Monday, November 5, 2018

Modul 4 : ESPA4226 - Ekonomi Internasional

Modul 4 : ESPA4226 - Ekonomi Internasional

ESPA4226 - EKONOMI INTERNASIONAL



RANGKUMAN

MODUL 4

Teori Perdagangan Baru



Kegiatan Belajar 1

Teori Perdagangan Baru

          Modul 4 ini memaparkan teori perdagangan internasional yang muncul setelah teori perdagangan Heckscher-Ohlin ( HO ] dan teori perdagangan tradisional. Teori alternatif baru ini mencoba melepas asumsi - asumsi yang digunakan HO yang tentunya akan berdampak pada kesimpulan yang dihasilkan :
  1. Teori hipotesis keterlambatan imitasi mengasumsikan bahwa kesamaan teknologi tidak selalu tersedia di semua negara dan secara pasti terdapat keterlambatan dalam transmisi ataupun difusi teknologi dari suatu negara ke negara lain. Begitu pula dengan teori Flying Geese.
  2. Teori Linder mengemukakan bahwa selera konsumen sangat dipengaruhi tingkat pendapatan. Tingkat pendapatan perkapita negara akan menyebabkan pola selera tertentu. Selera konsumen dalam suatu negara pada gilirannya akan menghasilkan permintaan untuk produk dan permintaan produk tertentu yang selanjutnya akan menimbulkan respon produksi dari perusahaan di negara itu.
  3. Teori Kemp membahas tentang model skala hasil yang meningkat ( increasing return to scale, IRS ].
  4. Model Krugman pada menitikberatkan pada skala ekonomi dan kompetisi monopolistik yang membedakan dengan model - model tradisional.



Tes Formatif 1

Piihlah satu jawaban yang paling tepat !
1]. Yang membedakan antara teori Linder dan teori HO adalah .....
A. Teori Linder lebih mengarah pada supply oriented sedangkan teori HO adalah demand oriented.
B. Teori Linder lebih mengarah pada demand oriented sedangkan teori HO adalah supply oriented.
C. Teori Linder fokus pada faktor endowmen sedangkan teori HO fokus pada faktor intensitas.
D. Teori Linder fokus pada faktor tenaga kerja sedangkan teori HO fokus pada faktor modal.

2]. Kesimpulan dari model Kemp yang membedakan dengan teori perdagangan lama adalah .....
A. Dua negara yang memiliki PPF dan selera yang sama akan rugi ketika mereka melakukan perdagangan.
B. Dua negara yang memiliki PPF dan selera yang sama akan mendapatkan keuntungan ketika mereka melakukan perdagangan.
C. Dalam model Kemp menitikberatkan pada faktor endowment sedangkan pada teori perdagangan lama menitikberatkan pada skala ekonomi.
D. Dalam model Kemp mengarah pada supply oriented sedangkan pada teori perdagangan lama mengarah pada demand oriented.

3]. Dalam model Krugman ketika dua negara melakukan perdagangan, maka kedua negara tersebut akan mendapatkan keuntungan jika .....
A. Berspesialisasi terhadap suatu barang
B. Memiliki keunggulan komparatif
C. Upah riil dan output total masing - masing barang meningkat
D. Harga barang murah

4]. Intra-industry trade adalah .....
A. Negara yang mengekspor dan mengimpor barang dalam produk yang klasifikasinya berbeda.
B. Negara yang melakukan perdagangan dengan tingkat pendapatan yang berbeda.
C. Negara yang melakukan perdagangan dengan faktor endowmen yang sama.
D. Negara yang mengekspor dan mengimpor barang dalam produk yang klasifikasinya sama.

5]. Menurut Bela Balassa intra-industry trade berkorelasi positif dengan .....
A. Kualitas barang
B. Selera konsumen
C. Tingkat pendapatan per kapita dan pendapatan total negara yang lebih rendah
D. Tingkat pendapatan per kapita dan pendapatan total negara yang lebih tinggi



Kegiatan Belajar 2

Teori Siklus Produk dan Keunggulan Kompetitif

Dalam kegiatan belajar dua ini, kita diskusikan dua teori yaitu :
  1. Teori siklus produk, dan
  2. Teori keunggulan kompatitif
          Teori siklus produk mendasarkan pada hipotesis keterlambatan imitasi. Teori ini berhubungan dengan siklus kehidupan khusus produk baru dan dampaknya pada perdagangan internasional :
a. Tahap produk baru
b. Tahap peremajaan produk
c. Tahap standarisasi produk
          Teori keunggulan kompetitif sebagai pedoman pokok pada strategi kompetitif. Strategi kompetitif terkonsentrasi pada industri sedangkan keunggulan kompetitif fokus perusahaan. Keunggulan kompetitif mengenalkan konsep rantai harga ( value chain ], yaitu kerangka umum untuk berpikir strategis tentang aktivitas yang diperlukan dalam dunia bisnis dan menaksir biaya relatifnya serta peranan dalam differensiasi. Perbedaan di antara harga terjadi ketika pembeli mau membayar untuk produk atau jasa dan biaya dari menjalankan aktivitas produksi, yang menentukan keuntungan. Rantai nilai ( value chain ] memberikan cara yang tepat untuk mengetahui sumber harga pembeli yang akan menuntut harga premi, dan mengapa salah satu dari produk dan jasa mengganti untuk lainnya. Lima kekuatan kompetitif ( five competitive forces ] dalam teori keunggulan kompetitif yaitu :
a. Masuknya pesaing baru ( the entry of new competitors ]
b. Ancaman tiruan atau pengganti ( the threat of substitutes ]
c. Posisi tawar pembeli ( the bargaining power of buyers ]
d. Posisi tawar pemasok ( the bargaining power of suppliers ], dan 
e. Persaingan di antara kompetitor.



Tes Formatif 2

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1]. Tiga tahapan yang menjadi dasar dalam teori siklus produk secara urut adalah .....
A. Tahap produk lama, tahap peremajaan produk, dan tahap produk baru.
B. Tahap standarisasi produk, tahap penyesuaian produk, dan tahap disversifikasi produk.
C. Tahap produk baru, tahap peremajaan produk, dan tahap standarisasi produk.
D. Tahap standarisasi produk, tahap produk baru dan tahap peremajaan produk.

2]. Dalam contoh kasus, apa yang menyebabkan ekspor dan produksi di Amerika Serikat mengalami penurunan .....
A. Permintaan dari luar negeri lebih banyak daripada di dalam negeri sehingga perusahaan  di Amerika Serikat akan memindahkan perusahaannya ke luar negeri.
B. Biaya produksi di luar negeri lebih rendah daripada biaya di dalam negeri termasuk di dalamnya biaya transportasi sehingga perusahaan Amerika Serikat akan lebih cenderung untuk melakukan investasi di fasilitas produksi di negara maju lainnya.
C. Bahan baku di luar negeri lebih mudah ditemukan daripada di dalam negeri sehingga menyebabkan perusahaan di Amerika Serikat memindahkan perusahaannya ke luar negeri.
D. Tenaga kerja di luar negeri lebih banyak daripada di dalam negeri sehingga menyebabkan perusahaan di Amerika Serikat memindahkan perusahaannya ke luar negeri.

3]. Secara ringkas dasar pemikiran teori siklus produk adalah keunggulan komparatif dinamis ( dynamic comparative advantage ] karena .....
A. Adanya perpindahan faktor tenaga kerja dan modal ke luar negeri
B. Suatu negara memiliki faktor endowment yang melimpah yang menjadikan negara tersebut berspesialisasi terhadap barang tertentu.
C. Adanya tenaga kerja dan modal yang melimpah.
D. Ekspor sumber daya negara berpindah selama siklus kehidupan produk sehingga pada akhirnya akan terjadi pergeseran produksi dari negara maju ke negara berkembang.

4]. Inti dari siklus teknologi yang dimasukkan dalam elemen model siklus produk yang dikembangkan oleh Markusen, James Melvin, dan William Kaempfer, dan Keith Maskus adalah .....
A. Teknologi akan menyebabkan terjadinya diferensiasi produk
B. Teknologi nantinya menyebabkan terjadinya perpindahan arus modal
C. Terjadi transfer teknologi baru ke negara berkembang
D. Adanya penemuan teknologi baru

5]. Perbedaan di antara strategi kompetitif dan keunggulan kompetitif adalah .....
A. Strategi kompetitif terkonsentrasi pada perusahaan sedangkan keunggulan kompetitif terkonsentrasi pada industri.
B. Strategi kompetitif terkonsentrasi pada industri sedangkan keunggulan kompetitif terkonsentrasi pada perusahaan.
C. Strategi kompetitif fokus pada persaingan harga sedangkan keunggulan kompetitif fokus pada differensiasi produk.
D. Strategi kompetitif fokus pada kualitas produk sedangkan keunggulan kompetitif fokus pada persaingan harga.

        
BERIKUTNYA :

- Modul 5 : ESPA4226 - Ekonomi Internasional