Sunday, March 5, 2017

ESPA4224 - Statistika Ekonomi dan Bisnis

ESPA4224 - Statistika Ekonomi dan Bisnis

ESPA4224 - STATISTIKA EKONOMI DAN BISNIS
Prof. Dr. Sugiarto, M.Sc.



RANGKUMAN

MODUL 1

Teori Regresi




Kegiatan Belajar 1

Mematut Garis Regresi

  1. Dalam kondisi sehari - hari, kita sering menjumpaihubungan kausal suatu variabel dengan satu atau lebih variabel lainnya. Hubungan kausal tersebut memungkinkan kita untuk memrediksi (meramalkan atau mengestimasi) nilai suatu variabel jika nilai variabel yang memengaruhinya diketahui. Bila bentuk hubungan dari dua variabel yang berhubungan kausal tersebut dapat ditemukan, dimungkinkan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh perubahan satu unit variabel bebas terhadap variabel terikatnya.
  2. Upaya untuk mendapatkan bentuk hubungan dari dua variabel yang berhubungan kausal dapat ditempuh dengan menemukan sebuah kurva mulus yang representatif, yang memiliki kemampuan mewakili sebaran data yang dihadapi, dan memenuhi kriteria good fit (kecocokan terbaik) terhadap data aslinya. Kurva yang memiliki kriteria good fit tentunya kurva yang memiliki keadaan total error yang kecil dengan penyimpangan yang minimum. Kurva tersebut disebut garis regresi.
3. Mematutgaris dapat dilakukan dengan empat cara :
a. dengan pandangan mata
b. dengan mencari nilai minimum error
c. dengan meminimumkan jumlah dari nilai mutlak error SIGMAI Y1-Y2 I 
d. dengan meminimumkan jumlah jumlah kuadrat error

4. Dari empat cara tersebut, mematut garis dengan meminimumkan jumlah kuadrat error dianggap sebagai yang terbaik sehingga garis regresi yang di cari didasarkan pada metode ini yang sering kali dikenal dengan metode OLS.



Tes Formatif 1

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1). Upaya untuk mendapatkan bentuk hubungan dari dua variabel yang berhubungan kausal dapat ditempuh dengan menemukan sebuah kurva mulus yang representatif., yang memiliki kemampuan mewakili sebaran data yang dihadapi, dan memenuhi kriteria good fit (kecocokan terbaik) terhadap data aslinya. Kurva yang memiliki kriteria good fit tentunya kurva yang memiliki keadaan .....
A. total error yang kecil dengan penyimpangan yang minimum
B. kurva tersebut berbentuk lurus
C. kurva tersebut memilki pijakan nalar yang kuat
D. menghasilkan total error yang wajar  

2). Mematut garis gadap dilakukan dengan cara berikut, kecuali ..... 
A. dengan pertimbangan bisnis
B. dengan mencari nilai minimum error
C. dengan meminimumkan jumlah dari nilai mutlak error
D. dengan meminimumkan jumlah kuadrat error

3). Dari berbagai kemungkinan mematut garis regresi yang best fitting, yang dianggap paling baik adalah .....
A. dengan pandangan mata
B. dengan mencari nilai minimum error
C. dengan meminimumkan jumlah dari nilai mutlak error SIGMA I Yi-Yi I
D. dengan meminimumkan jumlah kuadrat error

4). Hubungan kausal memungkinkan kita untuk memprediksi nilai suatu variabel jika nilai variabel yang memengaruhinya .....
A. tidak diketahui
B. tidak bisa dikontrol
C. diketahui
D. memiliki error

5). Komponen error muncul karena garis estimasi yang dibentuk .....
A. tidak mampu mengestimasi secara sempurna nilai Y amatan
B. mampu mengestimasi secara sempurna nilai Y amatan
C. tidak mampu mengestimasi secara sempurna nilai Y prediksi
D. mampu mengestimasi secara sempurna nilai Y prediksi 

6). Secara logika, cara mematut geris dengan mencari nilai minimum error tersebut masuk akal, tetapi cara tersebut mengandung kelemahan dan tidak menjamin diperolehnya sebuah garis estimasi yang baik karena .....
A. dengan menggunakan cara meminimumkan jumlah error, setiap error yang muncul diberi bobot yang tidak sama dan tidak peduli apakan error yang muncul bernilai besar atau kecil.
B. dengan menggunakan cara meminimumkan jumlah error, setiap error yang muncul diberi bobot sesuai dengan besarnya error yang muncul.
C. dengan menggunakan cara meminimumkan jumlah error, setiap error yang muncul diberi bobot yang sama dan tidak peduli apakan error yang muncul bernilai besar atau kecil.
D. dengan menggunakan cara meminimumkan jumlah error, error yang kecil diberi bobot besar, sedangkan, error yang besar diberi bobot kecil.  

7). Secara nalar, kita dapat mengatakan bahwa semakin jauh jarak titik amatan dari garis estimas, .....
A. semakin serius error yang muncul
B. semakin bagus good fit yang diperoleh 
C. semakin kecil error yang muncul
D. semakin dekat nilai estimasi terhadap nilai amatan sebenarnya

8). Pada PT Gembira Sentosa, biaya iklan produknya berhubungan dengan volume penjualannya. Semakin sering PT Gembira Sentosa menayangkan iklan produknya di berbagai media masa, makin besar biaya iklan yang dikeluarkan oleh perusahaan, tetapi makin meningkat pula volume penjualan produknya. Dalam hal ini, sifat hubungan variabel biaya iklan dan volume penjualan PT Gembira Sentosa adalah .....
A. tidak berhubungan
B. positif
C. negatif
D. tidak mungkin diketahui   

9). Variabel X dan variabel Y dinyatakan memiliki konteks hubungan kausal, bila .....
A. besarnya variabel X berubah, besarnya variabel Y akan terpengaruh
B. besarnya variabel X berubah, besarnya variabel Y tidak akan terpengaruh
C. besarnya variabel X berubah, besarnya variabel Y terkadang akan terpengaruh terkadang tidak terpengaruh
D. besarnya variabel X berubah, besarnya variabel Y akan terpengaruh hanya pada nilai - nilai tertentu saja dari variabel X

10). Diagram pencar (scatter diagram) adalah diagram yang merepresentasikan pasangan nilai X da Y pada sebuah panel sumbu silang variabel - variabel X dan Y. Dari diagram pencar dapat diperoleh gambaran berbagai kemungkinan hubungan X dan Y, yang pada dasarnya dapat diklasifikasikan sebagai hubungan, kecuali .....
A. linear  
B. curvilinear
C. tidak ada hubungan 
D. volatil
 


Kegiatan Belajar 2

Konsep dalam Analisis Regresi
  1. Penafsiran regresi dewasa ini berbeda dari penafsiran regresi menurut Galton. Dewasa ini, analisis regresi berguna dalam menelaah hubungan dua variabel atau lebih dan terutama untuk menelusuri pola hubungan yang modelnya belum diketahui dengan sempurna sehingga dalam terapannya lebih bersifat eksploratif.
  2. Dikenal fungsi regresi populasi dan fungsi regresi sampel. Secara umum, tujuan utama kita dalam analisis regresi adalah menaksir fungsi regresi populasi atas dasar fungsi regresi sampel karena sangat sering analisis didasarkan pada sampel daripada didasarkan pada populasi. 




BERIKUTNYA :

- Modul 2 : ESPA4224 - Statistika Ekonomi dan Bisnis