Tuesday, March 28, 2017

ESPA4316 - Sejarah Pemikiran Ekonomi

ESPA4316 - Sejarah Pemikiran Ekonomi

ESPA4316 - SEJARAH PEMIKIRAN EKONOMI



RANGKUMAN

MODUL 1

Perkembangan Pemikiran Ekonomi dan Kontroversi 




Kegiatan Belajar 1

Perkembangan Pemikiran Ekonomi dan Kontroversi

          Pengertian teori ekonomi adalah abstraksi dari kenyataan ekonomi yang berupa konsep - konsep tentang variabel, asumsi (andaian), perilaku, dan prediksi variabel. Sebuah teori muncul dari adanya metodologi. Teori ekonomi berkembang terus karena masalah - masalah ekonomi dalam dunia nyata mengalami perubahan. Dalam usaha untuk menyelesaikan masalah tersebut, lahirlah pemikiran - pemikiran yang diakui sebagai teori. Teori ini merupakan jawaban teoritik terhadap masalah tadi. Jika jawaban teoritik tadi dapat dibenarkan oleh penelitian empirik maka relevansi teori mendukung dalam penyelesaian masalah ekonomi. Dengan demikian, teori tersebut dapat menjelaskan kenyataan ekonomi dan dapat pula meramalkan apa yang akan terjadi terhadap perilaku variabel - variabel ekonomi. 
          Mempelajari teori ekonomi positif berarti mempelajari apa adanya tentang masalah - masalah ekonomi, sedangkan mempelajari ilmu ekonomi normatif cenderung apa seharusnya. Mempelajari sejarah pemikiran ekonomi bertujuan agar kita dapat mengetahui perkembangan pemikiran dan teori ekonomi, memberi inspirasi, menanamkan sikap demokatik, dan toleran.



Tes Formatif 1

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat ! 

1). Salah satu tokoh yang menggunakan metode analisis kuantitatif adalah .....
A. Adam Smith
B. Jan Timbergen
C. JM. Keynes
D. JB. Say

2). Sifat dari variabel ekonomi adalah .....
A. Relatif tidak terkontrol
B. Terukur
C. Kuantitatif
D. Dapat dikontrol

3). Struktur pasar yang banyak dijelaskan pada buku yang ditulis oleh Adam Smith pada tahun 1776 adalah .....
A. Duopoli
B. Persaingan sempurna
C. Oligopoli
D. Persaingan tidak sempurna

4). Salah satu ciri dari ilmu positif adalah mempelajari sesuatu dari sisi .....
A. Yang sebaiknya
B. Normanya
C. Yang seharusnya
D. Apa adanya

5). Menurut kaum Klasik, keseimbangan akan terjadi dengan sendirinya karena diatur oleh tangan yang tak tampak atau sering diistilahkan dengan .....
A. Interest Rate
B. Full Employment
C. General Equilibrium
D. Invisible Hand 




Kegiatan Belajar 2

Kontroversi Teori Ekonomi

          Secara formal, ilmu ekonomi lahir pada tahun 1776 dengan hadirnya buku The Wealth of Nations hasil karya Adam Smith sekaligus dijuluki sebagai bapak ilmu ekonomi. Pada masa sebelumnya, konsep ekonomi masih bercampur dengan aspek sosial, politik, dan etika sehingga tidak ada pemikiran ekonomi yang tersusun secara sistematik dan mendalam.
          Perbedaan pendapat antara ahli filsafat dan pelaku ekonomi melahirkan kesimpulan yang berbeda dalam melihat perilaku variabel ekonomi. Perbedaan pandangan inilah selanjutnya menjadi kontroversi dalam teori ekonomi. Sumber - sumber kontroversi teori ekonomi ada 3, yaitu kesulitan untuk merumuskan hipotesis yang tepat dan benar, perilaku ekonomi, dan kadar nilai.
          Usaha - usaha untuk memurnikan teori ekonomi telah dilakukan sehingga terjadi pemisahan antara analisis teori ekonomi dan analisis kebijakan. Dalam analisis teori ekonomi bersifat apa adanya sehingga bebas nilai, sedangkan dalam analisis kebijakan bersifat apa yang seharusnya.
          Kontroversi dapat diselesaikan jika salah satu teori terbukti secara empiris lebih relevan untuk menjelaskan realitas ekonomi. Cara lain adalah bahwa setiap generasi pemikir ekonomi memiliki kemampuan untuk menyelesaikan permasalahan - permasalahan yang tidak taat asas dalam teori - teori ekonomi yang berkembang sebelumnya. Dengan cara mengurangi nilai dalam pembahasan - pembahasan ekonomi maka kontroversi teori ekonomi dapat mengalami rekonsiliasi.




Tes Formatif 2

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !

1). Secara formal ilmu ekonomi lahir pada tahun .....
A. 1779
B. 1778
C. 1777
D. 1776

2). Ahli ekonomi yang menjelaskan pertama kali tentang cakupan ilmu ekonomi adalah .....
A. Adam Smith
B. John Locke
C. Wiliam Petty
D. Kennel Galbraith

3). Kesulitan melepas faktor pertimbangan ( judgement ) merupakan sumber timbulnya kontroversi pemikiran ekonomi yang .....
A. Pertama
B. kedua
C. ketiga
D. keempat

4). Bentuk ramalan terhadap perilaku variabel berupa .....
A. metode
B. hipotesis
C. analisis
D. kesimpulan

5). Lahirnya kontroversi dalam ilmu ekonomi disebabkan .....
A. Perbedaan pandangan atas variabel ekonomi
B. Perbedaan penelitian di bidang ekonomi
C. Perbedaan ahli ekonomi
D. Perbedaan pribadi para ahli ekonomi 




Kegiatan Belajar 3

Tokoh - tokoh Pemikir Ekonomi

          Kegiatan ekonomi dan pemikiran ekonomi sebenarnya sudah ada sejak zaman dahulu, namun secara formal ilmu ekonomi lahir pada tahun 1776, dengan terbitnya buku The Wealth of Nation karya Adam Smith. Kegiatan ekonomi pada masa kerajaan - kerajaan kuno masih sangat sempit dan diragukan kebenarannya.
          Adam Smith adalah pakar utama dan pelopor dalam mazhab Klasik yang kemudian dinobatkan menjadi Bapak Ilmu Ekonomi melalui karya besarnya, yaitu An Inguiry Into the Nature and Causes of the Wealth on Nations. Gagasannya adalah sistem ekonomi yang mengoperasionalkan dasar - dasar ekonomi persaingan bebas tanpa campur tangan pemerintah. Sistem ekonomi akan menuju keseimbangan dengan sendirinya yang diatur oleh invisible hand sehingga tugas pemerintah adalah melindungi rakyat, menegakkan keadilan, dan menyiapkan sarana serta prasarana umum. Ia lahir pada tahun 1723 dan meninggal dalam usia 67 tahun.
          David Richardo lahir pada tahun 1771 di Inggris, ia tidak pernah menuntut pelajaran formal di sebuah lembaga pendidikan tinggi. David Richardo merupakan seorang praktisi yanberasal dari keluarga pedagang sebagai stock broker. Bukunya adalah Principles of Political Economy and Taxation terbit pada tahun 1817. Ricardo penganut Laisses Faire, dan mengembangkan dasar toeri nilai yang terkenal dengan labor theory of value. Perangkat teori yang dikembangkan oleh Ricardo menyangkut empat pokok permasalahan, yaitu :
(1) teori tentang nilai dan harga barang.
(2) teori tentang distribusi pendapatan.
(3) teori tentang perdagangan internasional, dan
(4) teori tntang akumulasi dan perkembangan ekonomi.
          Alfried Marshall merupakan tokoh perintis Neo Klasik. Ia adalah seorang guru besar dari Universitas Cambridge dan mengasuh mata pelajaran Ekonomi Politik. Karyanya adalah The Principles of Economics terbit pada tahun 1890 Marshall merapikan teori surplus konsumen, utilitas marginal, dan berhasil menurunkan kurva permintaan. Menurutnya, mekanisme pasar lahir dari kekuatan permintaan dan penawaran. Bekerjanya kekuatan permintaan dan penawaran tersebut ibarat bekerjanya dua mata gunting.
          Keynes lahir pada tahun 1883, putera dari John Neville Keynes, seorang ahli logika dan ekonomi politik. John Mynard Keynes menerbitkan buku The General Theory of Employment, Interest, and Money. Disamping sebagai pengajar ekonomi di Cambridge, juga menjadi editor pada Economic Journal selama tidak kurang 35 tahun. Dalam bukunya The General Theory of Employment, Interest, and Money, Keynes menyampaikan kritik terhadap ekonomi klasik dan juga memberikan sumbangan pemikiran teori ekonomi, antara lain perangkap likuiditas, tingkat suku bunga yang inelastis terhadap permintaan investasi, ketegaran upah, keseimbangan dalam pengangguran, dan intervensi pemerintah untuk menyelamatkan kapitalisme. Sumbangan pemikiran ini bertujuan untuk menghadapi resesi global tahun 1930-an. 
    



Tes Formatif 3

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1). Pemahaman proses kegiatan ekonomi yang telah tercatat dalam kitab - kitab suci sudah dimulai sejak zaman kerajaan .....
A. Babilonia
B. Modern
C. Masehi
D. Klasik 

2). Tokoh ekonomi yang hidup pada abad ke 12 - 13 adalah .....
A. JM Keynes
B. Adam Smith
C. St. Aquinas
D. Plato

3). Karya Adam Smith yang menjadikannya sebagai Bapak Ilmu Ekonomi adalah .....
A. Economic Journal
B. The General Theory of Employment and Money
C. Principles of Political Economy and taxation
D. An Inquiry Into the Nature and Causes of the Wealth on Nations

4). Alfred Marshall merupakan seorang tokoh ekonomi yang hidup pada zaman .....
A. Klasik
B. Pra Klasik
C. Neo Klasik
D. Merkantilis

5). JM. Keynes merupakan seorang tokoh ekonomi yang mengkritik kaum Klasik, ia dilahirkan pada tahun .....
A. 1880
B. 1881
C. 1882
D. 1883 


Baca MODUL Lainnya :

- ESPA4317 -  Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan