Friday, March 31, 2017

EKMA4434 - Sistem Informasi Manajemen

EKMA4434 - Sistem Informasi Manajemen

EKMA4434 - SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Prof. Dr. Jogiyanto H. M., M.B.A., Akt.



RANGKUMAN

MODUL 1
Konsep Dasar Sistem dan Informasi



Kegiatan Belajar 1

Pengertian Sistem

          Suatu sistem terdiri dari struktur dan proses. Beberapa definisi dari sistem menyebutkan bahwa sistem terdiri dari struktur dan proses. Akan tetapi, beberapa definisi dari sistem hanya menyebutkan kumpulan dari struktur atau proses saja.
          Sistem fisik lebih didefinisikan sebagai kumpulan dari komponen - komponen yang bekerja sama untuk mencapai tujuannya. Sistem prosedural lebih didefinisikan sebagai kumpulan dari prosedur - prosedur untuk mencapai tujuannya.
          Suatu sistem mempunyai karakteristik atau sifat - sifat yang tertentu, yaitu mempunyai komponen - komponen (components), batas sistem (boundary), masukan (input), keluaran (output), pengolah (process) dan sasaran (objectives) atau tujuan (goal).
          Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, yang artinya saling bekerja sama membentuk satu kesatuan. Komponen - komponen sistem atau elemen - elemen sistem dapat berupa suatu subsistem atau bagian - bagian dari sistem. Setiap sistem tidak peduli betapapun kecilnya, selalu mengandung komponen - komponen atau subsistem - subsitem. Setiap subsistem mempunyai sifat - sifat dari sitem yang menjalankan suatu fungsi tertentu dan mempengaruhi proses sistem secara keseluruhan. Suatu sitem dapat mempunyai suatu sistem yang lebih besar yang disebut dengan suprasistem.
          Batas sistem merupakan daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem yang lainnya atau dengan lingkungan luarnya. Batas sistem ini memungkinkan suatu sistem dipandang sebagai satu kesatuan. Batas suatu sistem menunjukkan ruang lingkup (scope) dari sistem tersebut.
          Lingkungan luar dari suatu sistem adalah apapun di luar batas dari sistem yang mempengaruhi operasi sistem. Lingkungan luar sistem dapat bersifat menguntungkan dan dapat juga bersifat merugikan sistem tersebut. Lingkungan luar yang menguntungkan merupakan energi dari sistem dan dengan demikian harus tetap dijaga dan dipelihara, sedangkan lingkungan luar yang merugikan harus ditahan dan dikendalikan, kalau tidak maka akan mengganggu kelangsungan hidup dari sistem.
          Penghubung merupakan media penghubung antara satu subsistem dengan subsistem yang lainnya. Melalui penghubung ini memungkinkan sumber - sumber daya mengalir dari satu subsistem ke subsistem yang lainnya. 
         Masukan sistem adalah energi yang dimasukkan ke dalam sistem. Masukan dapat berupa masukan perawatan (maintenance input) dan masukan sinyal (signal input). Maintenance input adalah energi yang dimasukkan supaya sistem tersebut dapat beroperasi. Signal input adalah energi yang diproses untuk didapatkan keluaran.
          Keluaran adalah hasil dari energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna dan sisa pembuangan. Keluaran dapat merupakan masukan untuk subsistem yang lain atau kepada suprasistem.
          Suatu sistem dapat mempunyai suatu bagian pengolah atau sistem itu sendiri sebagai pengolahnya. Pengolah yang akan mengubah masukan menjadi keluaran.
         Suatu sistem mempunyai maksud tertentu. Ada yang menyebutkan maksud dari suatu sistem adalah untuk  mencapai suatu tujuan (goal) dan ada yang menyebutkan mencapai suatu sasran (objectives). Goal biasanya dihubungkan dengan ruang lingkup yang lebih luas dan sasaran dalam ruang lingkup yang lebih sempit. Suatu sistem pasti mempunyai tujuan (goal) atau sasaran (objective). Kalau suatu sistem tidak mempunyai sasaran maka operasi sistem tidak akan ada gunanya.  
         Sistem dapat diklasifikasikan dari beberapa sudut pandangan, diantaranya sebagai sistem abstrak (abstract system) dan sistem fisik (physical system), sistem alamiah (natural system) dan sistem buatan manusia (human made system), sistem tertentu (deterministic system) dan sistem tak tentu (probabilistic system), dan sistem tertututp (closed system) dan sistem terbuka (open system).
          Oleh karena itu sitem tidak ada yang tertutup, supaya sistem dapat terus melangsungkan hidupnya maka sistem harus mempunyai daya membela diri atau sistem harus mempunyai sistem pengendalian. Pengendalian dari suatu  sistem dapat berupa pengendalian umpan balik (feedback control system), pengendalian umpan maju (feed forward control system) dan pengendalian pencegahan (preventive control system).




Kegiatan Belajar 2

Konsef  Dasar Informasi

              Informasi sangat dibutuhkan oleh organisasi. Informasi (information) didefinisikan oleh Hartono (2005) sebagai data yang diolah ke dalam bentuk yang berguna bagi para pemakainya.
          Sumber dari informasi adalah data. Data merupakan bentuk jamak dari bentuk tunggal datum atau data - item. Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian - kejadian dan kesatuan nyata. Kejadian - kejadian (event) adalah sesuatu yang terjadi pada saat yang tertentu.
          Data merupakan bentuk yang belum dapat berceritera banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut. Data diolah melalui suatu model untuk dihasilkan informasi. Data yang diolah untuk menghasilkan informasi menggunakan suatu model proses yang tertentu. Data yang diolah melalui suatu model menjadi informasi, penerima kemudian menerima informasi tersebut, membuat suatu keputusan, dan melakukan tindakan, yang berarti menghasilkan suatu tindakan yang lain yang akan membuat sejumlah data kembali. Data tersebut akan ditangkap sebagai input, diproses kembali lewat suatu model dan seterusnya membentuk suatu siklus. Siklus ini disebut dengan siklus informasi (information cycle). Siklus ini disebut juga dengan siklus pengolahan data (data processing cycles).
          Untuk menjadi suatu informasi maka data yang diolah tersebut harus berguna bagi pemakainya. Untuk dapat berguna maka informasi harus didukung oleh tiga pilar, yaitu :
  1. Tepat kepada orangnya atau relevan (relevance).
  2. Tepat waktu (timeliness), dan
  3. Tepat nilainya atau akurat (accurate).       



Baca MODUL Lainnya :

- EKMA4475 - Pemasaran Strategik