Monday, October 2, 2017

Modul 7 : ESPA4224 - Statistika Ekonomi dan Bisnis

Modul 7 : ESPA4224 - Statistika Ekonomi dan Bisnis

ESPA4224 - STATISTIKA EKONOMI DAN BISNIS



RANGKUMAN

MODUL 7

Chi Square



Kegiatan Belajar 1

Konsep Chi Square

  1. Distribusi khi kuadrat adalah distribusi untuk variabel kontinu X" yang besarnya sama dengan jumlah kuadrat dari sejumlah nilai Z untuk X yang menyebar normal.
  2. Suatu variabel acak yang menyebar secara khi kuadrat dapat diturunkan dari suatu variabel acak yang menyebar normal atau menyebar normal baku.
  3. Statistik khi kuadrat sering digunakan untuk uji kebebasan dua variabel kategori. Uji ini didasarkan bahwa bila dua kejadian A dan B saling bebas, P ( A    B ) = P ( A ) P ( B ). Bila keadaan tersebut tidak tercapai, berarti A dan B tidak saling bebas atau dengan kata lain keduanya saling berhubungan satu sama lain.
  4. Untuk melakukan uji kebebasan dua variabel kategori ini, diperlukan nilai frekuensi harapan yang dihitung melalui penerapan konsep peluang bila kedua variabel diasumsikan bebas. Nilai frekuensi harapan yang diperoleh, selanjutnya akan dibandingkan dengan nilai frekuensi hasil observasi. Semakin dekat nilai frekuensi observasi dengan nilai frekuensi harapan, berarti kecenderungan bahwa kedua variabel kategori tersebut saling bebas semakin besar.



Kegiatan Belajar 2

Uji Kepatutan ( Goodness of Fit )

  1. Pada hakikatnya, uji kepatutan digunakan untuk menguji apakah distribusi sampel mendukung distribusi hipotesis. Bila dikaitkan dengan konteks percobaab, apakah distribusi frekuensi suatu percobaan sama atau tidak dengan distribusi frekuensi yang teoretis sebagaimana yang diharapkan.
  2. Pada konteks uji kepatutan, besaran khi kuadrat mengukur perbedaan ( penyimpangan ) antara frekuensi hasil observasi dan frekuensi harapan. Pada kondisi tidak terdapat perbedaan antara frekuensi hasil observasi dan frekuensi harapan, akan diperoleh nilai khi kuadrat sama dengan nol. Semakin besar perbedaan antara frekuensi hasil observasi dengan frekuensi harapan, nilai khi kuadrat akan semakin besar.


BERIKUTNYA :

- Modul 8 : ESPA4224 - Statistika Ekonomi dan Bisnis