Wednesday, March 29, 2017

SOSI4205 - Sosiologi Ekonomi

SOSI4205 - Sosiologi Ekonomi

SOSI4205 - SOSIOLOGI EKONOMI
Drs. Pheni Chalid, S.F., M.A., Ph.D.



RANGKUMAN

MODUL 1

Perkembangan Sosiologi Ekonomi





Kegiatan Belajar 1

Sejarah Sosiologi Ekonomi

          Sosiologi ekonomi merupakan disiplin ilmu yang muncul dengan melihat kenyataan bahwa ekonomi dengan kehidupan sosial adalah fenomena yang tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lainnya. Sejarah perkembangan masyarakat menunjukkan bahwa kedua aktivitas tersebut secara disiplin ilmu dapat dianalisis tersendiri. Namun demikian, dalam praktiknya antara aktivitas ekonomi dan sosial melekat satu sama lain sehingga menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.
          Pemikir ekonomi klasik Adam Smith menegaskan bahwa pelaku - pelaku ekonomi bahkan saling berhubungan secara personal, mengadakan pertemuan informal untuk sekedar bersenang - senang, tetapi ternyata dalam kesempatan tersebut melakukan pembicaraan yang berkaitan dengan bisnis yang dijalankan. Di akhir pembicaraan biasanya akan terjadi konspirasi yang bertujuan menetapkan harga jual. Artinya, ada kalanya harga tidak selalu dipengaruhi oleh hukum permintaan dan penawaran, tetapi juga disebabkan oleh pemilik modal. Inilah yang disebut sebagai melekatnya aktivitas ekonomi terhadap sosial.
          Perilaku sosial juga berpengaruh dalam tindakan ekonomi, jadi dalam spektrum yang lebih luas. Ekonomi tidak hanya dipandang sebagai faktor - faktor produksi, tetapi lebih dari itu bagaimana aktivitas ekonomi dipengaruhi oleh nilai - nilai dan orientasi masyarakat. Jadi, banyak faktor yang memengaruhi kapabilitas seseorang dalam mencapai tingkat ekonomi tertentu. Peran, status, nilai, tradisi, kebiasaan dan etos kerja mendinamisasi kegiatan ekonomi. Hal inilah yang menjelaskan mengapa terjadi perbedaan pencapaian ekonomi tiap individu, kelompok atau pun negara. 


Tes Formatif 1

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1). Aktivitas ekonomi suatu negara sangat dipengaruhi oleh .....
A. perubahan sosial
B. mobilitas sosial
C. perilaku sosial
D. dinamika sosial

2). Pemikiran Markentalis merupakan kumpulan pendapat tentang hal - hal sebagai berikut, kecuali ..... 
A. nilai - nilai (values) dalam masyarakat
B. perubahan sosial
C. saran - saran kebijakan
D. pernyataan tentang sifat kehidupan ekonomi

3). Pandangan kaum Markentalis berpendapat bahwa salah satu cara untuk meningkatkan kekuasaan negara adalah dengan jalan .....
A. meningkatkan kekayaan nasional
B. mengurangi tingkat kemiskinan masyarakat
C. mengurangi jumlah penduduk
D. menambah peralatan perang

4). Salah satu persyaratan terciptanya pasar persaingan sempurna, menurut Smith adalah .....
A. tidak adanya pembatasan penjualan barang di suatu tempat
B. tidak adanya agen penjualan ekonomi yang sekaligus menjadi agen politik
C. tidak adanya campur tangan pemerintah dalam penentuan harga barang
D. tidak adanya kekuasaan politik yang dapat memengaruhi perusahaan untuk memproduksi suatu barang tertentu

5). Analisis Sosiologi Ekonomi yang bertitik tolak pada individu adalah cara pandang pada konsep .....
A. aktor
B. tindakan individu
C. tindakan ekonomi
D. tindakan masyarakat




Kegiatan Belajar 2

Ekonomi, Faktor - faktor Sosial, dan Para Pemikir Sosiologi yang Membangun Fundamen Sosiologi Ekonomi

          Aspek sosial dalam banyak kasus memperlihatkan adanya keterkaitan yang positif dengan peningkatan aktivitas ekonomi. Beberapa penelitian dan nilai budaya lokal memperlihatkan betapa kedua hal tersebut menjadi pendorong bagi munculnya kapitalisme. Weber dalam bukunya menyatakan bahwa Etika Protestan merupakan akar dari tumbuhnya jiwa kapitalisme pada kelompok masyarakat penganut Kristen Protestan dari sekte Calvin. Weber memperlihatkan bahwa ajaran tersebut secara praktik menjadi semacam spirit untuk bekerja keras, hemat dan rajin menabung. Sikap ini sangat berpengaruh secara positif terhadap tumbuhnya etos kerja.
          Penekanan pada kerja keras dan hidup hemat merupakan Etika Protestan dan menjadi spirit bagi munculnya kapitalisme. Ajaran ini dipahami oleh sekte Calvin mengandung ajaran untuk selalu bekerja keras di dunia dan berlaku hemat. Orang - orang seperti inilah yang akan dipilih oleh Tuhan untuk dapat masuk ke surga.
          Jiwa kewirausahaan di Jepang juga muncul dari kalangan kaum samurai. Kaum samurai sangat memegang teguh nilai - nilai tradisional yang terdapat dalam agama Tokugawa. Nilai tersebut yang kemudian beradaptasi dan menjadi modal utama dalam proses industrialisasi. Etika samurai menekankan pada pengoerasian semua bentuk usaha dengan memegang teguh janji demi negara, dan memberikan spirit untuk bekerja keras dan tangguh dengan tetap memperhatikan kepentingan dan rasa orang lain.
          Perekonomian di Hongkong juga ditunjang dengan rekrutmen perusahaan yang pada umumnya berasal dari kalangan keluarga. Rekrutmen dengan pola rekomendasi tersebut mengefisienkan biaya pelatihan dan memudahkan kontrol terhadap pekerja. Orang - orang yang memasuki pekerjaan dengan sistem rekomendasi pada umumnya lebih loyal karena sikap dan kinerjanya akan memengaruhi pemberi rekomendasi.
          Aspek - aspek sosial seperti inilah dalam aktivitas ekonomi justru menjadi pelumas bagi terbangunnya komitmen bisnis. Akhirnya, aktivitas ekonomi tidak dapat dianalisis secara terpisah pada dataran praktis. Akan tetapi, untuk mengalkulasi rugi - laba, aktivitas tersebut memang terpisah. Pada tingkat pelaksanaan, dinamika dan setting sosial para aktor ekonomi akan terlibat dalam aktivitas tersebut. Itulah sebabnya kita dapat melihat bahwa capaian ekonomi masing - masing individu, kelompok bahkan negara berbeda - beda. Beberapa aspek sosial yang berasal dari sosialitas para pelaku ekonomi memainkan peran dan menjadi spirit bagi perilaku ekonominya. Terdapat sikap, etika, kebiasaan, tradisi dan aspek - aspek yang dikategorikan sebagai bagian dan properti sosial ternyata mampu memengaruhi proses ekonomi.


Tes Formatif 2

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1). Kata kunci yang menjadi spirit munculnya kapitalisme di dalam etika Protestan adalah .....
A. kejujuran dan kerja keras
B. berlaku hemat dan berusaha
C. bekerja keras dan berlaku hemat
D. bekerja keras dan bersedekah 
 
2). Etika samurai yang mempunyai andil terbentuknya proses industrialisasi di Jepang adalah .....
A. kamikaze
B. bekerja keras dan tangguh
C. berhemat dan berdo'a
D. mengetahui selera konsumen

3). Hal yang perlu diperhatikan dalam dalam upaya mendorong masyarakat ke arah industrialisasi adalah rasionalitas mereka, karena mereka .....
A. tidak rasional
B. enggan melakukan perubahan
C. takut berspekulasi
D. tidak mau bekerja keras

4). Peran dan aktivitas ekonomi seseorang dalam masyarakat tradisional banyak dipengaruhi oleh hal - hal sebagai berikut, kecuali .....
A. usia
B. jenis kelamin
C. posisi dalam keluarga
D. kelas sosial

5). Kelompok etnis yang sama biasanya dapat berkembang menjadi interaksi ekonomi yang intens, karena di antara mereka terdapat .....
A. kepercayaan tradisional
B. senasib sepenanggungan
C. semangat kebersamaan
D. menjaga eksistensi kelompoknya



Baca MODUL Lainnya :

- ADBI4201 - Bahasa Inggris Niaga