Monday, April 24, 2017

EKMA4475 - Pemasaran Strategik

EKMA4475 - Pemasaran Strategik

EKMA4475 - PEMASARAN STRATEGIK



RANGKUMAN

MODUL 1
Pemasaran Strategi



Kegiatan Belajar 1

Strategi Bisnis : Konsep dan Perkembangan Manajemen

          Cravens & Piercy (2006: 30) mengatakan bahwa pemasaran strategis adalah sebuah roses pengembangan strategi yang didorong oleh pasar yang memperhitungkan sebuah lingkungan bisnis yang selalu berubah dan kebutuhan untuk menyampaikan nilai pelanggan yang superior. Jadi, pada hakikatnya, pemasaran strategis membahas proses yang harus dilakukan dalam menetapkan sebuah strategi yang didorong oleh pasar agar dapat mencapai sasaran perusahaan yaitu menyampaikan nilai pelanggan yang lebih unggul daripada nilai pelanggan yang disampaikan oleh para pesaing.
          Nilai pelanggan (customer value) adalah perbandingan antara manfaat - manfaat yang didapat dari sebuah produk dengan pengorbanan - pengorbanan yang harus dikeluarkan untuk memperoleh manfaat - manfaat tersebut.



Tes Formatif 1

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !

1). Perbandingan antara manfaat - manfaat yang didapat dari sebuah produk dengan pengorbanan - pengorbanan yang harus dikeluarkan untuk memperoleh manfaat - manfaat tersebut disebut .....
A. nilai
B. nilai pelanggan
C. cost-benefit ratio
D. benefit ratio

2). Persepsi kinerja sebuah produk dibandingkan dengan harapan - harapan seorang pembeli disebut .....
A. nilai
B. nilai pelanggan
C. kepuasan pelanggan
D. kualitas

3). Strategi organisasi yang menentukan pada bisnis apa sebuah perusahaan beroperasi, harus beroperasi atau ingin beroperasi, dan apa yang ingin dilakukan dalam bisnis - bisnis tersebut disebut strategi .....
A. fungsional
B. bersaing
C. bisnis
D. korporasi

4). Strategi yang digunakan oleh berbagai departemen fungsional dari sebuah organisasi untuk mendukung strategi bisnis atau bersaingnya disebut .....
A. fungsional
B. bersaing
C. bisnis
D. korporasi

5). Tiga tipe utama strategi korporasi yaitu strategi .....
A. korporat, bisnis dan fungsional
B. bertumbuh, stabilitas dan strategi pembaharuan
C. kepemimpinan biaya, diferensiasi dan fokus 
D. tidak ada jawaban yang benar 




Kegiatan Belajar 2

Strategi Pemasaran : Konsep dan Perkembangannya

          Apa tugas pemasaran dalam perencanaan strategis? Pertama, bersama pimpinan bagian - bagian fungsional lainnya, manajer pemasaran ikut dalam perumusan perencanaan strategis organisasi. Kedua, membuat rencana pemasaran strategis yang berdasarkan rencana strategis bisnis dan terintegrasi dengan rencana strategis fungsi - fungsi lainnya.
          Strategi pemasaran berisikan analisis, pengembangan strategi, dan implementasi kegiatan - kegiatan yang menyangkut : (1) segmentasi, (2) pemilihan pasar sasaran, dan (3) pengimplementasian dan pengelolaan strategi - strategi pemosisian (positioning strategies) yang didesain untuk memberikan nilai (value) bagi setiap segman yang dipilih ( Craven dan Piercy 2006).


Baca MODUL Lainnya :