Monday, October 9, 2017

Modul 6 : ESPA4220 - Teori Ekonomi Makro

Modul 6 : ESPA4220 - Teori Ekonomi Makro

ESPA4220 - TEORI EKONOMI MAKRO



RANGKUMAN

MODUL 6

Keseimbangan Pasar Barang dan Pasar Uang ( Kurva IS dan Kurva LM )



Kegiatan Belajar 1

Keseimbangan Pasar Barang : Kurva IS
  1. Pasar Barang adalah pasar yang mempertemukan penawaran dan permintaan barang dan jasa. Pasar barang sering diistilahkan dengan sektor riil.
  2. Kurva IS adalah kurva yang menghubungkan antara suku bunga ( i atau r ) dengan pendapatan nasional ( Y ) yang menunjukkan tingkat keseimbangan pada pasar barang.



Kegiatan Belajar 2

Keseimbangan Pasar Uang : Kurva LM
  1. Perpotongan Keynesian adalah model dasar dari penentuan pendapatan. Perpotongan Keynesian ini menganggap kebijakan fiskal dan investasi yang direncanakan adalah variabel eksogen dan menunjukkan bahwa ada satu tingkat pendapatan nasional di mana pengeluaran aktual sama dengan pengeluaran yang direncanakan. Dengan kata lain perpotongan keynesian menunjukkan bahwa perubahan - perubahan dalam kebijakan fiskal memiliki efek berantai terhadap pendapatan.
  2. Teori preferensi likuiditas adalah model dasar dari penentuan tingkat bunga. Teori ini menganggap penawaran uang dan tingkat harga sebagai variabel eksogen dan mengasumsikan tingkat bunga menyesuaikan untuk menyeimbangkan penawaran dan permintaan terhadap keseimbangan uang riil.



Kegiatan Belajar 3

Keseimbangan Umum dan Kebijakan Ekonomi Makro
  1. Model IS - LM merupakan teori umum tentang permintaan agregat terhadap barang dan jasa. Variabel - variabel eksogen dalam model ini adalah kebijakan fiskal, moneter, dan tingkat harga.
  2. Kurva IS menunjukkan hubungan negatif antara tingkat bunga dan tingkat pendapatan yang muncul dari keseimbangan di pasar barang dan jasa. Kurva LM menunjukkan hubungan positif antara tingkat bunga dan tingkat pendapatan yang muncul dari keseimbangan dalam pasar untuk keseimbangan uang riil.
  3. Kebijakan fiskal ekspansif dapat dilakukan dengan meningkatkan pembelian pemerintah atau pemotongan pajak yang akan menggeser kurva IS ke kanan sehingga meningkatkan tingkat bunga dan pendapatan.
  4. Kebijakan fiskal kontraktif akan menggeser kurva IS ke kiri sehingga akan menurunkan tingkat bunga dan pendapatan dan menggeser kurva permintaan agregat ke kiri.
  5. Kebijakan moneter ekspansif akan menggeser kurva LM ke bawah sehingga akan menurunkan tingkat bunga dan meningkatkan pendapatan.


BERIKUTNYA :

- Modul 7 : ESPA4220 - Teori Ekonomi Makro