Sunday, March 5, 2017

EKMA4115 - Pengantar Akuntansi

EKMA4115 - Pengantar Akuntansi

EKMA4115 - PENGANTAR AKUNTANSI 
Drs. Sugiarto, M.Sc. Ak.





RANGKUMAN


MODUL 1

Ruang Lingkup Akuntansi




Kegiatan Belajar 1

Prinsip - prinsip dan Praktik - praktik Akuntansi
        
          Akuntansi dapat diartikan sebagai " bahasa bisnis " karena akuntansi adalah sebuah sistem informasi yang menyediakan laporan - laporan bagi pihak - pihak yang berkepentingan ( stakeholder ) mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi sebuah perusahaan. Akuntansi dapat didefinisikan sebagai suatu proses pencatatan, pengukuran, dan penyampaian informasi ekonomi agar dapat dipakai sebagai dasar pengambilan keputusan atau kebijaksanaan.
          Pihak - pihak yang berkepentingan terhadap laporan keuangan suatu perusahaan antara lain Penanaman Modal, membutuhkan informasi tentang posisi keuangan dan masa depan perusahaan. Kreditur dan supplier perusahaan akan menilai sehat tidaknya keuangan perusahaan dan menilai risiko terhadap kredit yang akan diberikan kepada perusahaan. Lembaga pemerintah memerlukan informasi mengenai aktivitas keuangan perusahaan guna keperluan perpajakan dan perundang - undangan. Karyawan dan organisasi juga berkepentingan terhadap stabilitas dan profitabilitas dari perusahaan tempat mereka bekerja.
          Akuntansi juga mengenal adanya spesialisasi seperti halnya dengan ilmu sosial lainnya. Bidang spesialisasi akuntansi antara lain meliputi : Akuntansi Keuangan, Auditing, Akuntansi Biaya, Akuntansi Manajemen, Akuntansi Perpajakan, Sistem Akuntansi, Akuntasi Anggaran, Akuntansi Pemerintahan dan Akuntansi Sosial.
          Peranan Akuntansi dalam kegiatan perusahaan dapat digunakn sebagai alat perencanaan dan alat evaluasi hasil kegiatan. Akuntansi sebagai alat perencanaan dapat terlihat apabila manajemen ingin mengetahui berapa jumlah uang yang harus dibayar, kapan jatuh temponya dan kepada siapa harus dibayar ini semuanya dapat diketahui dari catatan akuntansi. Sedangkan akuntansi sebagai alat evaluasi hasil kegiatan dapat terlihat apabila manajemen ingin membandingkan antara pelaksanaan sesungguhnya dengan tujuan yang direncanakan.
          Setiap kejadian atau peristiwa mengakibatkan adanya perubahan terhadap posisi keuangan dari suatu organisasi disebut dengan transaksi. Dalam perusahaan transaksi dapat dibedakan menjadi dua yaitu transaksi intern dan transaksi ekstern.
          Kekayaan atau harta yang dimiliki oleh perusahaan disebut aktiva sedangkan hak atau sumber dari mana aktiva tersebut berasal disebut ekuitas ( hak milik ). Hubungan antara aktiva dan hak milik ini dapat dinyatakan dalam persamaan sebagai berikut :

Aktiva          =          Ekuitas  

          Ekuitas dapat dibedakan menjadi dua bagian pokok, yaitu hak milik dari kreditur ( disebut dengan utang ) dan hak milik dari pemilik perusahaan ( disebut dengan modal atau ekuitas ) dengan demikian persamaan di atas dapat diperluas menjadi :

Aktiva          =          Utang          +          Ekuitas





Tes Formatif 1

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1). Akuntansi tidak dapat diterapkan pada organisas .....
A. yayasan
B. pemerintah daerah
C. koperasi
D. tidak tersedia jawaban yang tepat

2). Berikut ini, yang bukan bidang - bidang akuntansi adalah .....
A. auditing
B. akuntansi manajemen
C. matematika
D. anggaran

3). Disiplin ilmu yang berkaitan erat dengan bidang akuntansi keuangan adalah .....
A. auditing
B. sistem informasi
C. matematika
D. akuntansi manajemen

4). Akuntan yang bekerja di suatu perusahaan multinasional disebut .....
A. Akuntan Publik
B. Akuntan Swasta
C. Internal Auditor
D. Akuntan Internasional

5). Seorang auditor harus menguasai bidang .....
A. Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan
B. Auditing dan Akuntansi Keuangan
C. Auditing dan Akuntansi Manajemen
D. Akuntansi Keuangan dan Sistem Akuntansi




Kegiatan Belajar 2

Laporan Akuntansi
       
           Laporan keuangan suatu perusahaan biasanya terdiri atas empat jenis yaitu neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, dan perubahan arus kas. Neraca adalah daftar yang sistematis dari aktiva, utang dan modal pada tanggal tertentu, yang biasanya dibuat pada akhir bulan atau akhir tahun. Aktiva biasanya disusun berdasarkan urutan likuiditasnya. Atas dasar ini aktiva dapat dibedakan menjadi aktiva lancar dan aktiva tidak lancar, utang juga diurutkan berdasarkan likuiditasnya yaitu berdasarkan cepat tidaknya utang akan dilunasi, sedangkan modal diurutkan berdasarkan kekekalan atau keawetannya.
          Laporan laba rugi adalah laporan yang memuat ikhtisar pendapatan dan beban suatu perusahaan untuk periode tertentu, sehingga dari laporan ini dapat dihitung laba yang diperoleh atau rugi yang dialami suatu perusahaan. Pos - pos pendapatan dan beban disusun menurut besar - kecilnya. Semakin besar pos pendapatan dan beban berarti besar pos tersebut mendapat perhatian dari pembaca laporan.
          Laporan modal adalah laporan yang menunjukkan ikhtisar perubahan modal untuk periode tertentu, mungkin satu bulan atau satu tahun. Dari laporan ini dapat diperoleh sebab - sebab perubahan modal selama periode tertentu.
        Laporan arus kas merupakan laporan yang wajib dibuat perusahaan, menurut Standard Akuntansi Keuangan 1994 (PSAK No. 2). Laporan arus kas adalah laporan yang menggambarkan arus masuk dan arus keluar dari kas ( uang dan rekening giro ). Arus kas dapat bersumber dari operasi, investasi dan pendanaan atau financing. Pemakai laporan menggunakan laporan ini untuk dapat mengevalusi perubahan aktiva bersih perusahaan.




Tes Formatif 2

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
 
1). Tujuan akhir dari akuntansi keuangan adalah .....
A. laporan akuntansi
B. transaksi
C. laporan keuangan
D. dokumen
  
2). Berikut ini, yang tidak termasuk dalam Laporan Keuangan adalah .....
A. Laporan Inventaris
B. Laporan Laba Rugi
C. Neraca
D. Laporan Arus Kas

3). Bila perusahaan memperoleh laba sebesar Rp100.000,00 maka uang kas perusahaan akan .....
A. bertambah dengan jumlah Rp100.000,00
B. berkurang dengan jumlah Rp100.000,00
C. dapat bertambah atau dapat berkurang dengan jumlah Rp100.000,00
D. bertambah dan berkurangnya uang kas perusahaan tidak tergantung pada jumlah laba 

4). Perusahaan membeli tanah pada bulan Januari seharga 10 juta rupiah dengan biaya balik nama Rp500.000,00. Pada bulan Desember tanah tersebut ditawar perusahaan lain dengan harga 20 juta rupiah. Berapa rupiah tanah tersebut harus dicantumkan dalam neraca bulan Desember .....
A. Rp10.000.000,00
B. Rp10.500.000,00
C. Rp19.500.000,00
D. Rp20.000.000,00

5). Akuntansi yang bertujuan menghitung harga pokok produksi suatu barang disebut akuntansi .....
A. keuangan
B. biaya
C. anggaran
D. pemerintahan

Baca MODUL Lainnya :