Saturday, March 18, 2017

ESPA4227 - Ekonomi Moneter

ESPA4227 - Ekonomi Moneter

ESPA4227 - EKONOMI MONETER
Prof. Dr. F. X. Sugiyanto, M.S.
Dr. Etty Puji Lestari, M.Si 




RANGKUMAN

MODUL 1

Peranan Uang dalam Perekonomian




Kegiatan Belajar  1

Sejarah Lahirnya Uang

          Ekonomi moneter merupakan bagian dari ilmu ekonomi yang khusus yang mempelajari tentang sifat, fungsi dan pengaruh uang terhadap kegiatan ekonomi. Beberapa alasan yang dapat dikemukakan dalam mempelajari ekonomi moneter adalah pemahaman secara mendalam tentang mekanisme penciptaan uang, tingkat bunga, pasar uang, sistem dan kebijakan moneter, serta pembayaran internasional.
          Uang yang kita kenal sekarang ini sudah mengalami proses perkembangan yang sangat panjang. Setidaknya terdapat lima tahapan dalam sejarah perkembangan uang yaitu tahap sebelum perdagangan barter, tahap penggunaan uang barang, tahap penggunaan uang logam, dan tahap penggunaan uang kertas.
          Uang mulai banyak digunakan dalam masyarakat. Penggunaan uang oleh masyarakat karena uang memiliki empat fungsi yaitu uang sebagai alat tukar - menukar (medium of exchange), uang sebagai satuan nilai (measure of value), uang sebagai standar atau ukuran pembayaran yang tertunda (standard for deferred payments) dan fungsi uang sebagai alat penyimpan nilai dan kekayaan (store of value dan store of wealth).
             Beberapa syarat uang antara lain diterima secara umum (acceptability), memiliki nilai yang cenderung stabil (stability of value), ringan dan mudah dibawa (portability), bersifat tahan lama dan tidak mudah rusak, dan memiliki kualitas yang cenderung sama.


 
Tes Formatif 1

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !

1). Persoalan pokok yang dipelajari dalam ekonomi moneter adalah .....
A. jumlah uang beredar
B. penerapan kebijakan fiskal
C. perdagangan internasional
D. stabilitas ekonomi makro

2. Sistem tukar menukar barang dengan barang disebut sistem
A. barter
B. kurs
C. uang barang
D. perdagangan internasional

3). Adanya double coincidence of want ditemukan dalam tahap .....
A. penggunaan uang logam
B. penggunaan uang kertas
C. penggunaan uang plastik
D. perdagangan internasional

4). Uang adalah sesuatu yang tersedia dan secara umum diterima sebagai alat pembayaran bagi pembeli barang - barang dan jasa - jasa serta kekayaan berharga lainnya serta untuk pembayaran utang. Definisi uang menurut .....
A. Pigou
B. Robertson
C. Thomas
D. Sayers

5). Uang yang diciptakan oleh bank - bank umum disebut uang .....
A. kartal
B. giral
C. kuasi
D. deman deposit



 
Kegiatan Belajar 2

Proses Pencitaan Uang Beredar

          Jumlah uang beredar adalah konsep variabel stok (stock concept), sedang perubahan jumlah uang beredar adalah konsep variabel aliran (flow concept). Konsep stok menunjukkan tingkat atau posisi dari suatu variabel. Konsep stok merupakan nilai akumulasi variabel pada suatu penggal waktu. Sedang konsep aliran menunjukkan perubahan nilai suatu variabel dari waktu ke waktu dalam suatu periode waktu tertentu.
          Ada dua pandangan yang berbeda dalam hal pencetakan uang beredar. Pandangan pertama, berpendapat bahwa uang beredar sepenuhnya ditentukan oleh Otoritas Moneter atau Bank Sentral. Sedangkan pandangan kedua berpendapat bahwa selain Otoritas Moneter, lembaga lain seperti bank umum dan perilaku masyarakat ikut menentukan besarnya jumlah uang beredar. Jika sistem moneter perekonomian suatu negara terdiri dari bank sentral dan bank umum, proses pencetakan uang bukan hanya ditentukan oleh Otoritas Moneter, tetapi juga oleh lembaga perbankan atau Bank Pencetak Uang Giral (BPUG) dan perilaku masyarakat.
          Angka pengganda uang dalam arti sempit maupun dalam arti luas, besarnya dipengaruhi oleh parameter - parameter yang menunjukkan perilaku masyarakat pemegang uang. Parameter - parameter tersebut adalah, rasio uang kartal terhadap jumlah uang beredar, rasio cadangan untuk menjamin uang giral, rasio uang kuasi terhadap jumlah uang beredar, dan rasio cadangan terhadap uang kuasi.



 
Tes Formatif 2

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1). Proses pencetakan uang ditentukan oleh .....
A. bank umum
B. bang asing
C. otoritas moneter
D. pemerintah

2). Perilaku masyarakat memegang uang dipengaruhi oleh .....
A. gaya hidup
B. kurs
C. permintaan uang
D. suku bunga

3). Jumlah uang beredar selain dipengaruhi oleh Bank Sentral melalui uang primer, juga dipengaruhi oleh .....
A. token money
B. uang barang
C. uang giral
D. uang logam 

4). Jumlah uang beredar dalam arti sempit disebut juga .....
A. token money
B. narrow money
C. broad money
D. full bodied money

5). Perbandingan antara uang inti dengan uang beredar ditentukan oleh besaran .....
A. suku bunga
B. investasi
C. angka pengganda uang
D. rasio cadangan



Baca Modul Berikutnya :