Monday, April 10, 2017

EKMA4567 - Perilaku Konsumen

EKMA4567 - Perilaku Konsumen

EKMA4567 - PERILAKU KONSUMEN
Tengku Ezni Balqiah, M.Si.
Hapsari Setyowardhani, S.E., M.M. 



RANGKUMAN


MODUL 1

Pemahaman Konsep dan Studi Perilaku Konsumen dalam Pengembangan Strategi Pemasaran




Kegiatan Belajar 1

Konsep Dasar Perilaku Konsumen

          Perilaku konsumen adalah proses yang dilalui oleh seseorang/organisasi dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan membuang produk atau jasa setelah dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhannya. Perilaku konsumen akan diperlihatkan dalam beberapa tahap yaitu tahap sebelum pembelian, pembelian, dan setelah pembelian. Pada tahap sebelum pembelian konsumen akan melakukan pencarian informasi yang terkait produk dan jasa. Pada tahap pembelian, konsumen akan melakukan pembelian produk, dan pada tahap setelah pembelian, konsumen melakukan konsumsi (penggunaan produk), evaluasi kinerja produk, dan akhirnya membuang produk setelah digunakan.
          Konsumen dapat merupakan seorang individu maupun organisasi, mereka memiliki peran yang berbeda dalam perilaku konsumsi, mereka mungkin berperan sebagai initiator, influencer, buyer, payer atau user
          Dalam upaya untuk lebih memahami konsumennya sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen, perusahaan dapat menggolongkan konsumennya ke dalam kelompok yang memiliki kemiripan tertentu, yaitu pengelompokan menurut geografi, demografi, psikografi, dan perilaku.




Tes Formatif 1

ilihlah satu jawaban yang paling tepat !

1). Seseorang yang secara rutin membeli produk dengan merek tertentu dan dari toko tertentu  pula disebut .....
A. pelanggan
B. konsumen
C. pemakai
D. pembeli

2). Setiap orang yang terlibat dengan suatu kegiatan, seperti yang tercantum pada definisi perilaku konsumen disebut .....
A. pelanggan
B. konsumen
C. pemakai
D. pembeli

3). Perilaku konsumen terkait dengan perilaku yang diperlihatkan dalam proses pengambilan keputusan dalam .....
A. memperoleh produk
B. menggunakan produk
C. membuang produk - produk yang dikonsumsi
D. jawaban A, B, dan C benar  

4). Konsumen yang melakukan pembelian adalah konsumen yang memiliki peran sebagai .....
A. user
B. influencer
C. buyer
D. initiator

5). Seorang ibu memberikan pendapatnya pada saat si anak bingung memilih model sepatu yang sesuai dikenakan ke sekolah. Si ibu di sini berperan sebagai .....

A. user
B. influencer
C. buyer
D. initiator 
 
6). Pandangan tradisional mendefinisikan konsumen secara tegas terkait dengan produk - produk dan jasa - jasa ekonomi sehingga akan muncul konsumen .....
A. ibu - ibu rumah tangga
B. anak sekolah
C. pedagang kaki lima
D. sepeda motor

7). Konsumen akhir adalah individu - individu yang melakukan pembelian untuk .....
A. konsumsi sendiri atau konsumsi rumah tangga
B. dijual kembali kepada orang lain
C. dijual kembali kepada perusahaan lain
D. dijual kembali kepada pihak ketiga

8). Perbedaan dari konsumen individu dengan konsumen organisasi adalah terletak pada .....
A. besarnya pengeluaran
B. jenis produk 
C. motif penggunaannya
D. waktu penggunaan

9). Konsumen organisasi diantaranya .....
A. asosiasi Profesi
B. perawat rumah sakit
C. guru - guru SD
D. penduduk Kampung Melayu

10). Berikut ini merupakan karakteristik konsumen akhir adalah .....
A. memiliki hubungan yang erat dengan pemasok
B. jumlah barang yang dibeli dalam jumlah besar
C. dikonsumsi untuk kebutuhan individu atau kelompok
D. proses trnsaksinya formal





Kegiatan Belajar 2

Perilaku Konsumen sebagai Sebuah Studi

          Perilaku konsumen adalah salah satu cabang dari ilmu manajemen, yaitu lebih spesifik lagi bidang pemasaran. Studi tentang perilaku konsumen merupakan integrasi antara berbagai bidang ilmu, yaitu ekonomi, sosiologi, antropologi, dan psikologi. Seiring dengan perkembangan zaman, studi perilaku konsumen ini juga makin berkembang.
           Studi perilaku konsumen muncul seiring dengan berkembangnya konsep pemasaran, yang merupakan cara pandang pemasar dalam menghadapi konsumen dan pesaingnya, dimana pemasar berusaha memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen secara lebih efektif dari para pesaingnya. Tujuannya adalah memperoleh kepuasan pelanggan. Sehingga ilmu perilaku konsumen dibutuhkan untuk mengidentifikasi apa kebutuhan dan keinginan konsumen dan pelanggan tersebut sehingga pemasar mampu menyusun dan mengimplementasikan strategi pemasar yang tepat untuk karakteristik konsumen yang menjadi target pasar.
          Pemahaman tentang konsumen ini diperoleh pemasar melalui penelitian - penelitian perilaku konsumen sehingga dapat dipertanggungjawabkan kebenaran informasi yang terima dann digunakan dalam penyusunan strategi pemasaran.


 

Kegiatan Belajar 3

Perilaku Konsumen dan Strategi

          Perilaku konsumen terkait dengan strategi pemasaran, di mana pemasaran harus mampu menyusun kriteria pembentukan segmen konsumen, kemudian melakukan pengelompokan dan menyusun profil dari konsumen tersebut. Kemudian, pemasar memilih salah satu segmen untuk dujadikan pasar sasaran. Dan setelah itu, pemasar menyusun dan mengimplementasikan strategi bauran pemasaran yang tepat untuk segmen tersebut.
          Studi tentang perilaku konsumen juga tidak terlepas pada masalah riset pemasaran. Riset pemasaran adalah salah satu perangkat dalam Sistem Informasi Manajemen ( SIM ), yang melakukan pengumpulan informasi tentang sikap, motivasi, keinginan, dan hal - hal lainnya tentang konsumen. Informasi ini digunakan sebagai dasar bagi pembentukan karakteristik dari segmen sehingga konsumen dapat dikelompokkan dan diidentifikasikan, dan dapat dibedakan dari segmen lainnya.




Baca MODUL Lainnya :

- EKMA4568 - Pemasaran Jasa