiap pemangku kepentingan (stakeholders) perekonomian untuk mengambil keputusan yang tepat dalam aktivitasnya, dalam mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya, untuk mencapai kesejahteraan masing - masing pemangku kepentingan tersebut. Dalam ekonomika industri, terdapat sejumlah aliran pandangan atau perspektif yang melandasi kemunculan berbagai pemikiran yang searah dengan perkembangan ekonomika industri, yaitu :
  1. Aliran Structure - Conduct - Performance (SCP) yangmengemukakan adanya keterkaitan secara linier antara struktur pasar, perilaku pelaku pasar, dan kinerja.
  2. Aliran Behaviorist yang menyatakan bahwa perilaku pasar merupakan faktor yang terpenting dalam menentukan struktur maupun kinerja pasar.
  3. Aliran New Industrial Economics yang menekankan perilaku yang terjadi di pasar dan strategi yang digunakan dalam pasar, serta mengadopsi pendekatan teori permainan (game theory) untuk menjelaskan hubungan saling ketergantungan dalam struktur pasar monopoli dan oligopoli :
  4. Aliran UCLA - Chicago School yang berpandangan bahwa keberhasilan suatu perusahaan untuk mencapai efisiensi merupakan kunci utama keberhasilan perusahaan di dalam pasar.
  5. Aliran Cotestable Market yang menyatakan bahwa kompetisi menjadi kekuatan untuk mewujudkan tercapainya keseimbangan pasar manakala biaya untuk masuk ke dalam atau keluar pasar sama dengan nol, dan
  6. Aliran Austrian yang menekankan perlunya intervensi pemerintah terhadap sistem pasar yang seminimal mungkin, serta teknologi dan inovasi dalam mendukung kinerja pasar.

Baca MODUL Lainnya :