Monday, April 10, 2017

EKMA4569 - Perencanaan Pemasaran

EKMA4569 - Perencanaan Pemasaran

EKMA4569 - PERENCANAAN PEMASARAN



RANGKUMAN

MODUL 1
Konsep Dasar Perencanaan Pemasaran dan Proses Penyusunannya



 
Kegiatan Belajar 

Konsep Dasar Perencanaan Pemasaran

          Perencanaan pemasaran adalah proses perencanaan tahapan - tahapan aktivitas dalam pemasaran. Manfaat perencanaan pemasaran :
  1. Perencanaan pemasaran merupakan peta situasi pasar.
  2. Perencanaan pemasaran membantu dalam kontrol manajemen dan implementasi strategi.
  3. Perencanaan pemasaran memberi informasi peran dan fungsi setiap anggota baru dalam suatu perusahaan.
  4. Perencanaan pemasaran memperlihatkan gambaran pengkoordinasian semua sumber daya untuk implementasi.
  5. Perencanaan pemasaran menstimulasi pemikiran baru dan pemanfaatan optimal sumber daya.
  6. Perencanaan pemasaran memberikan gambaran pembagian tanggung jawab, tugas, dan pengaturan jadwal kegiatan.
  7. Perencanaan pemasaran mengantisipasi masalah, kesempatan, dan ancaman.
Macam - macam perencanaan pemasaran :
  1. Perencanaan produk baru : perencanaan yang ditujukan untuk produk, layanan, lini produk, atau merek yang belum diperkenalkan perusahaan. Untuk membuat perencanaannya, terkadang Anda dituntut membuat banyak asumsi berdasar produk atau layanan yang mirip atau sejenis. 
  2. Perencanaan tahunan : perencanaan yang ditujukan untuk produk, proyek, layanan, atau merek yang sudah ada dalam perusahaan. Merupakan modifikasi atau penyesuaian perencanaan tahunan.
          Rencana strategi adalah arah atau visi jangka panjang organisasi dan bukan isu manajemen sehari - hari. Rencana strategi menjangkau waktu lebih dari tahun anggaran berikutnya. Biasanya berjangka waktu 3 sampai 5 tahun. Sedangkan rencana pemasaran taktik adalah rencana jangka pendek.
Proses penyusunan perencanaan pemasaran terdiri dari :
  1. penetapan pernyataan misi
  2. penetapan sasaran perusahaan
  3. melakukan audit pemasaran
  4. melakukan analisis SWOT
  5. membuat asumsi - asumsi
  6. menetapkan sasaran pemasaran dan strategi
  7. memperkirakan hasil yang diharapkan
  8. identifikasi rencana alternatif dan bauran
  9. menentukan anggaran
  10. membuat rencana implementasi satu tahun pertama
          Apabila perencanaan pemasaran didasarkan pada pasar, pelanggan, dan produk maka perencanaan perusahaan berkaitan dengan sumber daya perusahaan. Perencanaan perusahaan memberi visi jangka panjang tentang perusahaan. Apa yang diperjuangkan perusahaan, dengan mempertimbangkan harapan para pemegang saham, tren lingkungan, tren sumber daya pasar, tren pasar konsumsi, dan kompetensi khusus perusahaan seperti yang terlihat pada audit manajemen.
          Outline atau struktur perencanaan pemasaran :
TABEL DAFTAR ISI
Ringkasan eksekutif
I. Pendahuluan
II. Analisis situasi

    A. Lingkungan situasi
  1. Permintaan dan tren permintaan
  2. Faktor sosial dan budaya
  3. Demografi
  4. Kondisi ekonomi dan bisnis pada saat ini untuk produk ini dan untuk area geografis yang dipilih
  5. Kelas teknologi produk ini
  6. Politik
  7. Hukum dan regulasi
  B. Lingkungan netral
  1. Lingkungan finansial
  2. Lingkungan pemerintahan
  3. Lingkungan media
  4. Lingkungan yang menaruh minat khusus
  C. Lingkungan kompetitor

  D. Lingkungan erusahaan

III. Target Pasar
IV. Masalah dan Kesempatan
V. Sasaran Pemasaran dan Tujuan
VI. Strategi pemasaran
VII. Taktik pemasaran
VIII. Implementasi dan kontrol
IX. Ringkasan
X. Apendiks




TES OBJEKTIF OBYEKTIF

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !

1). Pemanfaatan secara terencana sumber daya pemasaran untuk mencapai sasaran pemasaran, disebut .....
A. strategi pemasaran
B. perencanaan pemasaran
C. taktik pemasaran
D. evaluasi pemasaran

2). Perencanaan pemasaran melibatkan keseluruhan aspek dalam organisasi. Oleh karena itu perencanaan pemasaran merupakan aktivitas yang bersifat multifaset dan lintas .....
A. fungsi
B. perusahaan
C. industri
D. SBU

3). Perencanaan pemasaran berguna untuk para .....
A. pemasar saja
B. bawahan saja
C. atasan saja
D. pemasar, atasan, bawahan dan fungsi nonpemasaran

4). Salah satu manfaat perencanaan pemasaran adalah .....
A. menggambarkan peta pasar
B. menggambarkan kondisi perusahaan
C. sebagai sumber informasi kualitas SDM bidang pemasaran
D. sebagai sumber informasi kinerja para wiraniaga

5). Dalam matriks Strategi Generik, jika anggaran relatif rendah dan diferensiasi tinggi maka perusahaan akan berada dalam kuadran .....
A. bencana
B. berbiaya murah
C. sukses
D. ceruk

6). Produk dengan spesifikasi yang sangat khusus disebut dengan produk .....
A. lini
B. item
C. ceruk
D. spesial

7). Jika suatu perusahaan menggunakan strategi ( doing right things ) yang efektif namun dengan taktik yang tidak efisien, maka perusahaan tersebut berada dalam kuadran .....
A. bertahan (survive)
B. mati (lambat)
C. berhasil
D. mati (cepat)

8). Jika suatu perusahaan strategi yang salah, namun dengan taktik yang efisien, maka perusahaan tersebut berada dalam kuadran .....
A. bertahan (survive)
B. mati (lambat)
C. berhasil
D. mati (cepat)

9). Aspek pertama yang harus dipertimbangkan dalam penyusunan perencanaan pemasaran adalah .....
A. mengidentifikasi segmen kunci
B. mengkaji pasar
C. menyusun misi dan tujuan
D. gambaran revenue dan profit

10). Perencanaan pemasaran meliputi rencana untuk jangka waktu .....
A. 1 - 3 tahun
B. 3 - 5 tahun
C. > 5 tahun
D. > 10 tahun


Baca MODUL Lainnya :

- EKMA4570 - Penganggaran