Monday, October 2, 2017

Modul 9 : ESPA4224 - Statistika Ekonomi dan Bisnis

Modul 9 : ESPA4224 - Statistika Ekonomi dan Bisnis

ESPA4224 - STATISTIKA EKONOMI DAN BISNIS



RANGKUMAN

MODUL 9

Teori Keputusan



Kegiatan Belajar 1

Pengambilan Keputusan pada Kondisi yang Tidak Pasti 

  1. Teori keputusan adalah cara suatu analitis dan sistematis dalam menangani masalah yang dihadapi.
  2. Secara umum, didapati tiga lingkungan pembuatan keputusan, yaitu pengambilan keputusan pada kondisi yang pasti, pengambilan keputusan pada kondisi yang tidak pasti, dan pengambilan keputusan pada kondisi yang berisiko.
  3. Tersedia beberapa kriteria yang dapat dipergunakan untuk mengambil keputusan dalam kondisi ketidakpastian, yaitu maximax ( optimistis ), maximin ( pesimistis ), kriteria realism ( Hurwicz ), equally likely ( la place ), dan minimax regret.



Kegiatan Belajar 2

Pengambilan Keputusan pada Kondisi yang Berisiko

  1. Risiko ( risk ) adalah peluang saat hasil yang sesungguhnya diperoleh berbeda dengan hasil yang diharapkan. Dalam konteks bisnis, risiko didefinisikan sebagai kemungkinan mengalami kerugian keuangan. Kata risiko menyiratkan adanyaketidakpastian yang mengindikasikan pengambil keputusan untuk memiliki informasi yang tidak pasti tentang kejadian alam sekeliling.
  2. Metode yang paling lazim digunakan untuk pengambilan keputusan pada kondisi yang berisiko adalah cara memilih alternatif terkait nilai moneter harapan yang tertinggi ( the highest expected monetary value = EMV ).
  3. Dalam kehidupan nyata, didapati banyak kejadian orang membuat keputusan yang tampaknya tidak konsisten dengan kriteria expected monetary value. Dalam hal ini, teori utilitas sering kali digunakan sebagai alternatif kriteria expected monetary value.


Baca Modul Lainnya :