Sunday, April 23, 2017

EKMA4159 - Komunikasi Bisnis

EKMA4159 - Komunikasi Bisnis

EKMA4159 - KOMUNIKASI BISNIS



RANGKUMAN


MODU 1
Komunikasi Bisnis



Kegiatan Belajar 1

Memahami Komunikasi Manusia
      
          Komunikasi dapat kita pandang sebagai proses dan interaksi untuk membangun makna. Kita mempelajari komunikasi sebagai proses. Salah satu ahli komunikasi yang melihat komunikasi sebagai proses adalah Harold D. Lasswell, yang terkenal dengan formula atau model komunikasi yang menjelaskan komunikasi dengan pertanyaan seperti berikut : who, says what, in which channel, to whom, with what effect.           Ada beberapa model komunikasi yang menjelaskan proses komunikasi manusia. Model Shannorn dan Weaver merupakan salah satu model awal yang menjelaskan fenomena komunikasi. Ada model Berlo yang menjelaskan situasi dan kondisi komunikator dan komunikan. Ada model Gudykunst dan Kim yang menjelaskan pengaruh kultural dalam kegiatan komunikasi manusia.

Sedangkan tujuan komunikasi manusia menurut Dimbleby dan Burton adalah :

a. informasi
b. hubungan ( relasi )
c. persuasi
d. kekuasaan
e. pengambilan keputusan, dan
f. ekspresi diri

Gordon I. Zimmerman mengategorikan tujuan komunikasi manusia menjadi :
a. untuk penyelesaian tugas - tugas penting bagi kebutuhan kita, dan
b. untuk membangun dan memupuk hubungan dengan orang lain.
          Kedua kategori tujuan tersebut, menunjukkan bahwa komunikasi memiliki fungsi isi yang melibatkan pertukaran informasi yang kita perlukan untuk menyelesaikan tugas dan fungsi hubungan yang melibatkan pertukaran informasi tentang bagaimana hubungan kita dengan orang lain. Ada juga yang merumuskan tujuan komunikasi sebagai :
a. menginformasikan
b. mendidik
c. menghibur, dan
d. mempengaruhi

         Tindak komunikasi manusia pun tidak bisa dilepaskan dari nilai - nilai dan etika. Tindak komunikasi merupakan tindakan yang terikat nilai - nilai dan etika tempat komunikasi berlangsung. komunikasi yang etis dan menghargai nilai - nilai merupakan salah satu karakteristik komunikasi manusia.




Tes Formatif 1

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1). Mempelajari modul ini bisa kita pandang sebagai proses komunikasi, sehingga penulis modul ini bisa dipandang sebagai .....
A. komunikator
B. komunikan
C. media
D. efek

2). Terkait dengan pertanyaan nomor 1 di atas, Anda saat membaca modul ini disebut sebagai .....
A. komunikator
B. komunikan
C. media
D. efek
 
3). Sedangkan buku atau CD modul yang Anda baca ini dalam kegiatan atau proses komunikasi dinamakan .....
A. komunikator
B. komunikan
C. media
D. efek
 
4). Ada pun adanya perubahan pengetahuan pada diri Anda setelah mempelajari modul ini, dan juga modul yang lain, dalam proses komunikasi dinamakan .....
A. komunikator
B. komunikan
C. media
D. efek

5). Ketika Anda mengisi soal tes formatif ini, lalu mencocokkannya dengan kunci jawaban dan Anda mengetahui persentase penguasaan Anda pada satu kegiatan belajar dan hasilnya Anda pakai untuk memperbaiki penguasaan Anda atas kegiatan belajar, dalam komunikasi dinamakan .....
A. komunikator
B. komunikan
C. umpan - balik
D. efek
 



Kegiatan Belajar 2

Memahami Komunikasi Bisnis

        Komunikasi bisa dapat didefinisikan sebagai "pertukaran gagasan, pendapat, informasi, instruksi dan sebagainya yang memiliki tujuan tertentu yang disajikan secara personal atau impersonal melalui simbol - simbol atau sinyal - sinyal untuk mencapai tujuan organisasi". Dalam definisi tersebut, terkandung 6 unsur pokok komunikasi bisnis, yaitu :
  1. tujuan
  2. pertukaran
  3. gagasan, opini, informasi, instruksi
  4. saluran personal atau impersonal
  5. simbol atau sinyal
  6. pencapaian tujuan organisasi 
         Sedangkan ruang lingkup komunikasi bisnis pada dasarnya merumuskan pihak - pihak yang terlibat dalam kegiatan atau proses komunikasi. Pada umumnya, ruang lingkup ini menunjuk pada :
a. lingkungan internal atau stakeholder internal organisasi yaitu pemilik saham, karyawan dan manajer, dan 
b. lingkungan eksternal atau stakeholder eksternal organisasi yang mencakup lingkungan pemberi pengaruh langsung atau lingkungan tugas seperti pemasok dan regulator dan lingkungan pemberi pengaruh tidak langsung seperti perkembangan teknologi dan situasi sosial - ekonomi - politik.          
     Ada pun variabel - variabel yang perlu dicermati dalam komunikasi bisnis mencakup :
a. variabel komunikator
b. variabel pesan
c. variabel saluran/media
d. variabel penerima/komunikan
e. variabel konteks, dan 
f. variabel efek
     Sedangkan prinsip komunikasi bisnis yang penting diperhatikan dikenal dengan akronim 7C yang mencakup :
a. completnass
b. conciseness
c. concretness
d. consideration
e. clarity
f. courtesy, dan 
g. correctness



Tes Formatif 2

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1). Salah satu komponen penting dalam komunikasi bisnis yang harus kita perhatikan adalah .....
A. tujuan komunikasi
B. tujuan organisasi
C. tujuan pesan
D. tujuan komunikator 

2). Berikut ini merupakan salah satu stakeholder internal yang termasuk dalam cakupan ruang lingkup komunikasi bisnis .....
A. pemasok
B. pemerinyah
C. distributor
D. pemilik saham
  
3). Salah satu prinsip komunikasi bisnis adalah .....
A. Kesantunan
B. Pengetahuan
C. Pendirian
D. Penegasan

4). Variabel komunikasi bisnis yang menunjukkan apa yang hendak disampaikan melalui komunikasi bisnis adalah .....
A. komunikator
B. komunikan
C. pesan
D. efek

5). Bentuk komunikasi yang merupakan penyampaian informasi dari bawahan pada atasan dikenal dengan istilah .....
A. upward communications
B. downward communications
C. sideways communications
D. multichannel communications


Baca MODUL Lainnya :

- EKMA4210 - Akuntansi Keuangan Menengah I